Monday , 18 November 2019
Home / Properti / Apartemen & Perhotelan / Sepanjang Tahun 2015 Hingga 2018, PUPR Telah Bangun 728 Tower Rumah Susun

Sepanjang Tahun 2015 Hingga 2018, PUPR Telah Bangun 728 Tower Rumah Susun

Rusun bagi peneliti LIPI di Cibinong, Bogor

BERITA PROPERTI  – Ketersediaan hunian layak melalui pembangunan hunian vertikal atau rumah susun (Rusun) terus ditingkatkan. Pada tahun 2015 – 2018, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan telah membangun Rusun sejumlah 728 tower dengan total 44.893 unit. Untuk tahun 2019 ditargetkan pembangunan sejumlah 137 tower atau 6.873 unit, sehingga total rumah susun yang terbangun pada tahun 2015 – 2019 sejumlah 865 tower atau 51.766 unit.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan rusun disamping untuk MBR, juga diperuntukkan bagi para mahasiswa, pelajar, santri, dan pekerja, termasuk para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri. Hal ini merupakan bentuk perhatian dan keseriusan pemerintah dalam penyediaan rumah layak huni bagi MBR.

BACA JUGA :   Moizland Development Mulai Bangun Palm Regency

Pembangunan Rusun bagi ASN, TNI, dan Polri dilakukan karena banyak ASN, TNI, dan Polri yang belum memiliki hunian yang layak atau bertugas di kawasan perbatasan. Ketersediaan hunian akan turut mendukung ASN, TNI dan Polri dalam melaksanakan tugasnya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu rusun yang telah selesai dibangun tahun 2018 untuk tempat tinggal para ASN adalah Rusun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bogor. Rusun yang berlokasi di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat tersebut diperuntukkan bagi para pegawai dan peneliti LIPI yang bertugas di Kebun Raya Cibinong dan sekitarnya.

BACA JUGA :   Terminal Dan Akses Tol Sentra Timur Mei 2016 Beroperasi

Rusun tersebut dibangun setinggi empat lantai sebanyak 58 unit kamar tipe 36. Anggaran untuk pembangunan rusun ini berasal dari dana APBN sebesar Rp 16,8 Milyar. Pembangunan Rusun LIPI Bogor dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 oleh kontraktor PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung. Rusun telah dilengkapi dengan jalan lingkungan, drainase, dan setiap unitnya tersedia meubelair, yakni lemari, tempat tidur, meja, kursi, dapur dan toilet.

Untuk menambah kenyamanan penghuni rusun, Kementerian PUPR melakukan penanaman 120 pohon di Rusun LIPI Bogor. Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari peringatan Hari Air Dunia 2019, sekaligus bagian dari upaya mitigasi bencana dan konservasi lahan dan air.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknis LIPI Agus Haryono berterima kasih atas bantuan pembangunan rusun untuk para peneliti muda LIPI sejak tahun 2013, dengan total sudah terbangun tiga tower di Cibinong. “Di Cibinong total terdapat enam pusat penelitian LIPI. Para peneliti muda diberikan fasilitas tinggal di rusun selama lima tahun. Diharapkan setelah itu, para peneliti tersebut sudah mempunyai tabungan yang cukup untuk membeli rumah sendiri,” ujar Agus.

Check Also

Gelar IPEX Ketiga Di Tahun 2019, Bank BTN Ikut Dorong Gairahkan Properti

BERITA PROPERTI – Dalam rangka ikut menggairahkan sektor properti, Bank BTN kembali menggelar pameran properti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 165

Klik Disini
Cover Majalah Property&Bank edisi 165
close-link
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI!
close-link