Sunday , 21 July 2019
Home / Breaking News / WIKA Siapkan Proyek Properti di Kaltim, Alternatif Lokasi Ibukota Baru

WIKA Siapkan Proyek Properti di Kaltim, Alternatif Lokasi Ibukota Baru

Tamansari Kencana, salah satu proyek WIKA

BERITA PROPERTI- Pemerintah akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa. Pemindahan ibu kota itu kini masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Kalimantan Timur masuk sebagai salah satu alternatif setelah provinsi tersebut dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (8/5).

Pemerintah pun segera melakukan pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta. Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) Tumiyana mengaku, siap berinvestasi di ibu kota baru tersebut. Saat ini, WIKA memandang sektor properti akan menjadi peluang besar.

BACA JUGA :   Warna-warni Kamar Anak

“Wacana itu peluang besar untuk melaksanakan investasi di bidang properti,” ujarnya berdasarkan keterangan tertulis, Minggu (12/5). Dia menyebut, alasan WIKA mengincar proyek properti di ibu kota baru yakni agar ke depan mendapatkan recurring income (pendapatan berulang). Hal tersebut biasa terjadi pada pengembangan kawasan baru.

“Pengembangan suatu kawasan akan memiliki prospek besar untuk bertumbuhnya kawasan-kawasan hunian dengan nilai jual yang naik signifikan dalam waktu relatif singkat,” jelas Tumiyana. Ia menjelaskan, perseroan telah memiliki portofolio infrastruktur di Kalimantan Timur.

BACA JUGA :   REI Desak UU Pertanahan Segera Disahkan Sesuai Target September 2019

Diantaranya PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) 2×50/60 MW Kalimantan Timur (Kaltim), dan Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan (SAMS) sebagai pintu masuk menuju Provinsi Kaltim. Kini yang tengah dikerjakan oleh Pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda.

Proyek ini akan menjadi jalan tol pertama di Kalimantan sekaligus menghubungkan kedua kota terbesar di Kalimantan Timur tersebut. Tak jauh dari situ, di Kalimantan Tengah yang merupakan kandidat lain ibu kota baru, WIKA juga mengerjakan proyek Jembatan Tumbang – Samba yang menjadi jembatan terpanjang lintas tengah Kalimantan.

BACA JUGA :   Onduline Green Roof Award Kembali Digelar

Memasuki bulan ke-24, pengerjaan jembatan ini sudah mencapai progress 88,44 persen dan ditargetkan selesai November 2019. Jembatan Tumbang Samba menghubungkan jalur lintas tengah Kalimantan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang dilalui yang terkenal kaya akan sumber daya alamnya yaitu sawit, karet dan pertambangan.

Masuknya Kalimantan Timur sebagai kandidat merupakan cerminan bahwa provinsi ini menyimpan begitu banyak potensi pembangunan. Bagi Tumiyana, WIKA selalu siap untuk ambil bagian dalam mempersiapkan ibukota baru dari segi infrastruktur di berbagai sektor.

“WIKA sudah kuat dari segi industri, baik baja, beton, maupun aspal yang kemudian menyokong konstruksi dan infrastruktur sebagai bisnis utamanya. Sehingga kapan saja, Pemerintah butuh, kami siap untuk berada di barisan terdepan untuk terlibat dalam misi besar tersebut,” paparnya lagi.

BACA JUGA :   Pikko Tawarkan Properti Spesial di IPEX 2017

Rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta telah direncanakan sejak lama oleh pemerintah. Adapun rencana pemindahan ini baru bisa dilakukan dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

“Nanti ketika jelas kapan pelaksanaannya, akan kita lakukan penyesuaian untuk masuk RKP pada tahun bersangkutan tapi sudah masuk RPJMN 5 tahun kedepan,” ucapnya. Sebagai informasi, sebelumnya Bappenas mengungkapkan estimasi biaya yang dikeluarkan untuk pemindahan ibu kota negara yakni Rp 466 triliun. (Artha Tidar)

Check Also

39 Bank Pelaksana Yang Ikut PKO, Hanya 18 Bank Salurkan FLPP Lebih Dari Kuota

RUMAH RAKYAT – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan subsidi untuk membantu meningkatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit Edisi Terbaru

Majalah Property&Bank
Edisi. 161

Pesan Sekarang!
close-link