Monday , September 28 2020
Home / Indeks Berita / Evaluasi OLX : Rumah Tapak Murah Paling Dicari, Bandung Paling Diminati

Evaluasi OLX : Rumah Tapak Murah Paling Dicari, Bandung Paling Diminati

OLX
OLX menyampaikan evaluasi dan hasil survey

BERITA PROPERTI – Platform jual beli daring (online) OLX Indonesia mengungkapkan jika rumah tapak murah adalah properti paling yang banyak dicari konsumen. Hal ini disampaikan terkait hasil evaluasinya terhadap aktivitas iklan jual-beli-sewa property, melalui market place itu, di Jakarta, pada Selasa (26/11).

“Rumah murah yang paling banyak dicari adalah rumah tapak (landed house) satu lantai tipe 40-60 m2 di atas kaveling 60-80 m2. Sedangkan apartemen yang paling banyak dicari unit tipe 20-40 m2 di lantai 8-10.,” ujar Ignasius “Igna” Ryan Hasim, Head of Real Estate OLX Indonesia, didampingi Chief Commercial Officer, Agung Iskandar.

BACA JUGA :   Diserahkan ke Wagub, REI DKI Salurkan Bantuan Untuk Warga Jakarta

Menurut Igna, kata-kata kunci pencarian rumah yang paling banyak muncul di OLX saat ini adalah (berturut-turut) murah, siap huni, dekat sesuatu (sesuai preferensi masing-masing), nama klaster, desain minimalis, strategis, dan mewah.

Sedangkan untuk apartemen kata-kata kunci paling banyak muncul adalah city (nama apartemen), murah, tower, studio, cepat, full furnish, dan view. Dari mayoritas pengunjung OLX yakni 46 persen mencari rumah tapak untuk dibeli. Sementara 18 persen pengunjung mencari rumah tapak untuk disewa.

“Rumah tapak, masih menjadi primadona, sebab 46 persen dari total pencarian masih mencari rumah yang dijual. Artinya 46 persen orang masuk OLX, ingin membeli rumah,” tukasnya. Angka tersebut jauh melampaui apartemen.

Jumlah user yang mencari apartemen untuk dibeli hanya sebesar 2 persen dari total pengunjung. Sementara mereka yang masuk OLX untuk menyewa apartemen sebesar 4 persen dari total pengunjung. Igna menjelaskan, untuk rumah, pengguna kebanyakan mencari rumah dengan luas tanah 60-80 meter persegi. Sementara luas bangunan 40-60 meter persegi.

BACA JUGA :   Jadi Program Prioritas, 24 Komunitas Masyarakat Ajukan Bantuan Perumahan

“Di tengah maraknya pembangunan cluster bertingkat, ternyata rumah satu lantai masih lebih diminati pengguna OLX,” ujarnya. Untuk hunian apartemen, mayoritas pengguna melakukan pencarian terhadap sewa apartemen berukuran 20-40 meter persegi dengan satu atau dua kamar.

Menariknya, alih-alih mencari apartemen di lantai tinggi atau lantai bawah, mayoritas pengguna mencari apartemen di posisi tengah bangunan, seperti lantai 8-10. Sementara, lokasi hunian yang paling banyak dicari masih didominasi Jawa Barat (27 persen) seperti Bandung, Bekasi, dan Depok.

Lalu, disusul Jakarta (18 persen), Jawa Timur (13 persen) terutama wilayah greater Surabaya, Banten (9 persen) seperti di sekitaran Serpong, dan Jawa Tengah (7 persen) terutama wilayah Joglo Semar (Jogja, Solo, Semarang).

Igna juga menyebut jika setiap bulan dari 562 ribu iklan properti baru yang masuk ke OLX, berasal dari 84 ribu penjual, dengan rasio 83 persen di antaranya berasal dari perorangan, dan 17 persen sisianya dari broker property, yang mencapai 14.000 agen.

BACA JUGA :   Tol Cikande Dibuka, Modern Cikande Makin Prospektif

Sebagian besar (59 persen) berupa penawaran rumah, disusul tanah (27 persen), apartemen (7 persen), preoperti komersial (5 persen), dan kost (1 persen). Sekitar 90 persen berupa penawaran jual, 10 persen sewa. “Total setiap bulan iklan jual beli properti yang aktif di OLX mencapai 1,3 jutaan dengan properti yang laku mencapai 37 ribu unit senilai Rp29 triliun,” ungkapnya.

Harga rumahnya yang paling banyak dicari di kisaran Rp400–600 jutaan/unit. Agung menambahkan, secara nasional rata-rata harga properti yang banyak dicari di OLX mencapai Rp546 juta/unit, di megapolitan Jabodetabek Rp598 juta, dan di Surabaya Rp991 juta. “Jadi, di Surabaya harga rumah yang banyak ditawarkan dan dicari, justru jauh lebih tinggi daripada di Jabodetabek,” cetus Agung.

Selain evaluasi, OLX Indonesia juga menyampaikan penyelenggaraan pameran properti Properti Baru Expo oleh OLX.co.id di Pasaraya, Blok M, Jakarta Selatan, sepanjang 25 November sampai 1 Desember 2019. (Artha Tidar)

Check Also

Repower

Repower Serahkan Hadiah Program PASTI REAL Bernilai Miliaran Rupiah

PROPERTI – PT Repower Asia Indonesia Tbk, (REAL) membuktikan komitmen kepada para pemegang saham dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 173

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
cover majalah
close-link