Sunday , November 29 2020
Home / Breaking News / Aktifitas Lebih Banyak Dilakukan Di Rumah, Pandemi Pengaruhi Desain Hunian

Aktifitas Lebih Banyak Dilakukan Di Rumah, Pandemi Pengaruhi Desain Hunian

Waterfall by Crown Group
Waterfall by Crown Group yang sudah mengaplikasikan hunian sehat

PROPERTI – Pemerintah dan pelaku industri pengembangan hunian dihimbau untuk memikirkan kembali standar desain bangunan, agar dapat mendorong kesejahteraan fisik dan mental lebih baik pasca-Covid-19.

Himbauan tersebut diserukan oleh Crown Group, perusahaan pengembang yang sangat populer di Australia saat ini. Komisaris dan CEO Crown Group, Iwan Sunito, mengatakan pandemi telah memaksa banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, sehingga menciptakan kebutuhan yang lebih mendesak atas rancangan agar lebih mendorong rasa tenang, relaksasi, dan produktivitas.

BACA JUGA :   Vastuhome Hadirkan Koleksi Zanotta Terbaru

“Banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan belajar dari rumah, menyekolahkan anak-anak mereka di rumah dan berolahraga serta berekreasi. Mereka yang tinggal di hunian yang dirancang dengan baik akan menawarkan banyak ruang hidup dan kerja, akses ke taman dan udara segar, serta fasilitas seperti area bermain, fasilitas kebugaran, dan ruang musik, akan jauh lebih mampu menyesuaikan diri dengan gaya hidup yang baru ini,” ujar Iwan dalam keterangan tertulis.

Pandemi, kata Iwan, memaksa pemikiran ulang atas desain rumah dan apartemen sehingga semua penghuni dapat merasa aman, santai, dan terhubung secara sosial saat berada di rumah. “Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik di seluruh dunia. Industri perhotelan sangat fokus pada kesehatan; industri perumahan juga perlu melakukannya. Ini bukan hanya tentang bangunan yang berkelanjutan tetapi gaya hidup berkelanjutan,” ungkap Iwan.

BACA JUGA :   Wisata ke Kepulauan Seribu, Satu Dari Program 10 Bali baru Di Indonesia

Iwan menguraikan, salah satu langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengembang dan desainer adalah membawa alam ke dalam bangunan – tanaman hijau, air, cahaya alami dan udara segar. Penelitian telah membuktikan bahwa berada di antara alam dapat meningkatkan suasana hati dan bahkan kecerdasan.

University of Minnesota, telah mempelajari pengaruh alam terhadap ketenangan pikiran masyarakat di departemen biofisiknya. Penelitian mereka membuktikan bahwa alam membuat orang merasa lebih selaras dengan diri mereka sendiri dan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan, memulihkan, dan menghubungkan indivdu,” urai Iwan.

Dirinya mencontohkan, Crown Group selalu mendesain apartemen dengan fasilitas khas bergaya resor, untuk menyediakan lingkungan yang santai dan sehat bagi penghuninya. Suatu pendekatan yang ternyata akan sesuai dengan kebutuhan di Dunia pasca pandemi.

BACA JUGA :   Hingga Mei, Program Satu Juta Rumah Sudah Mencapai 335 Ribu Unit

Salah satunya adalah Waterfall by Crown Group di Waterloo yang telah menjadi model yang ideal untuk desain biofilik, koridor terbuka ke elemen yang membiarkan udara segar masuk serta balkon di setiap apartemen. Banyak ruang luar bagi penghuni untuk bersantai termasuk taman tropis seluas 2,600 meter persegi dengan lebih dari 7,000 tanaman di dinding hijau vertikal saja.

“Di proyek itu ada air terjun buatan manusia tertinggi di Australia setinggi 22 meter yang menciptakan suara air yang menenangkan. Proyek hunian kami cenderung mengarah pada gaya hidup sehat, dengan taman yang melimpah dan fitur air, serta balkon dan halaman yang luas bagi para penghuni untuk menikmati udara segar,” katanya.

Sementara itu, Director of City Strategy and Place Urbis, Michael Stott, mengatakan pandemi akan menyebabkan permintaan yang lebih besar untuk ruang hidup dengan zona yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi pekerjaan dari rumah dan area umum bersama, akses ke alam, alam terbuka dan cahaya alami.

BACA JUGA :   Tampil Bersama Ilham A.Habibie, Iwan Sunito Bius Ratusan Peserta

“Apa yang mungkin akan berubah saat kita bergerak melalui virus corona dan keadaan menjadi normal baru, adalah di mana orang memilih untuk hidup akan menjadi yang nomor dua dibandingkan bagaimana mereka ingin hunian mereka berfungsi,” ujar Stott. Urbis adalah firma konsultan interdisipliner yang menawarkan jasa dalam perencanaan, desain, properti, perencanaan sosial, ekonomi dan penelitian.

Check Also

Intiland Luncurkan Klaster DUO di Talaga Bestari, Harga Mulai Rp 700 jutaan

PERUMAHAN – PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) berkolaborasi dengan PT Quanta Land Indonesia (Quanta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link