Sunday , 18 November 2018
Breaking News
Home / Sorot / Sertifikasi EDGE pelengkap GREENSHIP di Indonesia

Sertifikasi EDGE pelengkap GREENSHIP di Indonesia

edge 2SOROT-IFC adalah anggota kelompok Bank Dunia yang bekerjasama dengan Green Building Council Indonesia (GBCI) meluncurkan program sertifikasi EDGE untuk mendorong pertumbuhan pembangunan gedung yang menggunakan sumber daya secara efisien.

EDGE (“Excellence in Design for Greater Efficiencies”) adalah sistem sertifikasi bangunan hijau yang membuktikan bahwa membangun dengan menerapkan praktek-praktek yang bertanggung-jawab secara lingkungan di negara berkembang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip bisnis. EDGE menawarkan software secara gratis yang memungkinkan para perancang memilih solusi teknis sekaligus memperlihatkan biaya ekstra dalam membangun secara ramah lingkungan dan jangka waktu pengembalian biaya itu. Desain yang lebih baik mengurangi pemakaian energi serta air dan pada akhirnya menurunkan biaya pemakaian listrik dan air yang harus dibayar pemilik dan penyewa.

“Kami melihat EDGE sebagai pelengkap bagi sertifikasi GREENSHIP yang dikeluarkan oleh GBCI yang akan membantu memperbesar jumlah perumahan dan gedung komersil yang memanfaatkan sumber daya secara efisien.” ujar Naning Adiwoso, pimpinan GBCI.

Selama tujuh tahun mendatang, GBCI akan mengembangkan pasar bagi EDGE dan berperan sebagai lembaga sertifikasi pihak ketiga. IFC dan GBCI menargetkan pemberian sertifikasi untuk 20 persen proyek pembangunan baru di Indonesia, setara dengan 80.000 unit rumah.

“Kami mendorong para investor, perusahaan pengembang, dan para praktisi untuk membangun lebih banyak lagi gedung yang bisa dipertanggungjawabkan dari segi lingkungan dengan memilih standar sertifikasi sukarela seperti EDGE”. ujar Andreas Suhono, Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dengan memperkenalkan EDGE, IFC menawarkan solusi bagi pasar dengan memaparkan secara rinci penghematan biaya membangun gedung hijau. Sekarang saatnya mendorong penggunaan desain bangunan hijau secara besar-besaran di Indonesia.

“Banyak Developer dan Arsitek yang juga perlu lebih diedukasi mengenai standarisasi Bangunan hijau yang baik di Indonesia. Dan EDGE adalah cara yang mudah, cepat serta terjangkau untuk menyakinkan para pengembang dan Arsitek tersebut agar merancang gedung-gedung yang lebih baik.” Tambah Naning yakin.

Share artikel ini dengan teman

One comment

  1. I really like this post! I read through your blog fairly often and you will absolutely
    always coming out with some great things. I shared this on Facebook and my enthusiasts love it!
    Keep up the good work!

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*