Wednesday , 18 September 2019
Home / Keuangan & Perbankan / SMF Terbitkan EBA-SP di Tahun 2015

SMF Terbitkan EBA-SP di Tahun 2015

smf_fotoabdulmalikmsn_content_163Ekonomi – Tahun ini, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dapat menjalankan perannya sebagai Penerbit Efek Beragun Aset (EBA) berbentuk Surat Partisipasi. Peran ini sesuai dengan apa yang diamanatkan pada Peraturan Presiden No. 19/2005 yang diubah dengan Peraturan Presiden No.1/2008 (PerPres).

Keberhasilan SMF ini didapat setelah melalui perjalanan panjang sejak tahun 2006 untuk memperoleh aturan yang mendukung kegiatan utamanya, Sekuritisasi. Dengan terbitnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) no. 23/POJK.04/2014 tentang Penerbitan dan Pelaporan Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) dalam rangka pembiayaan sekunder perumahan, maka lengkaplah peran yang dijalankan SMF. Selain sebagai Penata Sekuritisasi, Pendukung Kredit dan Investor, SMF juga sebagai Penerbit EBA.

Untuk tahun 2015, SMF berupaya meningkatkan edukasi kepada perbankan untuk melakukan sekuritisasi melalui instrumen EBA-SP agar perbankan dapat mengurangi risiko kredit atas KPR akibat adanya risiko mismatch. Melalui sekuritisasi, perbankan memperoleh likuiditasnya kembali sehingga dapat disalurkan lagi ke masyarakat dalam bentuk KPR. Selain itu debitur yang tagihannya disekuritisasi mendapatkan pembiayaan jangka panjang dari pasar modal.

“Keberadaan EBA-SP sangat membantu perbankan memperoleh likuiditas pembiayaan perumahan melalui pasar modal, lewat proses sekuritisasi aset perbankan berkualitas tinggi. EBA-SP juga dapat menghindari maturity mismatch di perbankan dengan dapat diaksesnya dana dari pasar modal yang bersifat jangka menengah dan panjang,” tutur Direktur Utama SMF, Raharjo Adisusanto di Jakarta pada Selasa (27/01/15).

EBA-SP diharapkan menjadi salah satu bentuk instrumen investasi yang memberikan kontribusi langsung dalam pembangunan sektor riil secara umum dan khususnya sektor perumahan. Perkembangan efek berbasis KPR akan membarikan efek positif bagi perkembangan pasar pembiayaan sekunder perumahan maupun sektor riil perumahan serta pasar modal di Indonesia. Semua hal tersebut merupakan kontribusi dalam mendukung program pemerintah dalam menyediakan perumahan yang layak dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Check Also

Hasil RUPSLB, Suprajarto Gantikan Maryono Duduki Posisi Dirut Bank BTN

INFO PERBANKAN – Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN hari ini, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 163

Pesan Sekarang!
close-link