Sunday , 20 August 2017
Home » Nasional » Ekonomi » REI Diminta Serahkan Pengembang Yang Belum Laksanakan

REI Diminta Serahkan Pengembang Yang Belum Laksanakan

Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz meminta asosiasi pengembang Realestat Indonesia (REI) untuk menyerahkan daftar pengembang yang belum menerapkan pembangunan rumah dengan pola hunian berimbang.  Pasalnya, hingga saat ini pihak Kemenpera masih belum melihat aksi para pengembang untuk mendorong pembangunan rumah dengan pola hunian berimbang sehingga kebutuhan rumah sederhana untuk masyarakat dikhawatirkan akan terus meningkat karena ketiadaan pasokan rumah murah.
“Kami (Kemenpera-red) minta REI untuk segera menyerahkan daftar anggota khususnya para pengembang yang belum membangun rumah murah untuk masyarakat dengan pola hunian berimbang,” ujar Menpera Djan Faridz kepada sejumlah wartawan di sela-sela kegiatan Halal Bihalal dengan  para pegawai dan mitra kerja Kemenpera di Kantor Kemenpera, Jakarta, Senin (4/8) lalu.
Menpera Djan Faridz mengatakan, di dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman tercantum dengan jelas bahwa pengembang yang membangun rumah mewah harus membangun rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebagaimana aturan hunian berimbang dengan pola 1:2:3 yakni pembangunan satu rumah mewah harus diikuti dengan pembangunan dua rumah menengah dan tiga rumah sederhana.
Menanggapi permintaan Menpera tersebut, Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy menjelaskan, pihaknya akan segera mengirimkan data mengenai daftar pengembang yang belum melaksanakan pembangunan rumah dengan hunian berimbang. “Ya kami akan segera mengirimkan datfar pengembang yang diminta oleh Menpera,” katanya.
Menurutnya, sebenarnya para pengembang REI telah melaksanakan pola hunian berimbang namun jumlahnya belum terlalu banyak. Sebab, semakin menipisnya ketersediaan lahan serta meningkatnya harga lahan untuk perumahan yang terus meningkat membuat pengembang sulit untuk melaksanakan aturan tersebut. “Kami akan terus berkoordinasi dengan Kemenpera agar pola aturan hunian berimbang bisa dilaksanakan sepenuhnya oleh anggota REI,” ujarnya.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*