Monday , 19 November 2018
Breaking News
Home / Breaking News / Pengembang Riau Minta RTRWP Riau Segera Direvisi

Pengembang Riau Minta RTRWP Riau Segera Direvisi

Ketua Dewan Penasehat DPD REI Riau Jhon Satri

Ketua Dewan Penasehat DPD REI Riau Jhon Satri

BERITA PROPERTI-Pertumbuhan industri properti di propinsi Riau, khususnya pembangunan perumahan untuk kalangan menengah ke bawah mengalami perlambatan dalam beberapa tahun terakhir. Penyebabnya adalah, belum adanya kepastian revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi (RTRWP) Riau di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Padahal, kebutuhan properti yang menyasar perumahan kelas menengah ke bawah di propinsi Riau, terutama kota Pekanbaru sangat tinggi. Dalam setahun, diperkirakan kebutuhan rumah untuk segmen ini mencapai 10.000 unit. Mereka yang membutuhkan antara lain masyarakat umum, PNS, TNI dan Polri. Pengembang lokal Pekanbaru belum bisa memenuhi kebutuhan yang cukup besar itu.

Ketua Dewan Penasehat DPD REI Riau Jhon Satri mengatakan, perumahan untuk menengah ke bawah adalah sektor properti yang paling terpukul pada tahun 2015 lalu di Pekanbaru. Salah satu penyebabnya adalah terganjal aturan tentang tata ruang terkait dengan Kementerian LH dan Kehutanan. Ia mengaku tidak bisa membangun rumah murah karena ada aturan yang sudah kadaluarsa dan belum diperbaharui tersebut.

“Jika melihat tingginya kebutuhan, ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi pengembang untuk membangun hunian sederhana. Aturan itu masih terbentur dengan perbedaan persepsi antara pemerintah propinsi Riau dan pemerintah pusat terhadap ukuran luas hutan lindung. Kami berharap Kementerian Kehutanan untuk segera memperbaharui aturan tersebut agar bisa memenuhi kebutuhan hunian untuk MBR tersebut,” ujar mantan Ketua DPD REI Riau ini kepada propertynbank beberapa waktu lalu.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*