Monday , 19 November 2018
Breaking News
Home / Breaking News / Perumnas Gandeng Jakpro Bangun Rusun di Kemayoran

Perumnas Gandeng Jakpro Bangun Rusun di Kemayoran

Diru Perumnas Himawan Arief, Mentri PUPR Basuki hadimuljono, Mentri BUMN Rini Suwandi, Gubuernu Jakarta  Basuki Tjahja Purnama, Direktur PT Jakpro Abdul Hadi

Diru Perumnas Himawan Arief, Mentri PUPR Basuki hadimuljono, Mentri BUMN Rini Suwandi, Gubuernu Jakarta Basuki Tjahja Purnama, Direktur PT Jakpro Abdul Hadi

PROPERTI – Perum Perumnas bekerjasama dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk membangun rumah susun di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Kerjasama itu dimulai dengan penandatanganan MoU atau nota kesepahaman yang disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) di kantor kementrian BUMN kemarin (8/10).

Direktur Utama Perumnas Himawan Arief mengatakan, pembangunan rusun di Kemayoran ini merupakan tindak lanjut dari program sejuta rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kerjasama ini bertujuan mengembangkan kawasan rusun terpadu yang menjadi bagian program sejuta rumah, sesuai dengan instruksi Perumnas bekerjasama dengan Pemprov DKI. Untuk mengembangkan properti,” kata Himawan.

Berdiri di atas lahan seluas 22, 4 hektar, rumah susun ini terdiri dari 40 tower dengan jumlah unit mencapai 18 ribu. Dengan jumlah cukup signifikan tersebut, rusun ini akan dapat menampung lebih dari 72.000 jiwa penduduk, proyek ini dikembangkan dengan dana sebesar Rp 4,3 triliun di luar lahan dengan sumber pendanaan dari penyertaan modal negara.

“Tak hanya dari penyertaan modal negara (PMN) yang sebesar Rp 1 triliun, Perum Perumnas dan Jakarta Propertindo juga akan mencari dana tambahan. Bahkan, Bank Tabungan Negara bersiap mendanai. Proyek ini direncanakan akan mulai dikerjakan pada awal 2016 mendatang,” ujar Himawan. 

Saat ini, menurut Himawan, kedua pihak masih fokus dalam perencanaan. Targetnya, perencanaan akan rampung dalam dua bulan ke depan. Terkait kondisi lahan, saat ini Perumnas dan Jakpro terus berkonsilidasi karena masih ada beberapa bagian lahan yang belum free and clear.

Himawan mengungkapkan, pembangunan 40 tower rusun di Kemayoran juga sejalan dengan target Perumnas yang direncanakan untuk membangun 200 tower pada tiga tahun ke depan. Saat ini, kata Himawan, Perumnas telah merampungkan 27 tower di empat lokasi di Jabodetabek.

Tambahan dua lokasi baru lainnya yang sedang dikembangkan adalah wilayah Kemayoran dan Cengkareng yang masing-masing akan terdiri dari 40 tower dan 20 tower. “Kami akan merencanakan pembangunan di lokasi lainnya seperti Palembang, Medang, Bandung, Bekasi, Karawang, Semarang, Makassar dan Surabaya, sehingga sampai 2018 200 tower terealisasi,” tegas Himawan.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*