Saturday , 7 December 2019
Home / Indeks Berita / Tol Sedyatmo Poros Utama Untuk Mendukung Kawasan Bandara Soetta

Tol Sedyatmo Poros Utama Untuk Mendukung Kawasan Bandara Soetta

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit saat jumpa pers

UMUM –Penyesuaian tarif tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo sepanjang 14,3 Km yang berlaku mulai tanggal 12 Mei 2019 telah mengakomodir rasionalisasi tarif tol dari semula 5 kelompok tarif untuk 5 golongan kendaraan menjadi 3 kelompok tarif untuk 5 golongan kendaraan. Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 121/KPTS/M/2019 tanggal 6 Februari 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol Sedyatmo.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan jalan tol Sedyatmo memiliki peran strategis tidak hanya melayani akses ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) seperti fungsi awal dioperasikannya. Kini telah terjadi perubahan pemanfaatan lahan disekitarnya dimana sepanjang koridornya tumbuh kegiatan-kegiatan ekonomi baru seperti perkantoran, pertokoan, kuliner, hotel dan terdapat kawasan pergudangan yang akan memunculkan lalu lintas baru berupa truk-truk kontainer.

BACA JUGA :   Hapernas 2019, PUPR Gelar Pameran Perumahan Rakyat dan Festival Kuliner

“Tol Sedyatmo kini menjadi poros pertumbuhan ekonomi kawasan sekitar Bandara Soetta,” ujar Danang kepada media saat jumpa pers di Kementerian PUPR pekan lalu.

Perubahan fungsi Tol Sedyatmo menurut Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna akibat tumbuhnya kegiatan ekonomi baru menjadikan bandara sebagai Aerocity. “Paradigma dalam melihat jalan tol Sedyatmo berbeda antara dulu dengan sekarang. Kalau dulu memang direncanakan khusus untuk Bandara, tapi sekarang dengan dinamika tata ruang dan ekonomi, fungsi jalan tol ini melayani kawasan produktif seperti pergudangan/kargo,” jelas Yayat.

Menurutnya penurunan signifikan pada tarif angkutan logistik antara Rp 1.500-4.000 merupakan keuntungan bagi masyarakat. Ini menjadi insentif bagi kegiatan produktif di Kawasan Bandara yang sudah tumbuh berkembang menjadi simpul ekonomi wilayah bahkan menjadi kawasan sentra primer bagi Tangerang yang sangat membutuhkan efisiensi waktu, biaya dan jarak.

Direktur Operasi PT. Jasa Marga Tbk. Subakti Syukur mengatakan untuk melayani kawasan Bandara Soetta maka pelayanan jalan tol Sedyatmo tidak bisa hanya sekedar mengejar pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan jol. PT. Jasa Marga Tbk. terus melakukan peningkatan pelayanan dari sisi layanan transaksi, lalu lintas, dan konstruksi.

BACA JUGA :   Program Infrastruktur Tingkatkan Konektivitas Antar Desa di Provinsi Bengkulu

“Untuk layanan transaksi di Gerbang Tol (GT) Cengkareng yang tadinya hanya 13 Gardu Tol OAB (Oblique Approach Booth), ditambah 7 gardu sehingga total menjadi 20 gardu. Untuk meningkatkan kapasitas transaksi juga telah dilakukan penambahan pengoperasian 18 Mobile Reader,” kata Subakti.

Untuk layanan konstruksi, PT. Jasa Marga juga telah melakukan re-allignment KM 29-30, pelebaran KM 28, pelebaran GT Cengkareng, dan penambahan lajur transaksi di Simpang Susun Penjaringan. Perbaikan saluran drainase juga dilakukan sebagai upaya penanganan banjir serta peningkatan kualitas visual dengan lansekap yang lebih baik.

BACA JUGA :   BNI Senayan Salurkan Bansos BPNT Tahap III

“PT. Jasa Marga juga telah menyiagakan lebih dari 50 pompa untuk mengantisipasi genangan akibat hujan maupun pasang air laut. Selain itu juga terdapat 66 CCTV yang juga digunakan untuk memantau lokasi-lokasi genangan serta adanya 3 Variable Message Sign,” katanya.

Dari sisi layanan lalu lintas, Subakti mengatakan telah melakukan pengecatan marka jalan tol, penyesuaian rambu petunjuk arah jurusan, pengadaan dan pemasangan pagar rumija, pengadaan dan pemasangan Guard Rail serta Reflektor, penertiban kendaraan Beban Berlebih (Over Load) secara berkala, dan beautifikasi di Gerbang Tol.

Check Also

SMF

SMF Siap Kucurkan FLPP Rp3,7 Triliun di 2020, 25% Dari Total Penyaluran

KEUANGAN – PT Sarana Multigriya Finansial Persero (SMF) siap kucurkan pembiayaan Rp3,7 triliun pada 2020 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 166

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
Cover Property&Bank edisi 166
close-link
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI!
close-link