Home / Indeks Berita / Dinilai Tingkatkan Perekonomian, Warga Borobudur Dukung Sarhunta

Dinilai Tingkatkan Perekonomian, Warga Borobudur Dukung Sarhunta

Kawasan Starategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur

PROPERTI – Pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kawasan Starategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur mendapat dukungan dari warga setempat. Program Sarhunta selain dapat meningkatkan kualitas rumah menjadi lebih layak huni juga sekaligus mendorong perekonomian karena bisa menyewakan homestay bagi para wisatawan yang berkunjung ke Borobudur.

“Kami sangat mendukung Program Sarhunta Kementerian PUPR yang dibangun di sekitar kawasan wsiata Borobudur,” ujar warga Dusun Kurahan, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Suripto, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :   Marak Kasus Kepailitan, Pakar Hukum : Awas ! Ada Oknum Yang Manfaatkan Situasi

Menurut Suripto, untuk mendapatkan bantuan tersebut warga dapat menghubungi Pemerintah Kabupaten Magelang maupun Kantor Perwakilan Kementerian PUPR yang mengurus Program Sarhunta di kawasan sekitar Borobudur. Setelah mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan dan diverifikasi petugas lapangan nantinya akan ditetapkan apakah warga berhak menerima bantuan tersebut atau tidak.

“Proses pengajuannya mudah dan tidak sulit. Nanti aka nada pendampingan dari petugas Kementerian PUPR dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program Sarhunta mulai dari perencanaan, desain rumah serta pembangunan rumah,” terangnya.

BACA JUGA :   Sewa Apartemen Via Online, Intip Kamar Lewat Fitur Kamera 360

Lebih lanjut, Suripto menerangkan, dirinya mendapatkan bantuan sebesar Rp 87 juta dan swadaya mandiri sekitar Rp 20 juta. Dana tersebut digunakan untuk membangun rumah serta membuat dua kamar homestay beserta fasilitas pendukungnya.

Pekerja sedang menyelesaikan unit Sarhunta di Borobudur

“Program Sarhunta ini sangat manfaat dan masyarakat bisa membangun homestay yang lokasinya dekat dengan zona wisata sehingga para wisatawan atau tamu yang berkunjung ke Borobudur tidak perlu mencari penginapan karena bisa menginap di sini dengan harga sewa yang terjangkau,” terangnya.

Hal senada disampaikan, Supiyanto pemilik Shopie Galery yang berada tidak jauh dari kawadan Candi Borobudur. Menurutnya Program sarhunta secara tidak langsung juga mendukung perekonomian masyarakat Borobudur.

BACA JUGA :   Jadi Akses Bandara Kertajati, Tol Cisumdawu Ditargetkan Rampung Akhir 2020

Lebih lanjut, Supiyanto menerangkan, dirinya sejak tahun 1994 fokus membuat kerajian bambu Gombong dan dijadikan gambar burung, candi Borobudur, kaligrafi, dan  mendukung perkembangan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan Magelang.

“Saya sangat senang karena dulunya hanya ikut orang untuk bekerja, rumah saya juga dulu ya seadanya. Sejak dapat Program Sarhunta sekarang saya punya galeri untuk memaerkan hasil kerajinan bambu ini,” tandasnya.

BACA JUGA :   HUT Ke 4, Bethsaida Gelar Rangkaian Kegiatan

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, Kementerian PUPR melaksanakan Program Sarhunta sebanyak 785 unit di KSPN Borobudur. Program Sarhunta terdiri dari dua jenis yakni Peningkatan Kualitas Rumah dengan fungsi homestay dan usaha pariwisata lainnya sebanyak 385 unit dan Peningkatan Kualitas Rumah Tanpa Fungsi Usaha sebanyak 400 unit.

“Berdasarkan Instruksi Dirjen Perumahan jumlah dana bantuan yang disalurkan bervariasi mulai Rp 35 juta untuk perbaikan rumah tanpa fungsi usaha dan Rp 115 juta untuk perbaikan dan pengembangan rumah dengan fungsi usaha. Kami harap Program Sarhunta ini bisa membawa banyak manfaat untuk masyarakat Borobudur,” harapnya.

Check Also

Enam Jenis Aplikasi Ini Wajib Ada di Ponsel Kaum Milenial, Apa Saja?

TEKNOLOGI – Selain untuk berkomunikasi guna memudahkan kehidupan sehari-hari hingga bekerja, smartphone juga bisa menunjang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 179

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link