Saturday , October 31 2020
Home / Breaking News / Agung Podomoro Bantah Isu Pusat Perbelanjaan Central Park Akan Dijual

Agung Podomoro Bantah Isu Pusat Perbelanjaan Central Park Akan Dijual

Centrl Park
Pusat perbelanjaan Central Park (CP) milik Agung Podomoro Land. (poto id.wikipedia.org)

PROPERTI – PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) membantah isu yang beredar mengenai rencana perseroan menjual pusat perbelanjaan Central Park (CP), senilai Rp 6 triliun. APLN lalu menyatakan sebagai perusahaan yang melantai di pasar modal, bakal menyampaikan informasi dari setiap rencana aksi korporasi.

“Wah, saya baru tahu ini,” ujar Direktur APLN Agung Wirajaya, pada propertynbank.com, Sabtu (18/07). Sebagai perusahaan terbuka dengan kode emiten APLN ini, tentu memiliki kewajiban untuk menginformasikan hal-hal material kepada publik apabila hal tersebut sudah merupakan hal atau data yang faktual dan valid.

BACA JUGA :   REI Banten Dan Indihome Canangkan 100.000 Rumah

“Sebaliknya, kami tidak akan menanggapi atau mengomentari atau menyediakan atau menyampaikan informasi, terkait suatu hal atau data atau transaksi, yang tidak faktual dan valid,” jelas Agung. Kabar dijualnya CP ini pun juga diperbincangkan dikalangan agen properti, seperti diungkap salah seorang broker properti.

Agen properti itu menyatakan isu penjualan CP marak diperbincangkan bahkan disandingkan dengan isu penjualan Mall Taman Anggrek (TA). Namun ia merasa janggal, karena hingga saat ini, CP tak juga laku dilepas. Padahal, isu ini sudah terdengar jauh sebelum pandemi Covid-19 bergulir.

BACA JUGA :   Sinar Mas Land Paparkan Digital Hub Kepada Jokowi

“Isu ini sudah beredar luas dikalangan broker. Tetapi menurut saya kok ada yang janggal, sekalipun isu ini benar. CP yang mau dijual senilai Rp 6 triliun, malah belum laku. Padahal antara TA vs CP, segmen pasarnya lebih bagus CP, luasnya bersaing dan berada di satu deret satu jalan. Usia bangunan CP malah lebih baru,” terang agen properti tersebut.

Ia menyebut bila kedua Mall, akan ditawarkan proses jual strata title, bukan berdiri sendiri seperti Mall lainya. Sejatinya, ini bukan kali pertama CP dikabarkan akan dijual. Hal serupa pernah terjadi pada medio September 2019 lalu.

BACA JUGA :   Kelola Azalea Suites, Pudjiadi Gandeng Taisei

Kabar penjualan Central Park dan Senyan City ramai dikaitan dengan rencana pelunasan utang perseroan yang dianggap berisiko gagal bayar. Terkait kredit sindikasi dari enam bank (Bank BNP Paribas Indonesia, Bank DBS Indonesia, Standard Chartered Bank Jakarta Branch, Bank Mandiri, Bank Shinhan Indonesia, dan Bank Permata).

Namun, APLN akhirnya mendapat pendanaan dengan total Rp 2,59 triliun, pada akhir September 2019 untuk melunasi sejumlah utang jangka pendeknya. Pendanaan itu berasal dari suntikan dana pemegang saham melalui skema rights issue dan fasilitas pinjaman luar negeri.

BACA JUGA :   Agen Properti Antusias Pasarkan Logios Depok

Selain itu, perusahaan properti ini menandatangani nota perjanjian fasilitas pinjaman dengan Credit Opportunities II Pte. Limited, sebagai kreditur. Dan kreditur setuju memberi kucuran pinjaman dengan jumlah pokok maksimal sebesar US$ 127 juta atau setara Rp 1,79 triliun (kurs: Rp 14.165/dolar).

Pinjaman yang memiliki jangka waktu selama 18 bulan ke depan tersebut, memiliki jaminan berupa aset yaitu Apartemen dan Mall Central Park. Ada pun, nilai aset dari Central Park ditaksir mencapai Rp 6,3 triliun.

BACA JUGA :   Hari Habitat Dunia 2020, Jokowi : Momentum Refleksi Tata Kelola Perkotaan

Seiring kepastian pembayaran utang yang jatuh tempo akhir September 2020 serta percepatan pelunasan obligasi yang disetujui dalam rapat umum pemegang obligasi (RUPO) pada Rabu (25/09) dan Kamis (26/09), Agung Podomoro Land pun terhindar dari risiko gagal bayar utang (default) seperti yang diberitakan sebelumnya.

Pada dasarnya, properti yang dimiliki APLN tak hanya Central Park, yang berada di kawasan Jakarta Barat. Melansir laporan keuangan perusahaan, berikut adalah daftar properti perusahaan milik APLN :

  1. Podomoro City Deli Medan
  2. Harco Glodok
  3. The Pakubuwono Spring
  4. Podomoro Golf View
  5. Vimala Hills
  6. Borneo Bay Residence
  7. Orchard Park Batam
  8. Plaza Kenari Mas
  9. SOHO @Pancoran
  10. Grand Madison
  11. The Plaza Balikpapan
  12. Metro Park Residence
  13. Central Park
  14. Green Bay.
  15. SOHO @ Podomoro City
  16. Green Permata
  17. Gand Taruma Karawang
  18. Madison Park
  19. The Lavande
  20. Gading Nias
  21. Parahyangan Residences
  22. Royal Mediterania Garden

(Artha Tidar)

Check Also

perkantoran

Kepailitan Rugikan Semua Pihak di Sektor Properti, REI Minta Aturannya Direlaksasi

PROPERTI – Pandemi Covid-19 yang kini melanda, merupakan bencana nasional non-alam dan tergolong dalam kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link