Tuesday , August 4 2020
Home / Indeks Berita / MBR dan ASN Sudah Tidak Perlu Hunian? Sebuah Harapan Untuk Tapera

MBR dan ASN Sudah Tidak Perlu Hunian? Sebuah Harapan Untuk Tapera

rumah khusus
Masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat. yang mendapatkan bantuan rumah khusus

KOLOM – Semenjak UU No 4/2016 tentang TAPERA disahkan, secara otomatis Bapertarum dilikuidasi.   Mulai saat itu pula kebutuhan rumah untuk PNS/ASN terkesan statusquo.

Padahal Bapertarum yang didirikan tahun 1994 berdasar Kepres No 46/1994, sesuai dengan namanya Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil, mempunyai fungsi mulia, yaitu untuk memenuhi kebutuhan rumah untuk PNS/ASN. Apalagi melihat  latar belakang didirikannya sebagai berikut :

BACA JUGA :   FLPP Pindah ke Dana Tapera, Apa Cerita MBR Informal dan PP DPP?

  1. Sebagai upaya meningkatkan Kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil untuk memenuhi rumah yang layak.
  2. Terbatasnya kemampuan Pegawai Negeri Sipil untuk membayar uang muka pembelian rumah dengan dengan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR
  3. Tabungan perumahan PNS dapat membentuk dana untuk mengatasi kendala tersebut, yang merupakan kegotong royongan diantara PNS dalam upaya peningkatan kesejahteraan.

Langkah langkah Bapertarum yang pernah dilakukan diantaranya :

  1. Bantuan Membangun (BM), yaitu bantuan membangun bagi PNS yang membangun rumah di tanah sendiri dan besarannya sebagai berikut :
  2. Untuk PNS Gol I sebesar Rp 1.200.000
  3. Untuk PNS Gol II sebesar Rp 1.500.000
  4. Untuk PNS Gol III sebesar Rp 1.800.000
  5. Bantuan Uang Muka , bantuan ini merupakan pinjaman dengan bunga rendah, dengan besaran sebagai berikut :
  6. Untuk PNS Gol I sebesar Rp 13.800.000
  7. Untuk PNS Gol II sebesar Rp 13.500.000
  8. Untuk PNS Hol III sebesar Rp 13.300.000
BACA JUGA :   Pembangunan Bendungan Dorong Pemulihan Ekonomi Pasca COVID-19

UU TAPERA diundangkan tanggal 24 Maret 2016, sudah berjalan 3 tahun lebih, selama ini siapa yang memenuhi kebutuhan rumah bagi ASN ? Apakah para ASN tidak merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan rumah ? Berdasar pengamatan, MBR dari TNI POLRI maupun ASN mempunyai kesulitan yang tidak jauh beda.

Sambil menunggu berlakunya UU TAPERA, dikalangan TNI POLRI ada cara untuk memenuhi kebutuhan Rumah untuk Prajuritnya.  Disana selain YKPP (Yayasan Kesejahteraan Perumahan Prajurit) ada TWP.   TWP singkatan dari Tabungan Wajib Perumahan, ada di semua Matra baik dari TNI AD, TNI AL, TNI AU maupun POLRI.

BACA JUGA :   Sindunegaren Palace Yogyakarta Mulai Dibangun

Sesuai telegram Panglima TNI No ST/108/2018 tanggal 30 Januari 2018 tentang Peningkatan Kesejahteraan Prajurit dan PNS TNI di bidang Perumahan, baik TNI AD, AL maupun AU berlomba untuk memberdayakan KPR TWP.  Di TNI AD siap membangun 10.000 unit rumah pertahun, AL sekitar 2.000 unit dan AU sekitar 1.000 unit.  Bahkan untuk TNI AU dalam Program tahun 2018 yang dimulai bulan April, menurunkan bunga KPR TWP yang semula 5 % menjadi cuma 3%.

Bagaimana dengan ASN yang semula ditangani Bapertarum ? Tidak kah membuat terobosan seperti TNI dan POLRI ? Mau menunggu BP TAPERA ? Dalam UU TAPERA dalam pasal 75 menyebutkan bahwa Komite TAPERA terbentuk 3 bulan setelah diundangkan dan Komisioner dan Deputy Komisioner BP TAPERA terbentuk 6 bulan setelah Komite TAPERA terbentuk. Namun pada kenyataannya baru tanggal 29 Maret  2019, Pengurus BP TAPERA baru dilantik Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan.

BACA JUGA :   Pergeseran Perilaku Konsumen di Masa Pandemi Covid-19

Dari Komisioner BP TAPERA yang baru lama dilantik menyebutkan bahwa mulai 1 Januari 2020 BP TAPERA baru mulai beroperasi. Semoga operasional BP TAPERA tidak mundur lagi, sehingga para MBR ASN tidak terlalu lama merasa tidak mempunyai wadah untuk nendapat kemudahan dalam memenuhi kebutuhan dibidang perumahan .. Aamiin

Penulis : Marsda Purn Tumiyo
Pemerhati Kebutuhan Rumah MBR

Check Also

sholat ied

Kementerian PUPR Salurkan 95 Hewan Kurban ke 12 Provinsi

SEKITAR KITA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan hewan kurban berupa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link