Progres LRT Cawang-Cibubur Capai 17 Persen | Property & Bank
Sunday , 17 December 2017
Home / Breaking News / Progres LRT Cawang-Cibubur Capai 17 Persen

Progres LRT Cawang-Cibubur Capai 17 Persen

Progres Pembangunan LRT Koridor Cawang-Cibubur

Progres Pembangunan LRT Koridor Cawang-Cibubur

INFRASTRUKTUR – Jakarta Light Rail Transit (LRT) merupakan sistem MassTransit dengan kereta api ringan yang saat ini sedang dikebut pengerjaannya di sejumlah titik di Jakarta, Depok, Bogor dan Bekasi. LRT diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan transportasi di ibukota karena menghubungkan Jakarta dengan kawasan penyangga di sekitarnya.

Rencananya, jalur LRT dibangun sepanjang 83,6 kilometer dan dikerjakan dalam dua tahap, masing-masing terdiri atas tiga lintas pelayanan. Tahap  pertama meliputi lintas layanan Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas dengan 21 stasiun dan panjang 42,1 kilometer. Tahap kedua adalah lintas pelayanan Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol dengan 10 stasiun dan panjang 41,5 kilometer.

Dalam pemantauan Property&Bank, progres pembangunan proyek kereta api ringan koridor Cibubur-Cawang secara fisik telah menujukkan perkembangan yang sangat positif. Diperkirakan, progres pembangunan sudah mencapai 17 persen.

Proyek infrastruktur yang dikerjakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini ditargetkan rampung pada tahun 2018 mendatang. Panjang lintasan untuknya mencapai 14,3 km dan dilengkapi dengan sejumlah stasiun, mulai Cawang sampai dengan Cibubur yang menuju Bogor.

Koridor LRT Cibubur -Cawang merupakan bagian dari pekerjaan tahap pertama proyek LRT Jakarta Bogor Depok Bekasi (JABODEBEK). Bersama koridor Cibubur-Cawang, tengah dikerjakan juga koridor Bekasi-Timur Cawang sepanjang 18,3 km dan Cawang Dukuh Atas sepanjang 10,5 km.

Proyek LRT Jabodetabek menelan investasi mencapai Rp 23,81 triliun. Teknologi baru yang digunakan adalah precast dengan bentang 30 meter. Teknologi ini baru ada di dua negara Asia, seperti China, Hong Kong, Singapura, Jepang, yang lain belum.

Selain itu, lintas atau jalur kereta memakai struktur U-Shaped Girder. Diharapkan konstruksi LRT selesai pada pertengahan 2018. Sampai akhir 2017, target pengerjaan proyek LRT diharapkan mencapai 35 persen-40 persen.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*