Monday , 19 November 2018
Breaking News
Home / Indeks Berita / Perbankan Diminta Lebih Aktif Dukung Sejuta Rumah

Perbankan Diminta Lebih Aktif Dukung Sejuta Rumah

Deretan Rumah Sederhana

Deretan Rumah Sederhana

BERITA PROPERTI-Selain pengembang, pemerintah juga meminta perbankan untuk ikut serta mendukung penyediaan perumahan bagi masyarakat menengah ke bawah. Dukungan kepada masyarakat agar memperoleh rumah yang layak huni tersebut, juga merupakan bentuk dukungan terhadap program sejuta rumah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin meminta kalangan perbankan dapat membantu masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni guna mensukseskan Program Sejuta Rumah. Pasalnya, bangunan rumah yang telah dibangun oleh pengembang diharapkan dapat dimiliki oleh masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan kredit pemilikan rumah (KPR) dari perbankan.

“Dalam program sejuta rumah ini kami tidak hanya berharap dari para pengembang yang membangun rumah bersubsidi tapi juga pada perbankan sehingga mempermudah masyarakat untuk memiliki rumah dengan kredit pemilikan rumahnya,” ujar Syarif Burhanuddin melalui siaran persnya kepada propertynbank.com.

Menurut Syarif, adanya skema Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR bekerjasama dengan beberapa bank nasional dan bank pembangunan daerah (BPD) tentunya dapat ikut mendorong masyarakat untuk memiliki rumah khususnya rumah bersubsidi dari pemerintah. Apalagi kebutuhan rumah untuk masyarakat setiap tahun semakin meningkat dan tidak akan pernah mengalami penurunan.

Dalam penyaluran dana KPR FLPP ini, PPDPP Kementerian PUPR telah menjalin kerjasama dengan sekitar 10 bank nasional dan 15 Bank Pembangunan Daerah (BPD). Jadi masyarakat bisa mengakses KPR FLPP ini dari berbagai bank dengan persayaratan yang telah ditetapkan sebelumnya.

10 bank nasional yang menjadi bank pelaksana KPR FLPP ini antara lain Bank BTN, BTN Syariah, BRI, BRI Syariah, Artha Graha, Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, Bukopin dan Bank Mayora. Sedangkan 15 BPD yang menjalin kerjasama antara lain BPD Jawa Tengah, BPD Jawa Timur, BPD Jawa Timur Syariah, BPD Sumatera Utara, BPD Sumatera Utara Syariah, BPD Nagari, BPD Riau Kepri, BPD Sumsel dan Bangka Belitung, BPD Kalimantan Tengah, BPD Kalimantan Timur, BPD Kalimantan Selatan, BPD Sulawesi Tenggara, BPD Nusa Tenggara Barat, BPD Nusa Tenggara Timur dan BPD Papua.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*