Wednesday , 23 October 2019
Home / Properti / Apartemen & Perhotelan / Perumnas Luncurkan Hunian TOD di Pondok Cina

Perumnas Luncurkan Hunian TOD di Pondok Cina

BERITA PROPERTI – Perumnas bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) hari ini kembali meresmikan pembangunan rumah susun dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat.

Acara groundbreaking ini dihadiri dan langsung dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono. Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo.

Bambang Triwibowo mengatakan, peresmian proyek hunian TOD ini merupakan peresmian TOD kedua setelah sebelumnya TOD Perumnas KAI di Stasiun Tanjung Barat.

“Perumnas dan PT KAI akan mengoptimalkan pemanfaatan lahan strategis KAI untuk pengembangan kawasan yang terintegrasi dan inklusif berbasis TOD, terutama untuk ruang-ruang vertikal yang belum dimanfaatkan,” imbuh Bambang.

Lebih jauh Bambang menegaskan, peluncuran TOD Pondok Cina karena melihat animo masyarakat yang cukup tinggi pada TOD Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

“Selain untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat guna mendapatkan hunian yang terintegrasi dengan moda transportasi massal, kami juga mengusung terciptanya berkurangnya polusi di Jabodetabek,” tegasnya.

Konsep TOD bertujuan mengubah gaya hidup masyarakat khususnya Jabodetabek. Dengan dapat menerapkan aktivitas harian yang ramah lingkungan dan juga efektif serta efisien dari sisi waktu maupun biaya.

Proyek ini diyakini tak sama dengan konsep hunian yang menjamur seperti sekarang ini. Konsep hunian TOD terintegrasi dengan transportasi dan dekat dengan pusat perbelanjaan, sarana pendidikan dan lainnya.

TOD Pondok Cina terdiri dari empat tower dan bisa menampung 3.693 unit hunian dengan lahan seluas 2,7 hektar Sekitar 25 % dari jumlah hunian memang diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Pilihan unitnya  terdiri dari komposisi hunian rusunami dan anami dengan tipe hunian studio hingga tipe hunian dengan 3 kamar tidur. Khusus untuk rusunami, tipe hunian paling minimal adalah dengan luas tipe 3: 32 m2 (1 kamar tidur).

 

Check Also

PUPR

Hingga Oktober, PUPR Klaim Program Satu Juta Rumah Capai 1.002.317 Unit

RUMAH RAKYAT – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 165

Klik Disini
Cover Majalah Property&Bank edisi 165
close-link