Tuesday , 20 November 2018
Breaking News
Home / Breaking News / WNA Bisa Beli Properti, Kota-kota Ini Paling Diincar

WNA Bisa Beli Properti, Kota-kota Ini Paling Diincar

Jakarta Paling Diincar Investor Asing (poto Lamudi)

Jakarta Paling Diincar Investor Asing (poto Lamudi)

BERITA PROPERTI-Industri properti Indonesia memasuki babak baru pasca dikeluarkannya aturan baru perihal kepemilikan properti oleh Warga Negara Asing (WNA). Dalam aturan yang tertuang dalam PP Nomor 103 /2015 tersebut, diatur tentang peluang WNA dapat memiliki properti di Indonesia, yang selama ini kepemilikannya di sejumlah daerah sudah berlangsung, namun masih belum memberikan manfaat yang luas terhadap industri ini.

Menurut portal properti global Lamudi, peninjauan ulang aturan pemilikan properti oleh asing memang sengaja dilakukan sebagai antisipasi pemerintah guna merangsang bisnis properti dalam negeri yang sempat melambat sejak tahun 2014. Diharapkan, dengan dibukanya keran kepemilikan asing akan membuat orang asing berbondong-bondong membeli properti di Indonesia yang memang lebih murah ketimbang properti di negara tetangga seperti Singapura atau Malaysia. 

Lamudi merilis sejumlah kota yang diperkirakan akan diburu oleh pembeli properti asing jika keran atau aturan kepemilikan tersebut terbuka lebar. Kota-kota tersebut, menurut beberapa pengamat memiliki potensi dan paling diincar oleh warga asing. Berikut kota-kota tersebut :

Jakarta

Kota utama yang paling diincar dari oleh investor asing, sudah pasti adalah Jakarta. Sebagai ibukota negara, Jakarta menjadi pusat perekonomian negara dan menjadi tujuan utama bagi pekerja asing untuk datang atau berkunjung.

Batam

Selain Jakarta, kota Batam juga memiliki potensi yang sangat besar untuk mengambil keuntungan, pasalnya kota ini memiliki lokasi yang strategis berdekatan dengan negara tetangga Singapura. Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Khusus Batam, Djadja Roeslim mengatakan, Batam juga menjadi salah satu pintu masuk warga asing masuk ke Indonesia. Selain itu, industri di Batam saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.    

Bali

Sementara Bali juga dinilai menjadi kota yang banyak di buru oleh investor properti asing, karena area ini telah lama dikenal sebagai salah destinasi wisata internasional. Jenis properti yang akan banyak dibutuhkan oleh warga asing di sana adalah kondotel, dan rumah. 

Yogyakarta

Yogyakarta juga dinilai berpotensi mendapatkan keuntungan, karena wilayah ini juga menjadi tempat wisata yang paling diminati setelah Bali. Ketua DPD REI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nur Andi Wijayanto menjelaskan, pasca diberlakukannya aturan baru mengenai legalitas kepemilikan properti asing diberlakukan, ia yakin akan berdampak dengan meningkatnya penjualan properti di kota gudeg tersebut sebesar 15 persen.

Share artikel ini dengan teman

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*