Sunday , 5 April 2020
Home / Indeks Berita / SML dan Citramas Kembangkan Area Ekonomi Digital di Nongsa, Batam

SML dan Citramas Kembangkan Area Ekonomi Digital di Nongsa, Batam

(ki-ka) Marco Bardelli (Direktur PT Taman Resor Internet), Michael Wiluan (Presiden Direktur PT Taman Resor Internet), Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land) Steven Japari (Direktur PT AFP Dwi Lestari) menandatangani perjanjian kerjasama

BERITA PROPERTI – Sinar Mas Land bekerjasama dengan Citramas Group untuk membangun kawasan ekonomi digital di Nongsa, Batam. Area ini akan dikembangkan sebagai ‘Jembatan Digital’ yang menghubungkan Indonesia dan Singapura juga sebagai kawasan ekonomi digital untuk menarik perusahaan-perusahaan digital dan teknologi domestik maupun internasional.

Potensi ini dilihat sebagai sebuah kesempatan yang bagus dalam mendorong ekonomi digital sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia di masa depan. Penandatanganan joint-venture ini dilangsungkan pada Jumat, 22 Februari 2019 di Singapura. Pembangunan bersama ini akan dimulai pada kuartal ke-3 di tahun 2019.

Sinar Mas Land, melalui PT AFP Dwilestari, dan Citramas Group, melalui PT Taman Resor Internet, akan mengembangkan wilayah seluas 8 hektar di kawasan Nongsa dengan total investasi senilai Rp 350 miliar untuk jangka waktu satu dekade ke depan. Komposisi kepemilikan saham di proyek ini adalah Sinar Mas Land sebesar 50% dan Citramas Group sebesar 50%.

Nongsa dapat diakses dalam 30 menit dari Singapura dengan menggunakan kapal ferry dan 15 menit dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Hal tersebut menjadi pertimbangan bagi kedua perusahaan untuk mengembangkan kawasan bisnis digital. Kelebihan itu menarik para pelaku industri digital yang menginginkan lokasi yang dekat dengan Singapura, serta ketersediaan para pekerja teknologi digital dengan biaya yang kompetitif. Pembangunan ini akan membantu perkembangan ekonomi digital di Batam dan akan menyediakan sekitar 2.000 lapangan kerja baru di bidang tersebut.

BACA JUGA :   Mitra Dulux Dapat Sertifkasi Kompetensi Kerja Konstruksi Dari LPJK Nasional

Nuvasa Bay di Nongsa akan menjadi kota mandiri bertaraf Internasional terbesar di Batam yang dibangun di atas lahan seluas 228 hektar dengan pemandangan langsung ke Singapura serta memiliki garis pantai sepanjang 1,2 km. Nuvasa Bay juga memiliki pemandangan alam yang indah dan padang golf terbesar di Batam, Palm Springs Golf dengan dilengkapi water adventure park, kondominium, perumahan dan hotel dalam pengembangannya.

“Kami melihat pengembangan ekonomi digital sangat penting bagi Indonesia menuju era industri 4.0. Oleh karena itu, Sinar Mas Land memprioritaskan pengembangan yang sejalan dengan kemajuan teknologi.  Setelah sukses mengembangkan kota digital pintar di BSD City, kami akan menerapkan konsep ini di Nongsa untuk membangun kota digital yang mendukung ekonomi digital Indonesia serta memberikan kehidupan yang baik bagi masyarakat Batam,” ujar Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja.

BACA JUGA :   SML Tunjuk Surbana Jurong Sebagai Master Plan Pengembangan Nongsa Batam

Sementara CEO Citramas Group Mike Wiluan mengungkapkan, Sinar Mas Land dan Citramas telah berdampingan sejak tahun 1985 dan mempunyai kepentingan yang sama untuk memajukan Batam. Kolaborasi ini akan mengembangkan Nongsa Digital Park dengan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi digital global yang berkembang pesat.

“Kerja sama kami bersifat ambisius dan jangka panjang: menggabungkan serangkaian infrastruktur inti dan pendukung mulai dari pendidikan hingga kebutuhan gaya hidup dalam ekosistem terencana yang seimbang. Saya senang dengan rencana pengembangan pada momentum yang tepat ini dan mengharapkan suatu progress pengembangan yang berkelanjutan,” ujar Mike Wiluan.

Check Also

Weekend #dirumahaja, Ini Tips Menyulap Kamar Tidur Serasa Hotel

UMUM  –  Sudah berapa hari Anda berdiam di rumah? Arahan dari pemerintah untuk social dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 169

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link