Tuesday , 25 June 2019
Home / Nasional / Ekonomi / PUPR Alokasikan Rp 2,6 T Bangun Rusun dan Rusus  

PUPR Alokasikan Rp 2,6 T Bangun Rusun dan Rusus  

Rapat PCM Rusun dan Rusus 2015
Rapat PCM Rusun dan Rusus 2015

PROPERTI-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun dan Rumah Khusus TNI dan Polri Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan pada tahun 2015 ini mengalokasikan  anggaran sebesar Rp 2,607 Triliun untuk membangun Rumah Susun (Rusun) dan Rumah Khusus (Rusus) bagi anggota TNI dan Polri di seluruh Indonesia. Anggaran dalam DIPA Kementerian PUPR tersebut akan dimanfaatkan untuk membangun Rusun sekitar 135 Twin Block (TB) dan 2.573 unit Rusus bagi anggota TNI dan Polri.

“Pada tahun 2015 ini kami telah menganggarkan sekitar Rp 2,607 Triliun untuk membangun 135 TB Rusun dan 2.573 unit Rusus bagi anggota TNI dan Polri yang bertugas di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin saat membuka kegiatan Rapat Pre Construction Meeting (PCM) Pelaksanaan Pembangunan Rusun dan Rusus TNI dan Polri di Jakarta, Kamis (2/7).

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 220 orang peserta yang terdiri dari unsur pejabat struktural dan Satker Kementerian PUPR, Kementerian Pertahanan, Mabes Polri serta pemerintah provinsi. Rapat PCM tersebut dilaksanakan untuk mempertemukan seluruh mitra kerja baik di tingkat pusat, wilayah maupun di lokasi pekerjaan sehingga manajemen pengendalian dan pengawasan pelaksanaan pekerjaan yang ditetapkan Satker dapat berjalan dengan baik.

Menurut Syarif, tugas yang diemban oleh Satker tersebut tidaklah mudah karena harus dilaksanakan dalam waktu yang cukup pendek yakni sekitar lima bulan. Oleh karena itu, dirinya berharap dukungan dari Kementerian Pertahanan, Polri serta Mabes TNI, TNI AD, TNI AU dan TNI AL untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaan program penyediaan hunian bagi para prajurit tersebut.

Salah satu tujuan pembangunan Rusun dan Rusus tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan serta produktifitas kerja prajurit TNI dan anggota Polri yang bertugas di seluruh pelosok wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rencananya pembangunan 135 Rusun tersebut dilaksanakan di 121 lokasi yang tersebar di 89 Kabupaten/ Kota di 32 provinsi. Sedangkan Rusus akandibangun sebanyak 2.573 unit tersebar di 109 Kabupaten/ Kota di 12 Provinsi.

“Semua pihak harus ikut aktif dalam pelaksanaan serta pengawasan dalam proses pembangunan  serta penghunian Rusun dan Rusus bagi TNI dan Polri ini. Sebab TNI dan Polri yang tahu persis berapa kebutuhan dan siapa saja yang patut menghuni Rusun dan Rusus tersebut,” terangnya.

Check Also

Progres Meikarta, Konstruksi Empat Tower Selesai dan Lanjut Bangun 52 Lainnya

BERITA PROPERTI – Manajemen PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengklaim pembangunan Meikarta terus berlanjut meski …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 160

Pesan Sekarang!
close-link