Friday , 18 August 2017
Home » Breaking News » Perumnas Kelola Rusun Se-Indonesia

Perumnas Kelola Rusun Se-Indonesia

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekjen Kementerian PUPR Taufik Widjoyono, Dirut Perumnas Himawan Arief dan Menteri BUMN Rini Hariani Soemarno

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekjen Kementerian PUPR Taufik Widjoyono, Dirut Perumnas Himawan Arief dan Menteri BUMN Rini Hariani Soemarno

PROPERTI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjuk Perum Perumnas sebagai pelaksana tugas pengelola rumah susun (rusun) yang dibangun oleh Kementerian tersebut. Jumlah rusun yang dikelola di seluruh Indonesia sebanyak 129 twin block atau setara 12.384 unit. Tahap pertama pengelolaan terdiri dari 45 twinblock (4,320 unit) yang sudah siap secara fasilitas dan prasarana dan diharapkan Perumnas sudah bisa mencari calon pennghuni rusun tersebut.

Penunjukkan Perumnas untuk mengelola rusun tersebut ditandai dengan kesepakatan bersama antara Kementerian PUPR yang diwakili oleh Sekjen Kementerian PUPR Taufik Widjoyono dan Dirut Perumnas Himawan Arief Sugoto. Acara yang digelar di kantor Kementrian PUPR Jakarta, Kamis (3/12). Acara itu juga dihadiri juga oleh Menteri BUMN Rini Hariani Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Nota kesepahaman ini adalah sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memberdayakan peran Perumnas kembali sebagai penyedia perumahan bagi MBR. Perumnas akan menjadi pengelola tunggal bagi rusun yang dibangun oleh Kementrian PUPR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan agar segeran ditindaklanjuti melalui surat penugasan dimana diperlukan kordinasi antara kementerian PUPR, BUMN dan Perumnas sebagai pengemban tugas. “Jadi dengan adanya MoU ini, persoalan rusun ini akan lebih cepat pembangunanannya dan lebih profesional pengelolaannya oleh Perumnas,” jelas Basuki.

Lebih jauh basuki mengungkapkan, Kementerian PUPR banyak memiliki rusun di seluruh Indonesia, namun pengelolaannya masih minim. Dengan ditunjuknya Perumnas, pengelolaan rusun bisa lebih profesional dan diharapkan lebih baik lagi kedepannya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumnas Himawan Arief Sugoto menyambut baik gagasan dan kepercayaan pemerintah dalam menunjuk Perumnas. “Tentunya kami sambut gembira dapat kembali dipercaya sebagai penyedia utama perumahan rakyat dan pengelolaan rusun, karena dengan pengalaman selama 30 tahun mengelola 5 ribu unit rusun, tentu sudah memiliki anchor player yang kuat,” kata dia.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*