Wednesday , 27 March 2019
Home / Kuliner / Sensasi Citarasa Melayu Medan

Sensasi Citarasa Melayu Medan

Suasana Cafe Beranda Kitchen
Suasana Cafe Beranda Kitchen

KULINER-Penikmat kuliner sepertinya tak lengkap jika belum mencoba sajian di Beranda Kitchen.  Beranda Kitchen merupakan kitchen, coffee, dan terrace lounge yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tepatnya berada di jalan K.H. Ahmad Dahlan.

Beranda Kitchen menawarkan berbagai citarasa menu khas Melayu, dengan konsep klasik modern. Terletak di Jalan K.H. Ahmad Dahlan Beranda Kitchen menawarkan konsep local food dan western yang memiliki cita rasa otentik

Beranda Kitchen dibuka sekitar sejak Juni 2013, dengan konsep kitchen dan coffee bar, Beranda sendiri menjadi satu-satunya tempat makan yang beda dari yang lain sepanjang.  Namanya saja Beranda, suasananya serasa sedang bersantai di beranda rumah. Tidak heran kalau café yang satu ini sangat pas untuk sekedar nongkrong bareng teman atau dengan keluarga, atau sekedar melepas lelah setelah melakukan aktivitas.

Rumah berlantai dua ini mengusung konsep bangunan rustic colonial dengan batu bata yang dicat putih dan beberapa ornamen kayu serta furniture tempo dulu membuat kesan antik. Salah satu spot yang dijanjikan oleh Beranda adalah adanya sebuah teras nyaman dan cocok untuk bersantai, ditambahkan dengan adanya beberapa sofa.

Ruangan terlihat lebih luas dan lega berkat adanya jendela-jendela besar yang berada di samping ruangan. Furniture kayu unfinished dan lantai semen yang dibiarkan natural memperkuat nuansa yang ingin ditampilkan. Tak tanggung-tanggung, Beranda menggabungkan 3 konsep sekaligus yaitu sebagai restoran, coffee bar dan lounge.

Lantai dasar ditetapkan sebagai ruang makan non-smoking, sedangkan lantai atas smoking area dan juga termasuk sebuah bar di mana pelanggan dapat duduk dan menikmati minuman. Ada juga teras terbuka di mana pelanggan dapat bersantai. Sebuah ruang pertemuan pribadi tambahan di lantai dasar juga tersedia disini.

Beranda dengan bangga menawarkan campuran kopi khas nya. Espresso dibuat menggunakan mesin espresso Mirage dari Kees van der Westen, sehingga secangkir kopi kaya dengan tekstur halus tersedia untuk nikmati. Rekomendasi lainnya adalah Americano, sebuah versi yang lebih lemah dengan rasa yang lebih halus.

Menu yang menjadi favorit di Beranda ini  dan yang paling sering dipesan adalah menu yang berasal dari Medan, yaitu Set Menu Ikan Sale Balado yang terdiri dari ikan sale, nasi putih, teri kacang balado, dan sayur ubi tumbuk (daun singkong). Ikan sale-nya sendiri diproses dengan cara diasapi sehingga warnanya menjadi hitam. Rasanya cukup unik, apalagi kalau dimakan bersama dengan sambal balado. Selain sulit di temukan di Jakarta, makanan ini memiliki cita rasa yang beda dan  sangat lezat sekali, apalagi ketika menghirup aromanya… hmmmm mantap lah…

Selain itu juga ada Gulai Kepala Kakap dan menu baru Pizza Beranda, Makanan ringan dan hidangan internasional juga tersedia termasuk Potato Wedges Cheese Melt, dan berbagai sandwich, untuk menu lokalnya tersedia Lontong Medan yang bisa menjadi pilihan.

Bagi yang suka dengan masakan pedas patut mencoba Buntut Balado. Cocok untuk dimakan di malam hari. Meski sangat pedas namun jangan khawatir, rasa pedas tersebut dapat di netralisir dengan dessertnya, yakni kue cubit yang di modifikasi dengan es krim dan toping coklat.

Beranda café tidak saha menawarkan menu masakan tradisional Indonesia, tapi juga menyediakan beraneka ragam menu western, salah satunya yang menjadi favorit sirloin steak.

Sirloin Steak yang diolah dengan cara di-marinate saja dengan 2 pilihan yaitu butter crispy garlic atau honey & spicy. Dengan side dish salad dan kentang yang tersedia dalam 3 macam yaitu potato wedges, mashed potato, dan mom’s potato. Menu ini bisa Bisa dimakan dengan salad. Melengkapi santapan, Beranda juga menyajikan menu minuman khas Medan Melayu. Salah satunya Es Campur Medan, yang terdiri dari jagung manis, cincau hitam, tape, cendol, dan jelly dengan kuah santan dan gula jawa.

Atau minuman Green Light yang terbuat dari sayuran pokcay, jeruk sunkist, dan nenas, cocok untuk Anda yang ingin suka rasa segar dan sehat tentunya!

Fasilitas yang diberikan oleh Beranda pun juga tidak kalah dengan tempat lainnya, live accoustic, Dj perfomance, wifi, smoking area, dan cozy place.

Check Also

Veranda Restaurant, Lezatnya Norwegian Salmon

KULINER – Kalau dulu, mungkin orang berpikiran bahwa hotel itu hanya tempat untuk menginap, tapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 157

Pesan Sekarang!
close-link