Monday , October 26 2020
Home / Indeks Berita / Equnix Business Solutions Hadirkan Sistem Data Deepgreen DB

Equnix Business Solutions Hadirkan Sistem Data Deepgreen DB

Foto : ilusttasi

Teknologi : Penggunaan sistem komputer di berbagai bidang telah menghasilkan data yang melimpah. Pengambilan berbagai keputusan penting pada perusahaan atau organisasi, bergantung pada data yang terkumpul ini. persoalannya, data berukuran besar yang dihasilkan tersebut tersebar di mana-mana sehingga menyulitkan ketika akan mengolah maupun menganalisisnya.

Untuk mengatasinya, diperlukan data warehouse alias gudang data, dimana data disini mengacu pada data transaksi. Seperti namanya, data warehouse ibarat gudang tempat penyimpanan informasi dan data umumnya transaksi yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan disimpan dalam skema terstruktur.

BACA JUGA :   AEON MALL Jakarta Garden City Mulai Dibangun

Dengan demikian, keberadaan data warehouse sangat strategis membantu dalam mengambil keputusan manajemen sebuah perusahaan atau organisasi.

Menurut Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions, penyedia jasa solusi teknologi informasi (TI) berbasis Open Source, data warehouse memungkinkan organisasi atau perusahaan bisa dengan mudah dan cepat mengambil keputusan strategis, dari analisis menyeluruh dengan set data yang besar, semakin besar set-data yang digunakan akan semakin akurat dukungannya untuk pengambilan keputusan baik strategis maupun taktis.

BACA JUGA :   PT Sentul PP Properti Luncurkan Proyek Perdana

“Keputusan penting yang diambil sebuah organisasi atau perusahaan harus berdasarkan data dan fakta. Hal ini tidak bisa dilakukan jika datanya terpencar sehingga sulit dikonsolidasi untuk membangun hubungan data dan fakta yang insightful. Data warehouse yang memiliki kemampuan Massive Parallel Processing (MPP) dan skalabilitas yang lebih fleksibel memungkinkan tercapainya hal tersebut.

“Sebagai aset, data warehouse MPP bermanfaat dalam menyediakan data dan pelaporan yang lengkap, cepat dan akurat. Memudahkan perusahaan atau organisasi memiliki pandangan secara menyeluruh terhadap bisnis mereka, serta memberi dasar justifikasi yang lengkap bagi pengambil keputusan dengan menyediakan informasi yang komprehensif  sehingga keputusan lebih akurat,” tambahnya.

BACA JUGA :   Selain Konvensional, Ada Juga Pilihan Pembiayaan KPR Berbasis Syariah Untuk FLPP

Dengan berbasis data terstruktur yang besar dan kemampuan pemrosesan data yang paralel, memanfaatkan seluruh kemampuan komputing secara efisien menghasilkan keuntungan keputusan bisnis yang strategis dan model prediksi yang akurat.

Secara nyata, manfaat penggunaan data warehouse di antaranya, dapat memahami pelanggan dengan lebih baik. Sehingga semakin besar data yang diolah maka hasilnya akan semakin akurat. Selain itu, dengan meningkatnya pelayanan pelanggan, dengan memahami kebutuhan pelanggan, maka fokus pelayanan akan lebih sesuai.

BACA JUGA :   Penjualan CTRA Naik 28% Dalam 9 Bulan

Data warehouse ini juga dapat memperbaiki kampanye iklan atau pemasaran. Sehingga sasaran kampanye lebih fokus pada kebutuhan yang paling utama. Terakhir, data warehouse ini juga mampu membuat perencanaan bisnis yang lebih baik. Dengan demikian belanja riset, pemasaran dan pengambilan langkah strategis akan lebih efektif dan efisien.

Dari analisis data yang berkualitas tentunya akan berdampak positif pada bisnis. Keputusan strategis akan berbuah manis dengan menghemat biaya dan meningkatkan pendapatan. Berdasarkan riset, perusahaan yang mengimplementasikan keputusan berdasarkan data dapat mengalami pertumbuhan rata-rata lebih dari 30% per tahun.

Deepgreen Data Warehouse

Menyoroti pentingnya data warehouse untuk berbagai jenis bisnis, PT Equnix Business Solutions menyodorkan sistem canggih dengan berbagai fungsi dan manfaat yang sudah dipaparkan di atas lewat kehadiran Deepgreen  DB.

Deepgreen DB adalah solusi data warehouse Massively Parallel Processing (MPP) dengan topologi terkluster dan sangat fleksibel, dapat memproses data sampai dengan Petabyte. Deepgreen adalah solusi kelas dunia untuk Data Warehouse yang berbasiskan Open Source dan menekan investasi yang memberatkan operasional. Memiliki kapasitas sangat besar dengan harga yang sangat terjangkau.

BACA JUGA :   Mirip Istana Disneyland, Kantor Marketing Modernland Cilejit Mulai Dibuka

Sebagai Aplikasi untuk pelaporan yang mumpuni, maka membutuhkan kemampuan proses yang berjalan paralel, mudah dikembangkan di kemudian hari, pemindaian vektor, CPU ditingkatkan kinerjanya.

“Deepgreen DB merupakan versi terbaru dari software data warehouse Greenplum DB. Versi terbaru ini 5 kali lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan analisis data yang maksimal di semua sektor industri,” kata Julyanto.

BACA JUGA :   Hadir di IIPEX 2019, Paramount Land Tawarkan Hunian dan Investasi Terbaik

Dengan menerapkan sistem data warehouse yang canggih, diharapkan sebuah perusahaan atau organisasi dapat lebih jeli dalam melihat tren dan peluang pasar. Dukungan sistem yang canggih akan mendorong sebuah bisnis lebih cepat mengambil keputusan strategis yang berbuah manis dengan mendorong kemampuan untuk melampaui para pesaingnya.

Check Also

Peminat Rumah DP Rp 0 Tinggi, DPRD : Bangunan Rampung, Kok Penghuni Sepi

PROPERTI – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta menyebut peminat hunian dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link