Saturday , 24 June 2017
Home » Indeks Berita » Telkom Sempurnakan Teknologi Dengan Telkom 3S

Telkom Sempurnakan Teknologi Dengan Telkom 3S

Satelit Telkom 3S yang belum lama ini diluncurkan

Satelit Telkom 3S yang belum lama ini diluncurkan

TEKNOLOGI– PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) memperkuat teknologinya dengan meluncurkan roket Ariane 5 dari bandar antariksa Guyana di Kourou, Guyan Perancis, Selasa (14/2) lalu. Satelit menjadi pelengkap bagi koneksi telekomunikasi terestrial dan serat optik yang dikembangkan oleh PT Telkom.

Dengan teknologi tersebut, Telkom bertekad akan menggelar layanan telekomunikasi untuk seluruh wilayah Indonesia. Pasalnya, saat ini belum semua daerah di Indonesia terjangkau jaringan kabel serat optik. Diharapkan, satelit Telkom 3S ini nantinya mampu menambah kapasitas satelit yang saat ini dimiliki oleh Telkom.

“Kondisi ini akan mengurangi ketergantungan Telkom pada satelit telekomunikasi asing untuk melayani masyarakat Indonesia. Selama ini, Telkom memiliki 60 transponder dari satelit Telkom 1 dan Telkom 2. Selain itu, Telkom menyewa 67 transponder dari berbagai satelit asing untuk melayani konsumennya,” ujar Direktur Utama PT Telkom Alex Janangkih Sinaga dalam keterangan tertulis.

Beroperasinya Telkom 3S akan menambah transponder yang ekuivalen dengan 49 transponder C-band standar bagi Telkom. Telkom 3S ini lebih unggul dibanding satelit Telkom 1 dan Telkom 2 karena adanya transponder Ku-band. Dibandingkan dengan C-band, transponder Ku-band memiliki frekuensi lebih tinggi dan daya lebih besar hingga mampu mengirim sinyal dengan pita lebar lebih besar.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*