Monday , 16 December 2019
Home / Indeks Berita / Selamat Jalan Ciputra, Maestro dan Inspirator Pengembang Properti

Selamat Jalan Ciputra, Maestro dan Inspirator Pengembang Properti

Ciputra
Ciputra meninggal di Singapura pada usia 88 tahun

UMUM – Industri properti tanah air kembali berduka. Pendiri perusahaan Ciputra Group dan pendiri organisasi pengembang Realestat Indonesia (REI), Ir. Ciputra tutup usia. Kabar duka tersebut menyebutkan bahwa begawan industri properti di Indonesia itu, menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 01.05 waktu Singapura di usia 88 tahun. Sebelumnya, Ciputra sempat dirawat di RS Pondok Indah, Jakarta, disebelah ruangan perawatan M. Yusuf Asy’ari, Menteri Perumahan Rakyat era SBY yang belum lama ini juga telah tutup usia.

Ciputra dikenal sebagai figur paling penting bisnis properti tanah air, yang sudah banyak mengembangkan proyek properti fenomenal di Indonesia, bahkan hingga ke sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Vietnam dan Kamboja. Karya-karya properti Ciputra menjadi inspirasi bagi seluruh pengembang di Indonesia dalam mengembangkan produk properti.

BACA JUGA :   Skema KPBU Mahal, Pemerintah Butuh Rp780 T Bangun 3,9 Juta Unit Rumah

Selain mendirikan PT Pembangunan Jaya didirikan pada tahun 1961, Ciputra juga mendirikan PT Metropolitan Development Tbk tahun 1971. Ia juga menjadi presiden di PT Jaya Real Property sejak tahun 1995 dan menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Ciputra Development Tbk dan PT Ciputra Surya Tbk.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata (dua dari kanan) saat kunjungan ke Kota Maja, Banten. Tampak (ki-ka) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Sumadi Karya dan Ciputra.

Ciputra atau Tjie Tjin Hoan adalah contoh seorang insinyur dan pengusaha properti yang sukses di Indonesia. Ia masuk dalam 20 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Dia Ketua Umum REI, salah satu pendiri dari Asia Pacific Real Estate Yayasan (APREF) serta menjadi orang Indonesia pertama yang terpilih Presiden Federasi Internasional Asosiasi Real Estate (FIABCI) 1989-1990. Saat ini Presiden FIABCI kembali dipegang oleh orang Indonesia, yakni Soelaeman Soemawinata, Ketum REI 2016-2019.

BACA JUGA :   Program Infrastruktur Tingkatkan Konektivitas Antar Desa di Provinsi Bengkulu

Berbagai penghargaan telah dikantongi Ciputra semasa hidupnya, baik penghargaan untuk dia pribadi maupun untuk proyek-proyek properti yang dikembangkan Ciputra Group. Saat ini perusahaan-perusahaan properti CIputra Group dikendalikan oleh anak-anak dan menantunya. Ciputra juga aktif mendukung kegiatan olahraga dengan mengelola Jaya Raya Badminton Klub dan telah menghasilkan beberapa juara dunia.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Soyfan Djalil memberikan penghargaan Developer of The Year kepada Ciputra Residence yang di terima oleh Budiarsa Sastrawinata, Managing Director Ciputra Girup didampingi Pemred Property&Bank Indra Utama

Ciputra adalah entrepreneur sejati yang memiliki visi, kecerdasan, keyakinan dan kerja keras. Dirinya mendapat dua kali sertifikat dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Dia juga terpilih sebagai Entrepreneur of the Year 2007 oleh Ernst & Young. Majalah Property&Bank juga pernah memberikan penghargaan kepada Ciputra sebagai Golden Lifetime Achievement Award dalam Indonesia Property&Bank Award (IPBA) 2013. Sedangkan proyek-proyek Ciputra Group dan generasi penerus Ciputra tiap tahun selalu mendapatkan trophy dari IPBA yang tahun ini merupakan agenda ke 14 kalinya.

BACA JUGA :   Jokowi Tinjau Rumah MBR Villa Kencana Cikarang

Indonesia sangat kehilangan dengan meninggalnya Ciputra. Terlebih lagi, meninggalnya CIputra bertepatan dengan pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) REI di Jakarta. Itu artinya, hampir seluruh anggota REI bisa ikut melepas kepergian panutan, inspirasi, senior sekaligus pencetus REI ke peristirhatan terakhirnya. Selamat jalan maestro properti Indonesia.

Check Also

saumata suites

Target Terjual Habis 2020, Saumata Suites Tawarkan Unit Tiga Kamar Tidur

BERITA PROPERTI – Sukses dengan Saumata Apartment, PT Sutera Agung Properti (SAP), kini tengah merampungkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 167

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link