Thursday , 17 August 2017
Home » Breaking News » Perumnas Luncurkan Rusunawa Untuk Satu Juta Rumah

Perumnas Luncurkan Rusunawa Untuk Satu Juta Rumah

Maket Rusunawa Claster A8 Yang Dikembangkan Perumnas

Maket Rusunawa Claster A8 Yang Dikembangkan Perumnas

PROPERTIPresiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan dimulainya pembangunan satu juta unit rumah yang menjadi salah satu program pembangunan perumahan pemerintah saat ini. Prosesi dimulainya program ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dan secara serentak di gelar di 9 lokasi, Rabu, (29/4/2015).

Di Jakarta, proses dimulainya program satu juta unit rumah ditandai dengan pemancangan tiang pertama pembangunan rusunami bertajuk Klaster A8 di kawasan Cengakareng, Taman Palem, Jakarta Barat. Rusunami  yang terdiri dari 5.439 unit, terbagi dalam 5 blok dan 18 tower ini, akan dikembangkan oleh Perum Perumnas dan didukung penuh oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Pada tahap awal, Perumnas menargetkan pembangunan 5 tower yang mencakup 1.650 unit.

“Perumnas merencanakan pembangunan 15.000 unit hunian murah layak huni di wilayah Jabodetabek dengan investasi sekitar Rp900 miliar sampai Desember 2015. Komposisi hunian terdiri dari 11.000 unit rumah susun dan 4.000 unit rumah sederhana tapak (RST). Masing-masing membutuhkan pembiayaan Rp500 miliar dan Rp400 miliar,” ujar General Manager Regional Jabodetabek Perum Perumnas Dede E. Maslahat saat pencanangan pembangunan satu juta unit rumah di Jakarta, kemarin Rabu, (29/4/2015).

Dede menjelaskan, hunian yang menempati lahan seluas 4,9 hektar ini memiliki tiga tipe, yakni studio dengan luas net 18 m2, 1 kamar tidur dengan luas net 27 m2, dan 2 kamar tidur dengan luas net 36 m2. Harga masing-masing tipe dibanderol Rp186 juta, Rp 280 juta, dan Rp370 juta.

“Momentum pencanangan sejuta rumah, juga dimanfaatkan Perumnas dengan melakukan pembangunan secara bersamaan di delapan wilayah lainnya di Indonesia, baik pembangunan rusun maupun rumah tapak. Kami sangat berkomitmen dalam mendukung program sejuta rumah dengan mengubah misi kami. Dari pembangunan apartemen komersial menjadi pembangunan rusunami. Dan ini adalah salah satu program komitmen kami,” ujar Direktur Utama Perumnas, Himawan Arief Sugoto.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*