PUPR Dorong Bangun Rusunawa Di Kampus | Property & Bank
Friday , 20 July 2018
Home / Properti / Apartemen & Perhotelan / PUPR Dorong Bangun Rusunawa Di Kampus

PUPR Dorong Bangun Rusunawa Di Kampus

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin (dua dari kiri) saat meninjau pembangunan Rusunawa di Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung

BERITA PROPERTI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) untuk mahasiswa di berbagai universitas yang ada di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah pembangunan Rusunawa di Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung.

Pembangunan Rusunawa mahasiswa ini diharapkan mampu mendorong pemerataan serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat perguruan tinggi. “Kementerian PUPR mendapat tugas membangun rumah sewa dalam rangka memfasilitasi mahasiswa yang menuntut ilmu di tingkat perguruan tinggi. Dan Rusunawa mahasiswa juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pemerataan serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat perguruan tinggi,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin di sela-sela Peresmian Rusunawa Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung, Jum’at (6/10) dalam keterangan tertulis.

Syarif menjelaskan, banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota, khususnya di ITERA yang membutuhkan hunian yang layak. Selain itu, dengan tinggal di Rusunawa ini, para mahasiswa pun bisa belajar bagimana hidup di hunian vertikal mengingat keberadaan lahan untuk pembangunan rumah tapak semakin berkurang.

Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Penyediaan Rusun Strategis Direktorat Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan, imbuh Syarif, saat ini telah membangun dua unit Rusunawa mahasiswa di ITERA dengan spesifikasi tipe 24, lima lantai sebanyak 104 unit Rusun serta memiliki luas bangunan 64 x 12,75 meter dan tinggi bangunan 23,5 meter.  Kementerian PUPR pun kembali memberikan bantuan satu blok Rusunawa bagi ITERA yang sedang berulang tahun yang ketiga tahun 2017 ini.

“ITERA hari ini berulang tahun yang ketiga sehingga membutuhkan percepatan dalam rangka pemerataan pendidikan. Dan dua rusun yang telah dibangun sudah digunakan masing-masing untuk mahasiswa putra dan putri. Jika satu unit Rusun dapat menampung tiga mahasiswa, maka tiap Rusun diperkirakan dapat menampung lebih dari 300 orang mahasiswa,” terangnya.

Beberapa kuntungan yang dapat diperoleh mahasiswa yang memilih tinggal di Rusunawa yang terletak di  Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, imbuh Syarif adalah biaya sewa yang murah. Biaya sewa kos-kosan di sekitar kampus ITERA saat ini sekitar Rp 500.000 – Rp 600.000 per kamar. Sedangkan biaya sewa di Rusunawa ITERA dipatok hanya Rp 150.000 saja.

“Biaya sewa yang harus dibayar mahasiswa untuk tinggal di Rusunawa ini jauh lebih dibanding harga sewa kos-kosan di sekitar kampus. Dan kami berharap pihak kampus sebagai pengelola Rusunawa bisa memprioritaskan mahasiswa kurang mampu yang berasal dari luar kota Lampung dan memiliki prestasi akademik yang baik sehingga membantu mereka dari aspek ekonomi,” harapnya.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*