Saturday , October 31 2020
Home / Bahan Bangunan / Gas Industri Turun Jadi US$ 6/MMBTU, ASAKI Siap Ekspansi Usai Corona

Gas Industri Turun Jadi US$ 6/MMBTU, ASAKI Siap Ekspansi Usai Corona

Kebijakan turunan Peraturan Presiden No. 40/2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi diharapkan memberi kepastikan penurunan harga gas industri. (poto by moneter.id)

BAHAN BANGUNAN – Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengapresiasi langkah pemerintah dalam implementasi penyesuaian harga gas bagi 7 sektor industri saat kondisi pandemi corona.

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto menjelaskan kebijakan ini telah dinantikan selama tiga tahun sejak penerbitan Perpres No 40 Tahun 2016. Asal tahu saja, pemerintah melalui Kementerian ESDM baru saja meneken beleid Peraturan Menteri (Permen) ESDM No.8 Tahun 2020 tentang Cara Penetapan Pengguna dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri.

BACA JUGA :   Masih Dibangun, Pembeli Vivo Sentul Untung Hingga 30 %

“Langkah yang tepat dan di saat yang tepat dimana Industri keramik sedang terpuruk karena kondisi pasar yang lemah pasca wabah Covid19 dan pelemahan Rupiah sejak awal tahun,” ujar Edy, pekan lalu. Ia menambahkan, saat ini produksi nasional industri keramik turun hingga 50% atau menjadi yang terendah selama ini.

Penyesuaian ini diharapkan meningkatkan utilisasi industri keramik. Penurunan harga gas membantu menyelamatkan industri keramik. “Utilitas produksi nasional sudah drop 45-50 persen. Dengan aturan US$ 6 per Millions British Thermal Units (MMBTU), bisa meningkatkan kembali daya saing industri keramik yang terpuruk,” ujarnya.

BACA JUGA :   Ruko D’Java Jababeka Cikarang Diserbu Peminat

Komponen harga gas memiliki porsi sebesar 30% dalam biaya produksi keramik. “Peningkatan daya saing industri keramik ini diharapkan menekan impor produk keramik China, India dan Vietnam,” jelas Chief Operating Officer (COO) PT Arwana Citramulia Tbk ini.

Bahkan Edy mengungkapkan, berdasarkan data, nilai impor pada Januari 2020 hingga Februari 2020 tercatat meningkat hingga mencapai 9% year on year. Ia menyatakan, ASAKI siap untuk melakukan ekspansi pasca meredanya pandemi corona dengan didorong oleh penyesuaian harga gas.

BACA JUGA :   IPEX 2017, Eureka Tawarkan 5 Properti Premium

Sejumlah pasar ekspor yang disasar yakni Australia dan sejumlah negara Timur Tengah. “Negara tujuan ekspor utama ASAKI adalah Malaysia, Filipina, Thailand, Korsel dan Taiwan,” beber almuni Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Namun, industri harus bersabar hingga wabah Covid-19 tuntas. Ia menyebutkan saat ini kegiatan ekspor keramik seperti ke negara tujuan utama yakni Malaysia dan Filipina terganggu karena kondisi lockdown di ke dua ncegara tersebut. Sementara itu, di dalam negeri kondisi daya beli yang lemah diperparah dengan mulai pemberlakuan PSBB.

BACA JUGA :   Jakarta Masih Favorit Para Pencari Properti

Menteri ESDM Arifin Tasrif meneken, Permen ESDM No. 8 Tahun 2020 tentang Cara Penetapan Pengguna dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri. Beleid itu merupakan pelaksanaan atas rapat terbatas (ratas) yang digelar pada 18 Maret lalu yang memutuskan penyesuaian harga gas untuk industri termasuk kebutuhan gas untuk PT PLN.

Sesuai pasal 3 ayat 1 regulasi itu, harga gas bumi tertentu di titik serah pengguna gas bumi (plant gate), sudah resmi ditetapkan sebesar USD6 per MMBTU. Harga gas diperuntukkan bagi tujuh golongan industri yakni pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet.

BACA JUGA :   Peluang di Tengah Pandemi, Buat Alat Promosi Lewat Video Menarik

Beleid tersebut telah diundangkan di Jakarta pada 6 April 2020 dan telah resmi berlaku sejak aturan tersebut diterbitkan. Penurunan harga gas industri ini berdampak pada turunnya penerimaan negara, di samping itu penyesuaian tarif pengangkutan juga akan turut membantu penyesuaian harga gas tertentu industri. (Artha Tidar)

Check Also

IKEA

Dalam Satu Tahun, IKEA Food Mampu Kurangi 31% Limbah Makanan

SEKITAR KITA – Permasalahan sampah makanan sudah menjadi isu global yang patut diperhatikan dalam beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link