Home / Breaking News / Efek Rencana New Normal, Kinerja Saham Emiten Properti Meningkat

Efek Rencana New Normal, Kinerja Saham Emiten Properti Meningkat

Pasar Modal
POLL yang melantai di bursa pada Juli 2018 lalu, sahamnya sudah naik 965%.

EKONOMI – Diperkirakan saat ini, beberapa dari saham sektor properti dinilai berhasil berada dalam zona aman pada perdagangan, hal tersebut pun ditenggarai oleh sentimen rencana pembukaan beberapa pusat perbelanjaan yang tersebar di DKI Jakarta hingga Bekasi.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan penguatan saham-saham properti pada perdagangan kali ini, didukung oleh kabar kunjungan Presiden Joko Widodo ke salah satu mal milik PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA), pada Selasa (26/05/2020), di Bekasi.

BACA JUGA :   Tumiyo : Pola Merumahkan ABRI Tahun 80-an Perlu Ditiru Oleh Tapera

Sebagai informasi, Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta mencatat ada 64 mal yang siap langsung beroperasi setelah PSBB Jilid III rampung pada 4 Juni 2020. Sebanyak 60 mal di Jakarta siap buka perdana pada Jumat, 5 Juni 2020, sementara 4 lainnya pada Senin, 6 Juni 2020.

Namun, ia mengatakan pelaku pasar saat ini belum meneliti secara lebih mendasar tentang beberapa kemungkinan untuk pembukaan dari jam operasional beberapa pusat perbelanjaan.

BACA JUGA :   Hingga September 2018, Marketing Sales Sentul City Rp 813 Miliar

Alasannya karena pembukaan pusat perbelanjaan tak selalu dapat membuat kinerja keuangan emiten properti dari sisi pendapatan berulang akan berubah menjadi lebih baik. Itulah mengapa potensi dari saham-saham properti untuk kembali berbalik melemah, juga sangat besar.

Di antara saham-saham properti tersebut, Reza merekomendasikan saham SMRA, MDLN, dan PWON untuk dikoleksi untuk perdagangan ke depan. Sementara itu, Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana meyakini penguatan saham-saham properti berpotensi segera berlanjut.

BACA JUGA :   Wijaya Karya (WIKA) Realisasi Kontrak Baru Capai 55,58 %

Dengan catatan, jika di tengah penerapan normal yang baru tak membuat jumlah pasien baru Covid-19 terus menanjak. Sebab, pembukaan kembali operasional mal diyakini akan berimbas positif pada arus kas dan menjadi angin segar bagi emiten-emiten properti.

Berdasarkan data dari Bloomberg, penguatan saham-saham properti yang dipimpin oleh PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) yang terapresiasi hingga 34 persen. Hal tersebut kemudian penguatannya diikuti oleh PT Trimitra Propertindo Tbk. (LAND) yang naik 15,38 persen dan PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) sebesar 7,44 persen.

BACA JUGA :   Siap Hadapi MEA, REI DKI Jakarta Raih ISO  9001-2008

Emiten milik begawan properti Ciputra, PT Ciputra Development Tbk. (CTRA), juga mengekor dengan menguat 7,14 persen. Selain itu, PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) berhasil menguat 6,47 persen dan PT Agung Podomoro Land Tbk, (APLN) naik 5,26 persen. Sementara itu, emiten properti dengan kapitalisasi pasar terjumbo, PT Pollux Properti Indonesia Tbk. (POLL), harus parkir di zona merah dengan pelemahan 6,88 persen. (Artha Tidar)

Check Also

Loan Market Gelar Virtual Talkshow, Winners 101: The Secret of Success

PROPERTI – Loan Market Indonesia, sister-company Ray White Indonesia, yang merupakan penggagas agen jasa keuangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 178

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link