Friday , 20 September 2019
Home / Indeks Berita / Sukses Bertransformasi, Patra Jasa Tahun ini Siap Garap 7 Proyek

Sukses Bertransformasi, Patra Jasa Tahun ini Siap Garap 7 Proyek

Jajaran Direksi Patra Jasa saat memberikan keterangan pers pada perayaan HUT ke-44 perusahaan, di Jakarta, Kamis (18/07).

BERITA PROPERTI – Tahun 2016, menjadi titik balik  Patra Jasa sebagai salah satu anak perusahaan PT Pertamina (persero). Di tahun tersebut, Patra Jasa telah melakukan transformasi pengembangan bisnisnya menjadi 3 pilar, yakni Property & Development, Hotel & Resort, dan Multi Services.

Melalui lini bisnis tersebut, beberapa proyek perhotelan yang telah dibangun di antaranya The Patra Bali Resort and Villas, Patra Semarang Hotel & Convention, Patra Comfort Jakarta, Patra Comfort Anyer, Patra Comfort Bandung, dan Patra Comfort Parapat. Hingga akhir 2016, perusahaan berhasil mencatat revenue atau pendapatan usaha senilai Rp585 miliar dan laba bersih Rp13,5 miliar. Sementara total asset mencapai Rp1,263 miliar.

BACA JUGA :   Demand Tinggi, Paramount Land Luncurkan Ruko Komersial

Direktur Utama Patra Jasa Hari T Wibowo mengatakan “Sesuai dengan transformasi yang sudah dilakukan dari awalnya hanya manajemen hotel dan resort, kini berkembang menjadi properti, dan multi services tujuannya untuk mendongkrak revenue.”

Melihat peluang dan perkembangan bisnis property di tanah air yang kian marak, Patra Jasa turut ambil bagian untuk memperluas cakupan bisnisnya. Upaya ini sekaligus bertujuan untuk mendongrak revenue perusahaan yang ditargetkan meningkat 6 kali lipat dalam lima tahun pertama.

“Dan ternyata hasilnya sangat luar biasa. Sebagai pemain baru di bidang property, kami tergolong sukses dan sangat diperhitungkan. Bahkan, transformasi juga turut mendongkrak kinerja keuangan perusahaan, antara lain meningkatkan laba 11,2 persen di 2018,” katanya dalam jumpa pers HUT ke-44 perusahaan, di Jakarta, Kamis (18/07).

BACA JUGA :   Bendungan Passeloreng dan Karraloe Rampung, Irigasi Premium di Sulsel Bertambah

Keberhasilan transformasi tersebut menjadi poin penting dalam peringatan ulang tahun Patra Jasa ke-44 yang bertajuk ‘Going Beyond, Ever Onward’. Menurut Hari, transformasi dilakukan terkait inisiatif strategis perusahaan untuk mempercepat pertumbuhan jangka panjang sesuai potensi dan peluang yang tersedia. Kesuksesan transformasi juga tak lepas dari regenerasi dan inovasi yang dilakukan Patra Jasa di bidang sumber daya manusia (SDM) dan tata kelola perusahaan. Akibat totalitas perusahaan dalam bertransformasi, tak heran jika saat ini Patra Jasa menjadi salah satu pemain property yang cukup diperhitungkan di negeri ini.

“Keberhasilan transformasi tersebut juga terlihat dari penghargaan yang diberikan BUMN Track dan PPM Manajemen kepada kami. Pada awal 2019, kami menduduki peringkat kedua sebagai perusahaan Transformasi Organisasi Terbaik dalam ajang Anugerah BUMN 2019,” urai Hari.

Hingga saat ini, Patra Jasa telah memiliki beberapa proyek property yang senantiasa mengedepankan keunikan masyarakat setempat. Empat proyek yang sudah berdiri dan memasuki tahap pemasaran di antaranya Apartemen Amarta di Yogyakarta sejumlah 743 unit yang terinsiprasi dari budaya dan tradisi lokal dengan sentuhan modern minimalis, Apartemen Urbano sejumlah 1.757 unit yang mengusung konsep transit oriented development (TOD) pertama di Bekasi, serta Kawasan Patra Cirebon yang akan segera di-launching dalam waktu dekat.

BACA JUGA :   April, Indonesia International Motor Show 2019 Kembali Digelar

Melalui transformasi yang dilakukan, kinerja keuangan Patra Jasa mengalami peningkatan. Perusahaan berhasil meraih revenue  atau pendapatan usaha sebesar Rp1,4 triliun pada 2018 atau meningkat 27 persen dari perolehan 2017 sebesar Rp1 triliun. Begitupula dari sisi perolehan laba bersih yang mencapai Rp133,2 miliar pada 2018, atau naik 11,2 persen dari tahun sebelumnya yakni Rp118,2 miliar. Sedangkan total asset 2018 sebesar Rp3,5 triliun atau meningkat 8,6 persen dari perolehan 2017 sebesar Rp3,2 triliun.

Guna mendukung ketiga pilar bisnis yang digarap oleh Patra Jasa, lanjut Hari, perseroan juga gencar mendorong peran anak perusahaan. Di antaranya Mitra Tours and Travel (MTT) yang bergerak di bidang jasa perjalanan, Prima Armada Raya (PAR) yang bergerak di bidang jasa penyewaan kendaraan serta layanan pengemudi di lingkungan PT Pertamina, serta Hotel Indonesia Group (HIG) yang merupakan hasil sinergi antar BUMN perhotelan. “HIG memiliki visi menjadi hotel chain terbesar di tanah air dengan mengedepankan konsep keramahtamahan Indonesia yang bertaraf internasional. Salah satu proyek HIG adalah pembangunan hotel di Labuan Bajo,” ungkap Hari.

Pengembangan Kawasan

Melihat keberhasilan transformasi di sektor bisnis property, ke depan perusahaan akan memperluas cakupannya sebagai pengembang kawasan dan office building. Beberapa yang saat ini menjadi target pembangunan Patra Jasa adalah pengembangan kawasan Baciro Jogja, E-Polis Rasuna Jakarta, Kawasan Patra Cirebon dan Kawasan Patra Simprug. “Sedangkan pengembangan office building akan dilakukan pada proyek Graha Pertamina dan beberapa lokasi yang termasuk dalam pengembangan kawasan,” ungkap Hari.

BACA JUGA :   Show Unit Carstensz Ada di Mal Living World

Khusus E-Polis Rasuna yang dibangun di atas lahan seluas 59.104 m2 digadang akan menjadi proyek prestisius dengan pengembangan hotel bintang 4 sejumlah 250 kamar, fasilitas ritel, apartemen 3 tower yang masing-masing berjumlah 540 unit serta 3 tower perkantoran.

Dengan berbagai pengembangan yang dilakukan tahun ini, hingga akhir 2019 perusahaan telah menargetkan peningatan pendapatan sebesar Rp2,43 trilun. Perusahaan juga membidik laba bersih mencapai Rp202 miliar dengan total asset Rp5,34 triliun.

Check Also

ModernCikande

Versi PropertyGuru, MCIE Jadi Kawasan Industri Terbaik Tahun 2019

KAWASAN INDUSTRI – PT Modernland Realty Tbk., terus memperkuat lini bisnisnya dengan memperkuat kinerjanya di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 163

Pesan Sekarang!
close-link