Tuesday , 25 June 2019
Home / Breaking News / PUPR : Data Pencapaian Sejuta Rumah Sesuai Kenyataan

PUPR : Data Pencapaian Sejuta Rumah Sesuai Kenyataan

Prosesi Peresmian Program Satu Juta Rumah oleh Presiden Joko Widodo.
Prosesi Peresmian Program Satu Juta Rumah oleh Presiden Joko Widodo.

PROPERTI–Pemerintah tetap serius dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah untuk seluruh rakyat Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah backlog perumahan diperkirakan sekitar 13,5 juta. Kebutuhan rumah per tahun saat ini diperkirakan sekitar 800.000 unit. Tanpa campur tangan pemerintah maka jumlahnya akan terus meningkat setiap tahun.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menyatakan, ada sejumlah pihak yang meragukan data terkait Program Sejuta Rumah dari Kementerian PUPR dan menilai pemerintahan Joko Widodo tidak serius dalam membangun rumah untuk rakyat.

Dikatakan Syarif, berdasarkan laporan penyaluran KPR oleh masing-masing bank penyalur sampai dengan November 2015, jumlah penyaluran kredit adalah Rp. 42,3 Trilyun. Adapun nilai penyaluran itu terdiri dari nilai penyaluran KPR-FLPP sebesar Rp. 11,9 Trilyun Jumlah tersebut tersalur untuk 120.491 unit rumah MBR. Sedangkan nilai penyaluran KPR Komersial sebesar Rp. 30,4 Trilyun untuk 97.134 unit rumah komersial (Non-MBR).

Selanjutnya Bank BTN dalam rangka mendorong pembangunan rumah tinggal, menyelenggarakan dukungan Kredit Konstruksi bagi para pengembang yang membangun rumah MBR maupun rumah komersil. Adapun nilai penyaluran dan jumlah pembangunan unit adalah nilai penyaluran Kredit Konstruksi bagi rumah MBR sebesar Rp 6,2 Trilyundengan jumlah 151.172 unit rumah MBR.Nilai penyaluran Kredit Konstruksi bagi rumah Non-MBR sebesar Rp. 17.7Trilyun dengan jumlah 128.534 unit rumah Non-MBR.

“Kami sangat hati-hati untuk menampilkan data program ini (sejuta rumah-red). Setiap saat ada angka-angka baru yang masuk dan kami juga telah melakukan koreksi dengan melakukan monitoring di lapangan untuk selanjutnya di laporkan ke tim Program Sejuta Rumah. Dan data yang ada juga kami sampaikan secara terbuka ke media. Tentunya kami tidak akan menyampaikan data tambahan jika memang di lapangan bangunannya tidak ada dan baru bersifat perencanaan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Syarif Burhanuddin menyampaikan bahwa pihaknya juga menggandeng berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, asosiasi pengembang, kalangan perbankan serta masyarakat untuk memperoleh data yang ada. Namun kenyataan di lapangan belum sepenuhnya data-data tersebut lancar disampaikan ke Direktorat Jendral Penyediaan Perumahan.

“Angka sejuta rumah juga merupakan angka psikologis agar masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan menjadi sadar bahwa Indonesia dalam keadaan darurat perumahan. Kami sadar banyak pihak yang meragukan terkait progress data Program Sejuta Rumah. Namun kenyataan di lapangan pembangunan berjalan terus sesuai laporan yang ada saat ini yakni sekitar 660.474 unit rumah,” ujar Syarif Burhanuddin.

Check Also

Progres Meikarta, Konstruksi Empat Tower Selesai dan Lanjut Bangun 52 Lainnya

BERITA PROPERTI – Manajemen PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengklaim pembangunan Meikarta terus berlanjut meski …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 160

Pesan Sekarang!
close-link