Wednesday , October 28 2020
Home / Nasional / Ekonomi / Arwana Keramik Luncurkan Motif Baru

Arwana Keramik Luncurkan Motif Baru

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) akan mengeluarkan produk keramik motif baru berlabel Uno.  Target pasar Uno sendiri adalah untuk segmen menengah keatas. Edy Suyanto selaku Direktur Arwana Citramulia mengatakan, harga jual Uno di banderol sebesar Rp 120 ribu/m2. Selain itu, pihaknya juga akan menaikkan harga penjualan sebesar 5 % – 7 % pada tahun ini. Hal ini terpaksa dilakukan Arwana akibat naiknya beban produksi. Seperti, kenaikan upah minimum pekerja dan juga kenaikan tarif dasar listrik.
Penjualan Arwana dikuasai pasar domestik yakni sebesar 98 %. Saat ini Arwana telah memiliki 46 distributor yang tersebar di seluruh Nusantara. Realisasi penjualan PT Arwana Citra Mulia Tbk (ARNA) tahun 2013 naik 11,4 % dari tahun sebelumnya.  Pertumbuhan laba bersih tahun 2013 merupakan kinerja yang sangat memuaskan walaupun kondisi ekonomi makro di Indonesia kurang kondusif. Terutama akibat dari melemahnya nilai tukar rupiah yang mencapai 26 % selama semester kedua tahun 2013.
Rudy Sujanto, Chief Financial Officer Arwana mengatakan “Peningkatan laba bersih ini terjadi lantaran  kami melakukan peningkatan pendapatan penjualan, penghematan biaya produksi  dan mempercepat pembayaran kredit”.
Perseroan berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 235,16 miliar pada tahun 2013. Artinya, perolehan laba bersih tahun 2013 bertumbuh sebanyak 50,2 % dibandingkan tahun 2012 yang hanya sebesar Rp 156,46 miliar. Margin laba bersih tahun 2013 tercatat sebesar 17 % naik 3 % dari tahun 2012.
Pada tahun ini Arwana akan membangun pabrik baru di Mojokerto, Jawa Timur. Setelah sebelumnya  membangun pabrik baru di Palembang. Tujuan dari pembangunan pabrik baru tersebut adalah untuk menekan biaya distribusi. Rencananya , anggaran pada tahun ini akan di alokasikan sebesar 300 miliar untuk pembangunan pabrik baru tersebut. Pembangunan diprediksi akan selesai pada semester kedua tahun 2015 nanti. Adapun nilai investasi pabrik baru di Mojokerto nanti diperkirakan sekitar 500 miliar. “Karakteristik mesin di pabrik baru berbeda. Sebagian besar keramik dinding yang akan di produksi disana,”ungkap Rudy. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi keramik sebesar 8 juta hingga 9 juta keramik.
Tandean Rustandy, Direktur Utama Arwana Citramulia menjelaskan, mereka membidik penjualan tahun ini bisa melonjak sebesar 22 % menjadi Rp 1,72 triliun. Selanjutnya , ia memprediksi perolehan laba bersih akhir tahun ini adalah sebesar Rp 296 miliar. Naik sebesar 26 % dari tahun 2013 lalu. Adapun strategi yang dilakukan untuk mencapai target ini adalah dengan memberikan inovasi  dan penyesuaian harga jual.  
Pertumbuhan kinerja operasional dan keuangan yang bersinambungan ini meningkatkan keyakinan Perseroan untuk mempertahankan dan memperbaiki kinerja. Selain itu juga Arwana secara konsisten menjalani strategi pertumbuhan kapasitas produksi yang berfilosofi industri hijau.

Check Also

BI Pangkas Lagi Suku Bunga Acuan, Analis : Sektor Properti Jadi Menarik

EKONOMI – Bank Indonesia (BI) kembali memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link