Thursday , 24 October 2019
Home / Figur / Rahasia Sukses Anak Medan di Jakarta, Sudah Bekerja Sejak Masih Kuliah

Rahasia Sukses Anak Medan di Jakarta, Sudah Bekerja Sejak Masih Kuliah

BNI Multifinance
Direktur Utama BNI Multifinance Hasan Gazali Pulungan (keempat dari kiri) bersama jajarannya

SOSOK – Dalam waktu singkat kariernya melejit naik dan kini menduduki posisi sebagai Direktur Utama BNI Multifinance. Apa rahasianya?

BNI Multifinance, anak perusahaan Bank Negara Indonesia (BNI) yang bergerak di bidang penyaluran kredit kini punya komandan baru. Namanya Hasan Gazali Pulungan. Ia bukan orang baru di perusahaan pelat merah ini. Prestasinya yang mengkilap sebagai Pemimpin wilayah di Kantor Wilayah Jakarta BSD (WJB) mengantarkan jebolan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila ini di awal tahun 2019 menjadi Direktur Utama BNI Multifinance, anak perusahaan BNI.

BACA JUGA :   PT Bhakti Bumi Mandiri Kembangkan Bumi Indonesia

Sejak masih kuliah Hasan sudah mulai bekerja. Menurut Hasan, kebanyakan seseorang yang sukses berkarier dan usaha,  adalah mereka yang pada masa sekolah dan kuliahnya aktif berorganisasi. Ketika lulus dari Universitas Pancasila, Hasan pertama kali bekerja di Astra Internasional di bagian General Affairs, ia ditugaskan untuk menangani beberapa permasalahan karyawan internal Astra.

Hasan Pulungan melamar kerja dan diterima di BNI melalui program Officer Development Program (ODP) tahun 1992. Selama satu tahun Hasan mengikuti program tersebut sampai kemudian ditunjuk untuk menangani  kredit kecil cabang BNI di Bandar Lampung. Setelah dari Lampung, dirinya dipanggil kembali ke kantor pusat BNI di Jakarta. Ybs pernah ditugaskan menjadi  analis di  Bank Yama yang menjadi salah satu dari 2 Bank bermasalah yang ditangani oleh BNI.

BACA JUGA :   Koperasi KAUP Pasarkan 100 Unit Female

Karirnya di BNI terus berkembang. Ia kemudian diangkat menjadi Pemimpin wilayah yang membawahi lebih dari 2000 karyawan dan melahirkan berbagai prestasi. “Waktu saya jadi pemimpin wilayah itu outlet ada 129, karyawan ada 2600, 1811 atm, aset +/_ 45 Triliun, dan laba 1.462 Miliar. Tahun 2016 Wilayah yang saya mendapat Prestasi sebagai Wilayah Terbaik  se-Indonesia,” terang Hasan.

Hasan banyak bercerita soal dunia kredit di Indonesia. Kalau bicara multi finance di Indonesia ada 185 multi finance. Ada sekitar 22 yang terafiliasi dengan bank dan sekitar 33 dengan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk), sisanya tidak terafiliasi dengan bank ataupun ATPM. Karena kalau ATPM maka dia produknya barang yang dihasilkan oleh ATPM,” jelas Hasan. Ia menerangkan kalau BNI Multifinance tergolong perusahaan finance yang unik, karena bisa menyalurkan kredit bagi beberapa sektor. “Kita (BNI Multifinance) itu masuk semua dan paling unik di seluruh multi finance yang ada di Indonesia. Secara portofolio itu kita kebanyakan di bisnis banking 80%, debitur 2 berbadan hukum bukan individual,” lanjut Hasan.

BACA JUGA :   GIIAS 2019 Di Gelar di Empat Kota Besar, Tujuh APM Belum Pasti Ikut

Hasan mengaku bahwa Ia selalu siap apabila diberikan amanah untuk mengurus sesuatu. Termasuk ketika dipercaya memimpin BNI Multifinance. Tugsanya memang tidak mudah, yaitu mengembangkan bisnis dan pendapatan BNI Multifinance. Tapi Ia optimis mampu melakukannya. Saya percaya jabatan itu amanah, saya masuk cita-cita hanya jadi pimpinan cabang, tetapi ternyata lebih. Saya mungkin bukan yang terbaik, tetapi jika diberi amanah saya akan berikan yang terbaik. Makanya ketika saya masuk suatu organisasi pasti ada perubahan di situ,” katanya.

Diakhir wawancara, Hasan membeberkan rahasia keberhasilannya. Pertama, hormat dan sopan kepada kepada orangtua. Kedua doakan semua orang dan sebut namanya, meski  memusuhi kita. Terakhir, “Dalam bekerja, jangan takut diberikan target. Kalau bisa, ketika diberikan target 10, kerjakan 100,” tutur Hasan membuka rahasia suksesnya.

Check Also

Jokowi Resmi Umumkan Kabinet, Lima Menteri Merupakan Peraih IPBA

NASIONAL – Presiden RI (2019-2024) Joko Widodo pagi ini, Rabu (23/10) resmi mengumumkan nama-nama menteri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 165

Klik Disini
Cover Majalah Property&Bank edisi 165
close-link