Monday , 19 November 2018
Breaking News
Home / Indeks Berita / Web Portofolio Untuk Bisnis Online Anda

Web Portofolio Untuk Bisnis Online Anda

UMUM – Saat ini dengan kemajuan teknologi digital, membangun sebuah bisnis bukanlah sesuatu yang sulit. Kalau dulu anda membutuhkan modal yang cukup lumayan untuk memulai sebuah usaha, maka saat ini anda bisa berbisnis dengan modal yang relatif kecil.

Salah satunya adalah berjualan dengan melalui situs – situs jual beli yang semakin banyak tumbuh di internet saat ini.

Situs – situs jual beli saat ini semacam Tokopedia atau Bukalapak, menyediakan berbagai kemudahan bagi anda yang ingin memulai usaha tanpa harus pusing memikirkan sewa tempat usaha, menggaji karyawan, pengiriman barang maupun promosi.

Mengapa Harus Berjualan Di Situs Jual Beli?

Dilansir dari Asian Nikkei Review pada periode 2017 jumlah konsumen e-commerce di Indonesia sebesar 35 Juta, mengalami kenaikan sebesar 11 Juta konsumen bila di bandingkan dengan periode tahun 2016.

Tokopedia sendiri menurut survey yang di lakukan oleh Financial Times menguasai pangsa pasar e-commerce di Indonesia sekitar 40% , tertinggi dibandingkan dengan situs jual beli lainnya yang beroperasi di Indonesia.

Bayangkan, apabila anda menampilkan produk atau jasa anda di Tokopedia, maka tanpa perlu repot ber-promosi, produk atau jasa anda akan di lihat oleh sekitar 40% konsumen e-commerce yang ada di Indonesia, atau sekitar 14 Juta konsumen.

Bagaimana Bersaing Dengan Penjual Lain?

Namun, selain jumlah konsumen yang banyak, pasar e-commerce juga memliki jumlah penjual yang cukup signifikan.

Menurut Siti Fauziah, Senior Communications Lead Tokopedia,  pada acara Makerfest 2018 yang lalu mengatakan “Kalau secara keseluruhan, per Maret 2018, jumlah merchant kami di seluruh Indonesia lebih dari 2,7 juta dan akan terus bertambah,”.

Berarti, apabila anda memutuskan berjualan melalui situs Tokopedia, maka produk anda akan bersaing dengan produk dari 2,7 Juta pedagang lainnya di Tokopedia.

Bagaimana caranya agar jualan anda bisa bersaing dengan roduk dari pedagang yang lain? Caranya adalah dengan terlihat berbeda di banding pedagang yang lain. Anda harus bisa menunjukkan kepada calon pembeli yang lain bahwa bisnis anda lebih kredible dibanding dengan pedagang yang lain.

Salah satu cara agar terlihat berbeda dengan banyak pedagang lain di situs jual beli adalah dengan menggunakan web portofolio anda sendiri. Web portofolio ini akan menjadi bukti keseriusan anda dalam berusaha. Dan menjadi pembeda dari pedagang lainnya.

Keuntungan Memiliki Web Portofolio

Beberapa keuntungan memiliki Web Portofolio adalah :

  1. Profesional

Dengan memiliki Web Portofolio sendiri, anda akan terlihat lebih profesoinal di mata para calon konsumen anda.

  1. Mempermudah Komunikasi

Meskipun beberapa situs jual beli memiliki fasilitas messenger untuk berkomunikasi di antara pembeli dan penjual, namun tetap ada batasan – batasan yang harus di penuhi. Dengan memiliki Web Portofolio sendiri, maka anda akan bebas berkomunikasi dengan calon konsumen potensial anda.

  1. Memperluas Potensi Pasar

Semisal anda berjualan Sepatu di situs jual beli, maka konsumen hanya akan melihat anda sebagai pedagang sepatu. Namun apabila anda memiliki Web Portofolio, maka calon konsumen anda bisa melihat unit usaha anda yang lain. Yang pada akhirnya akan memperluas potensi pasar yang anda miliki.

