Saturday , December 5 2020
Home / Breaking News / Diresmikan Menhub Budi Karya, JR Connexion Dukung Konsep TOD di Jababeka

Diresmikan Menhub Budi Karya, JR Connexion Dukung Konsep TOD di Jababeka

Jababeka
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Presiden Direktur Jababeka Residence Sutedja S. Darmono saat peresmian JR Connexion di Jababeka

PROPERTI Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Minggu (18/10) lalu meresmikan JR Connexion di Hollywood Junction Jababeka. Peresmian salah satu moda transportasi yang dinilai efektif dan lebih efisien dibanding menggunakan mobil pribadi itu, merupakan bentuk komitmen Jababeka Residence sebagai kawasan yang didukung oleh konsep Transit Oriented Development (TOD).

Usai peresmian, Budi Karya Sumadi mengatakan, public transport sangat dibutuhkan guna menunjang kegiatan masyarakat. Dirinya menambahkan dengan adanya kesiapan fasilitas yang ada, dapat mendukung terciptanya transportasi multimoda ramah lingkungan. Budi Karya melakukan kunjungan kerja ke Jababeka dan meresmikan JR Connexion dengan membawa sepeda lipat.

BACA JUGA :   Bangun Properti Berkonsep TOD, Pemerintah Perlu Dukungan Swasta

“TOD City Jababeka memiliki konsep yang baik dan bagus sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan penggunaan transportasi publik ditengah kehidupan masyarakat. Hal ini didukung juga dengan pengesahan kota Jababeka sebagai salah satu Kawasan Strategis Nasional oleh pemerintah pusat dan memiliki prioritas dalam pengembangan tata ruang,” jelas Budi Karya.

Jabodetabek Residence Connexion atau JR Connexion merupakan layanan angkutan umum massal berbasis bus point to point yang mendekati pemukiman. Dengan fasilitas ini diharapkan akan mendorong warga di pemukiman tersebut untuk memilih menggunakan angkutan umum massal daripada kendaraan pribadi.

BACA JUGA :   Resmi, Jababeka Residence Luncurkan Logo Baru

Konsep ini diluncurkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan sejak tahun 2017 dan dikembangkan oleh developer sebagai alternatif angkutan umum massal di semua kawasan pengembang di Jabodetabek. Di Jababeka, pengelolaan transportasi ini dilakukan melalui kerjasama dengan sejumlah operator bus seperti PPD dan Sinarjaya.

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti menjelaskan, moda transportasi yang terintegrasi ini memberi peranan penting dari pengembangan suatu kawasan, dimana akan mempermudah mobilitas masyarakat dalam kesehariannya. Polana berharap, JR Connexion di Jababeka akan memberikan layanan yang optimal dan berstandarisasi sehingga masyarakat dapat merasa nyaman. “Pada akhirnya masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum massal,” ungkap Polana.

JR Connexion Jababeka akan melengkapi layanan angkutan umum massal berbasis bus lainnya yang sebelumnya sudah tersedia di Hollywood Junction yaitu Jabodetabek Airport (JA) Connexion dengan operator Perum Damri serta layanan shuttle Bus Jababeka – Bandung dengan operator PT Primajasa. JR Connexion dengan bus PPD akan melayani perjalanan Hollywood Junction Jababeka – Blok M dan Hollywood Junction – Jakarta Kota, sedangkan JRC dengan Bus Sinarjaya memiliki rute Hollywood Junction Jababeka – Mangga Dua – Ancol.

BACA JUGA :   Apartemen Di LRT City Sentul Mulai Di Bangun

Yang menarik, JR Connexion Jababeka menghadirkan berbagai fitur seperti fasilitas bagasi gratis bagi penumpang yang membawa sepeda lipat, free WIFI, dan Charging Dock disetiap tempat duduknya. Selain itu, juga tersedia pembayaran tanpa uang tunai, yakni dengan uang elektronik seperti E-money atau QR Payment dengan memindai barcode atau QR code yang ada.

Presiden Direktur Jababeka Residence Sutedja S. Darmono menyatakan, sangat menyambut positif adanya kerjasama ini. Hadirnya JR Connexion di Jababeka, kata dia, menjadi suatu langkah awal nyata dari Jababeka dalam mewujudkan pengembangan kota berbasis TOD yang mengedepankan pemanfaatan kawasan transit transportasi publik secara optimal. JR Connexion ini kata dia, akan memudahkan masyarakat sekitar Jababeka dalam melakukan perjalanan secara reguler.

BACA JUGA :   Teknologi Konstruksi Bahan Bangunan Dalam Pengembangan TOD

“Kami berharap hal ini bisa terus menjalin kerja sama dan bersinergi dengan Kemenhub dan Pemerintah Daerah Bekasi untuk meningkatkan mutu layanan transportasi. “Inilah yang disebut dengan sinergitas nyata, dimana kami memiliki tujuan yang sama dalam memajukan perekonomian negara dan memberi manfaat bagi banyak orang,” urai Sutedja.

Ditegaskan Sutedja, seluruh perencanaan yang telah dipersiapkan oleh Jababeka bukanlah suatu kebetulan belaka, melainkan telah melalui suatu rangkaian proses kerja keras, analisa secara teliti, inovasi dan kreativitas Jababeka dalam menyelaraskan perencanaan dengan program pemerintah. Dirinya yakin Kota Jababeka akan menjadi TOD Center bagi Koridor Timur Jakarta dan sekitarnya.

BACA JUGA :   Alfaland Gelar Program CSR Daur Ulang Sikat Gigi Bekas Jadi Meja Lipat

Sutedja menerangkan, pengembangan Kota Jababeka didukung oleh sejumlah pembangunan masif dari infrastruktur transportasi di Koridor Timur Jakarta yang mengarah ke Kota Jababeka. Sedikitnya terdapat lebih dari 10 pengembangan infrastruktur yang mengarah ke kawasan koridor Timur Jakarta. Begitu juga feeder bus yang sangat memudahkan masyarakat sekitar baik ke Bandung maupun Jakarta.

Check Also

Hadiri Rakernas, Wapres Puji Konsistensi REI Bangun Rumah MBR

NASIONAL – Hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Realestat Indonesia (REI) tahun 2020 secara daring …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link