Wednesday , 21 November 2018
Breaking News
Home / Indeks Berita / Ukir Prestasi Internasional, Eman Duduki Posisi Presiden FIABCI Asia Pasifik

Ukir Prestasi Internasional, Eman Duduki Posisi Presiden FIABCI Asia Pasifik

Presiden FIABCI (Federasi Real Estat Dunia) Asia Pasifik sekaligus Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata bersama delegasi Indonesia dan luar negeri

INTERNASIONAL – Realestat Indonesia (REI) kembali mengukir prestasi dengan menempatkan sejumlah kader terbaik di FIABCI (Federasi Real Estat Dunia) Asia Pasifik. Bahkan, Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata didapuk menjadi orang nomor satu di organisasi tersebut, sebagai Presiden FIABCI (Federasi Real Estat Dunia) Asia Pasifik.

Sebelumnya, jabatan paling bergengsi di industri properti untuk kawasan Asia Pasifik itu, pernah dijabat oleh putra-putra terbaik dari Indonesia, yaitu Ir. Ciputra dan Ir. Teguh Satria (alm) dengan posisi yang sama, Presiden FIABCI Asia Pasifik. Soelaeman Soemawinata berhasil mengembalikan kejayaan Indonesia menduduki posisi tersebut, periode 2018-2019.

“Ini merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia, khususnya industri properti. Tentu banyak sekali manfaat yang akan kita dapat dengan adanya posisi tersebut, termasuk mengajak para pengembang dari luar untuk ikut menanamkan investasi di Indonesia, atau sebaliknya pengembang kita yang akan mengembangkan properti di luar negeri,” ujar Eman, sapaan akrab Soelaeman Soemawinata di Kantor Pusat DPP REI, Rabu (9/5).

Dijelaskan Eman, Indonesia dianggap sebagai negara yang sukses dalam program penyediaan hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).  Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu, dilakukan berkolaborasi antara pemerintah dengan swasta. Sehingga, tak sedikit pengembang dunia yang menaruh minat berbagi pengalaman dengan Indonesia dalam penyediaan rumah terjangkau.

Oleh karena itu, sambung Eman, Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIABCI December Meeting and Global Business Summit 2018 yang digelar di Bali, 7-10 Desember 2018 mendatang, berkesempatan memberikan masukan kepada peserta bagaimana membangun rumah bagi MBR yang ideal. Selain itu, akan menjadi momentum untuk mengenalkan potensi sektor properti berbasis pariwisata kepada dunia internasional.

Penetapan Bali sebagai tuan rumah FIABCI December Meeting and Global Business Summit 2018 tersebut, dilakukan pada Kongres FIABCI Dunia (World Congress FIABCI) ke-69 yang diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab dari 28 April hingga 1 Mei 2018 lalu. Indonesia menjadi negara pertama di kawasan Asia, yang ditunjuk sebagai tuan rumah FIABCI Global Business Meeting dengan tema “affordable housing and sustainable tourism development”.

Dikatakan Eman, Kongres FIABCI Dunia di Dubai dimana Indonesia mengirimkan delegasi sebanyak 70 orang juga menjadi sangat istimewa karena, tiga kader terbaik REI dipercaya sebagai board member FIABCI International, yaitu Ir. Budiarsa Sastrawinata, Ir. Agussurja Widjaja dan Ir. Igneszj Kemalawarta.

FIABCI adalah akronim bahasa Perancis “Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers”, yang berarti Federasi Realestat Internasional (International Real Estate Federation). Federasi real estat ini didirikan pada 1945, dan Indonesia mulai bergabung dalam FIABCI sejak 1977. Saat ini ada lebih dari 60 negara yang terwakili di FIABCI.

Sementara FIABCI Asia Pasifik meliputi Australia, India, Indonesia, Jepang, Korea, Macau, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan dan Thailand.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*