Thursday , 29 June 2017
Home » Properti » Apartemen & Perhotelan » PUPR Akan Bangun 10 Rusunawa di Jabar

PUPR Akan Bangun 10 Rusunawa di Jabar

Rusunawa Gedang Anak

Rusunawa Gedang Anak

BERITA PROPERTI-Kementerian PUPR melalui Ditjen Penyediaan Perumahan pada tahun anggaran 2017 akan membangun sebanyak 10 tower rumah susun di Provinsi Jawa Barat. Adanya Rusun tersebut diharapkan dapat menjadi solusi penyediaan perumahan bagi masyarakat di Jawa Barat. “Tahun 2017 ini kami (Kementerian PUPR- red) akan membangun 10 tower Rusun di Jawa Barat,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin  dalam keterangan tertulis.

Menurut Syarif, pelaksanaan groundbreaking rumah susun sewa ini dapat menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan percepatan penyediaan perumahan sesuai dengan visi dan misi Kementerian PUPR.

“Kami berharap rumah susun sewa (Rusunawa) yang dibangun di Kampus ITB Jatinangor dan rumah susun sewa di Provinsi Jawa Barat  agar keberadaannya dapat segera dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya,” jelasnya. Salah satu dari 10 tower Rusunawa yang dibangun di Provinsi Jawa Barat adalah Rusun Sewa ITB Jatinangor, Sumedang.

Sedangkan Rusunawa lain yang di bangun di Provinsi Jawa Barat, antara lain Rusun Sewa Balai Diklat Basarnas, Cianjur, Rusun Sewa Pondok pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Rusun Sewa Pondok pesantren Miftahul Khoer, Tasikmalaya, Rusun Sewa Pondok pesantren Cintawana, Tasikmalaya, Rusun Sewa Pemerintah Kabupaten Garut, Garut, Rusun Sewa Lembaga Sandi Negara, Depok, Rusun Sewa Institut Pertanian Bogor, Bogor; dan Rusun Sewa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Bogor.

Berdasarkan data yang ada, Rumah susun sewa ITB Jatinangor akan dibangun oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat sebanyak 1 tower dengan ketinggian lima lantai dengan jumlah unit 70 unit.

“Rencananya Rusunawa ini akan digunakan oleh dosen / pegawai ITB. Tipe hunian Rusunawa ini yaitu Tipe 36,” terangnya. Kementerian PUPR, imbuh Syarif,  berharap pembangunan rumah susun sewa di Provinsi Jawa Barat dapat  mewujudkan percepatan penyediaan perumahan bagi masyarakat. Selain itu,  pembangunan Rusunawa ini juga dapat dijadikan Kawasan Living-Learning Community dimana di lingkungan perkuliahan terdapat fasilitas hunian bagi dosen/pegawai maupun mahasiswa.  

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*