Saturday , 22 July 2017
Home » Breaking News » Waduk Kuningan Mampu Mengairi 3.000 Ha

Waduk Kuningan Mampu Mengairi 3.000 Ha

Progres Pembangunan Waduk Kuningan Capai 27 % (Oktober 2016)

Progres Pembangunan Waduk Kuningan Capai 27 % (Oktober 2016)

INFRASTRUKTUR-Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Waduk Kuningan, Jawa Barat akan selesai di akhir tahun 2017. Kehadiran waduk ini diharapkan dapat mengairi lahan pertanian hingga ke Jawa Tengah.

Waduk Kuningan terletak di kecamatan Cibeureum, kawasan timur kabupaten Kuningan, propinsi Jawa Barat. Waduk yang dibangun diatas lahan seluas 221,59 hektare (ha) ini merupakan hasil kolaborasi konsorsium dua perusahaan BUMN, PT Wijaya Karya dan PT Brantas Abipraya. Pemerintah menganggarkan biaya mencapai Rp 464 miliar untuk membangun Waduk Kuningan.

“Saat ini, pembangunan Waduk Kuningan sudah mencapai progres 27%. Beberapa bagian pengerjaan proyek waduk sudah selesai dilakukan yang meliputi seperti terowongan pengelak dan saluran pelimpah. Selain itu, akses jalan ke waduk dan pondasi dasar juga sudah terpasang,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Jaringan Sumber Air (PJSA) BBWS Cimanuk Cisanggarung Ditjen SDA Kementerian PUPR Dwi Ariyani di Kuningan beberapa waktu lalu.

Dwi menjelaskan, jika sudah beroperasi yang direncanakan awal 2018 nanti, Waduk Kuningan mampu memberikan pengairan lahan pertanian seluas 1.000 ha di kabupaten Kuningan dan 2.000 ha di kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selain untuk lahan pertanian, waduk ini juga dipersiapkan sebagai bendungan yang mampi mengantisipasi banjir daerah disekitarnya.

Disamping sebagai sumber air baku sebesar 300 liter per detik yang akan dipergunakan warga sekitar untuk keperluan sehari-hari, waduk yang memiliki debit air mencapai 25,9 juta meter kubik ini, diproyeksikan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Nantinya, waduk ini mampu menghasilkan kekuatan daya sebesar 533 kilowatt (kw).

Waduk Kuningan merupakan salah satu dari 65 bendungan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada periode 2014-2019. Waduk Kuningan adalah proyek lanjutan dari 16 bendungan yang belum selesai dibangun pada 2014 lalu. Sisanya sebanyak 49 bendungan merupakan proyek baru yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*