Monday , August 10 2020
Home / Apa Kabar / Bersatu Hadapi Corona, Jurus Ampuh Tiga C Melawan Pandemi Covid-19

Bersatu Hadapi Corona, Jurus Ampuh Tiga C Melawan Pandemi Covid-19

Cover Majalah Property&Bank edisi 170, April 2020

APA KABAR – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, pembaca yang mulia. Semoga kehadiran kami menghampiri ruang baca Anda di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Work From Home (WFH) bisa menjadi inspirasi dan motivasi. Menemani keseharian Anda untuk tetap beraktifitas, mencari ide keluar dari jeratan masalah bahkan tetap semangat untuk maju.

Pembaca. Tak dapat dipungkiri, kondisi ekonomi Indonesia bahkan dunia yang tengah dihajar wabah Covid-19 saat ini kian melemah. Hasil survey menyebutkan, 96% pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengaku mengalami dampak negatif Covid – 19. Sebanyak 75% diantaranya mengalami dampak penurunan penjualan yang signifikan. Bahkan 51% pelaku UKM yang hanya akan bertahan 1 bulan hingga 3 bulan ke depan. Sekitar 67% pelaku UKM mengalami ketidakpastian dalam memperoleh akses dana darurat, dan 75% merasa tidak mengerti bagaimana membuat kebijakan di masa krisis. Sementara, hanya 13% pelaku UKM yakin bahwa mereka memiliki rencana penanganan krisis dan menemukan solusi untuk mempertahankan bisnis mereka.

Hal yang sama juga dialami pebisnis papan atas, tentunya dengan kondisi yang berbeda. Pasalnya, krisis kali ini langsung berganda, wabah yang membuat ruang gerak usaha dibatasi, ditambah dampaknya yang terbentang di depan mata. Tak sedikit yang mulai dibayang-bayangi kemunduran bahkan penutupan bisnis. Sejumlah hotel berhenti operasi tanpa tamu. Pusat belanja hanya beroperasi dari tenant tertentu dan sebagian juga tutup. Pusat perkantoran sepi diwajibkan WFH. Pemasaran properti mencapai titik terendah. Dunia seakan berhenti berputar.

Namun, tidak semua yang menyerah dengan kondisi ini. Pengembang, pengelola perbankan, kantor agen dan produsen bahan bangunan yang sempat dihubungi redaksi media ini tak sedikit punya semangat pantang menyerah. Berbagai upaya dan strategi baru untuk bisa survive melawan Corona, juga dilakukan. Ada yang mencoba tetap berjualan dengan mengunakan alat promosi media digital. Atau beragam cara lainnya.

Redaksi merangkum sejumlah strategi yang dilakukan pengembang, perbankan, agen properti serta produsen material building dalam menyikapi kondisi ini agar tetap bertahan dan bisa berjalan. Ternyata, selalu ada peluang di tengah kesempitan. Sejumlah krisis yang pernah menghampiri negeri ini membuktikan. Banyak muncul wajah dan perusahaan baru bermunculan. Mereka justru lahir dalam krisis.

Saat ini, pengembang apps di industri properti dan pengelola media digital kini mendadak jadi tumpuan harapan. Di tengah keterbatasan gerak dan dipangkasnya bujet promosi, kehadiran apps  dan media digital ibarat oase di tengah wabah. Mereka tetap bisa memproduksi ide dan melakukan  branding, lalu hanya mengeluarkan biaya lebih efisien namun eksposure lebih besar. Apps Projek  dan StarHome/StarSales misalnya yang kini jadi teknologi informasi paling banyak diakses oleh pengembang dan agen properti untuk tetap promosi dan jualan.

Andy K.Natanael, CEO dan Founder Toko Properti Projek punya jurus pamungkas bagi pelaku bisnis dalam industri properti, selain dari memaksimalkan jualan dan sosialisasi menggunakan media digital. “Kita perlu ganti jurus saat ini dan kedepan menghadapi kondisi saat ini. Kita harus gunakan jurus 3C.”  katanya. Seperti apa jurus pamungkas yang disebut profesional properti ini? Simak laporan utama  Majalah Property&Bank edisi khusus Covid-19 ini. Salam tetap semangat. Bersatu Melawan Corona.

Pemimpin Redaksi Property&Bank
Ir. H. Indra Utama

Check Also

rumah khusus

Pengembang Minta Relaksasi, Bank Tegaskan Tidak Ada Pengetatan KPR

BERITA UTAMA – Indonesia masih berpeluang untuk mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif di tengah pertumbuhan ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link