Tuesday , September 29 2020
Home / Keuangan & Perbankan / BNI Akan Terbitkan Sukuk Rp 500 Miliar Tahun Ini

BNI Akan Terbitkan Sukuk Rp 500 Miliar Tahun Ini

large_bni_syariah-ptbPerbankan – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, induk usaha PT Bank BNI Syariah menyatakan BNI Syariah akan menerbitkan sukuk pada tahun ini untuk mendukung ekspansi pembiayaan. Diakui Presiden Direktur BNI Syariah, Dinno Indiano, besar sukuk yang akan diterbitkan masih dikaji, tapi kemungkinan sekitar Rp 500 miliar.

“Untuk besaran sukuk yang akan diterbitkan setidaknya up to Rp 500 miliar. Kami berharap di semester satu bisa diterbitkan agar bisa menggunakan laporan keuangan 2014,” ujar Dinno di Gedung BNI Syariah, Jakarta, Sabtu (31/1).

Direktur Bisnis BNI Syariah, Imam Teguh Saptono mengungkapkan untuk mengatasi kesenjangan likuditas (liquidity mismatch) BNI Syariah berencana menerbitkan sukuk. Karena sukuk yang diterbitkan adalah sukuk senior maka tidak memengaruhi modal.

“Sukuk yang akan kami terbitkan adalah sukuk senior dan bukan sub debt. Jadi dimaksudkan untuk menambah kemampuan ekspansi sama perbaiki mismatch pembiayaan,” jelas Imam.

Terlebih akan ada peraturan BI dimana dana dari sukuk bisa diakui sebagai perhitungan rasio pembiayaan terhadap modal (FDR). Ini menarik bagi perbankan untuk menvariasikan sumber dananya dan tenornya lebih panjang.

Lebih lanjut Imam menambahkan, penerbitan sukuk ini merupakan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) pertama bagi BNI Syariah. “Jadi tujuan penerbitan sukuk ini adalah untuk market profiling, likuiditas, dan maturity mismatch dan juga penambah aset,” ujar Imam.

Sementara untuk rasio pembiayaan bermasalah (NPF) 1,86 tanpa hapus buku pada 2014 masih bagus dan 2015 BNI Syariah berupaya dipertahankan NPF tetap di bawah dua persen.

Check Also

BTPN

Mudahkan Pelaku Usaha Jalankan Bisnis, BTPN Fokus Kembangkan Jenius

KEUANGAN – Kalangan milenial yang pada umumnya lebih senang membuka bisnis sendiri, sangat terbantu dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 173

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
cover majalah
close-link