Bagaimana Cara Membuat Web Portofolio?

Banyak orang beranggapan bahwa membangun web portofolio membutuhkan modal yang besar, atau skill yang hebat di bidang IT. Anggapan semacam itu tidak selalu benar.

Betul, bahwa membangun sebuah website itu bukan pekerjaan gampang. Namun hal tersebut juga di tentukan oleh tingkat kerumitan dari website yang akan dibangun.

Membuat sebuah Web Portofolio sederhana bukanlah sesuatu yang sulit. Yang anda butuhkan hanyalah sebuah Domain, Hosting dan Content Management System (CMS).

Domain

Domain adalah alamat yang digunakan internet untuk menemukan website yang anda miliki. Sederhananya, domain itu seperti alamat rumah anda.

Anda bisa membeli domain yang anda inginkan di banyak Domain Seller di internet. Harganya juga tidak terlalu mahal, tergantung dari ekstensi domain yang anda mau. Domain dengan ekstensi .com tentu akan lebih mahal di bandingkan dengan domain dengan ekstensi .info.

Beberapa Domain Seller yang cukup recommended adalah Godaddy.Com, NameSilo.Com dan Namecheap.Com. Untuk Seller domain lokal dengan ekstensi .id atau .co.id anda bisa memilih Niagahoster.Co.Id.

Hosting

Web Hosting adalah tempat anda menyimpan file website anda. Kalau domain diibaratkan sebagai alamat, maka hosting merupakan rumah tempat anda menyimpan barang-barang anda.

Sama seperti domain, ada banyak pilihan untuk membeli hosting di indonesia. Salah satu Web Hosting yang kami rekomendasikan adalah Niagahoster karena memiliki harga yang cukup terjangkau namun kualitas dan service mereka juara!

Dan, apabila anda menggunakan WordPress sebagai CMS pada Web Portofolio anda, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan WordPress Hosting dari Niagahoster.

Content Management System (CMS)

Content Management System, atau biasa disingkat CMS merupakan sistem operasi atau mesin yang di gunakan untuk mengatur berbagai aspek dalam website anda, mulai dari tampilan web hingga pengaturan konten atau artikel yang akan di tampilkan di web.

Ada banyak CMS yang bisa anda gunakan untuk operasional Web Portofolio Anda. Namun satu yang kami rekomendasikan adalah WordPress. Mengapa WordPress? Karena ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh WordPress di banding dengan CMS lainnya.

Beberapa kelebihan WordPress :

  1. Banyak pilihan themes yang di tawarkan.

Themes atau tampilan adalah hal yang paling penting untuk sebuah website. Tampilan web yang bagus akan membuat pengunjung web tersebut betah berlama – lama di web tersebut.

WordPress menyediakan banyak sekali pilihan themes untuk website anda. Mulai dari yang gratis hingga berbayar.

  1. Mudah di operasikan.

Dibandingkan dengan CMS lain, WordPress merupakan salah satu CMS yang paling mudah di operasikan. Tidak perlu kemampuan seorang ahli IT untuk mengoperasikan WordPress, bahkan orang awan akan mampu mengoperasikan website yang menggunakan WordPress sebagai CMS – nya.

  1. Anti Spam.

Spam merupakan hal yang sangat mengganggu. Semakin banyak pengunjung sebuah web, akan semakin banyak pula jumlah spam yang masuk. WordPress memiliki banyak plugin untuk menghalau para spamers ini.

Cara Membuat Web Portofolio Menggunakan WordPress.

Membuat website menggunakan wordpress sangat mudah. Ada banyak tutorial untuk itu di internet. Atau anda juga bisa cek youtube untuk mencari video installasi wordpress, seperti video berikut di bawah ini.

 

Share artikel ini dengan teman

One comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*