Wednesday , 26 September 2018
Breaking News
Home / Indeks Berita / Si Hijau Peningkat Kekebalan Tubuh

Si Hijau Peningkat Kekebalan Tubuh

www.images.surabayanews.co.id

www.images.surabayanews.co.id

KESEHATAN-Setiap manusia menginginkan tubuh yang sehat dan bugar. Keadaan itu tentu akan memperlancar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bekerja dengan tubuh fit tentu dambaan setiap orang. Bagaimana tidak, tugas yang dikerjakan berjalan lebih optimal dengan jasmani yang sehat.

Kondisi cuaca di Indonesia saat ini sedang tidak menentu. Baru-baru ini, polusi asap akibat kebakaran hutan sedang dirasakan oleh Saudara kita di Riau dan Kalimantan. Kebakaran hutan bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal disebabkan dari keadaaan alam itu sendiri, seperti kondisi iklim yang panas menimbulkan kemarau. Sedangkan faktor eksternal merupakan ulah dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Berkaitan dengan faktor di atas, kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia saat ini bisa disebabkan dari kedua faktor tersebut. Tentunya, kabut asap yang menyelimuti Riau dan Kalimantan sangat berbahaya bagi kesehatan. Terdapat zat beracun berupa karbon yang melebihi batas normal dapat menyebabkan terjadinya gangguan terhadap organ dalam tubuh. Jenis penyakit pernapasan mudah terserang kepada anak-anak sampai orang dewasa bahkan dapat menimbulkan kematian.

Adanya asap yang masuk ke  tubuh dalam jumlah banyak tentu berbahaya bagi tubuh. Cara praktis yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan masker dan banyak mengonsumsi air putih setiap hari. Dalam air putih terdapat Zinc, zat ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan fungsi saraf otak.

Kondisi cuaca yang buruk bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Banyak makanan yang dapat membantu kita mencegah radikal bebas(beracun) masuk ke tubuh. Bagi Anda yang suka makan sayuran, bayam sangat cocok dikonsumsi.

Bayam dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh. Semangkuk bayam dapat mengandung lebih dari 337% dari AKG (Angka kecukupan gizi) vitamin A yang tidak hanya melindungi, tetapi memperkuat “entry point” ke dalam tubuh, seperti saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, membran mukosa. Bayam juga  merupakan sumber zat besi yang sangat baik (dua kali lipat dari sayuran hijau lain) untuk kesehatan darah. Selain itu, bayam juga mengandung lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata, komponen flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan dan antikanker. Antioksidan ini mampu bekerja untuk membersihkan racun dari dalam tubuh, seperti vitamin C, E dan beta karoten, dapat membantu untuk meningkatkan fungsi paru-paru. (Jahro Tirriyad dikutip dari berbagai sumber)

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*