Grand Mangku Putra Arcade Cilegon Hadirkan Sensasi Berburu Kuliner Ala Para Sultan

Restoran Minang Terbesar dan HeliCity

0
Grand Mangku Putra Arcade
(ki-ka) CEO Riyadh Group Indonesia Bally Saputra, Direktur Utama PT Grand Mangku Putra, Tubagus Iman Ariyadi, Direktur Pengembangan Bisnis, Sales & Marketing PT. Whitesky Avation, Ari Nurwanda dan Mantan Ketua DPD RI Irman Gusman

Propertynbank.com – PT Grand Mangku Putra (GMP) dan PT Riyadh Group Indonesia memulai penataan ulang kawasan properti terpadu (mixed use) The Grand Mangku Putra Arcade (GMPA), Cilegon, yang ditandai dengan soft opening Restoran The New Natrabu Cilegon, Sabtu (16/4). Rumah makan Minang kelas atas ini berkapasitas hingga 1.000 kursi dan 14 VVIP Room sehingga menjadi restoran Padang terbesar di dunia.

Presiden Direktur Riyadh Group Indonesia, Bally Saputra Datuk Janosati mengatakan, soft opening yang dilakukan pada bulan Ramadhan, dijadikan momentum untuk sosialisasi dan membantu sesama karena semua makanan disediakan gratis bagi pengunjung. Dirinya menargetkan Restoran The New Natrabu Cilegon resmi dibuka untuk umum pada Juli 2022 dan siap 100 persen melayani para tamu.

“Yang paling menarik dan sangat berbeda dari Restoran ini adalah, memberikan sensasi yang luar biasa karena dapat langsung dilayani dengan transportasi helikopter. Kami sudah melakukan penandatanganan kerjasama pengelolaan helipad atau heliport di kawasan The GMPA dengan pihak PT Whitesky Aviation (HeliCity),” ujar Bally.

Ditambahkan Bally, hadirnya HeliCity dan Restoran The New Natrabu Cilegon akan mempercepat proses rebranding kawasan The Grand Mangku Putra Arcade yang akan dijadikan pusat kuliner dan hiburan keluarga terbesar di Provinsi Banten bahkan di bagian barat Pulau Jawa. Dikawasan GMPA, ujarnya, juga akan hadir kuliner sop kaki gregot Dapur Mamih Sate Domba dan Soto Jadoel Pak Yanto.

“Kawasan ini akan menjadi layaknya tempat para ‘sultan’ untuk berburu kuliner karena mereka bisa datang naik helikopter. Para ‘sultan’ seperti Raffi Ahmad dan Atta Halilintar juga saya tantang datang kemari agar pantas dipanggil ‘sultan’,” kata Bally.

Direktur Utama PT GMP, Tubagus Iman Ariyadi menegaskan, kerjasama dengan HeliCity memberi kesempatan kepada masyarakat dari Jabodetabek untuk dapat menikmati wisata pantai dan kuliner di sekitar Cilegon tanpa harus bermacet ria di jalan. Pihaknya bersama HeliCity akan menawarkan program wisata pantai dan gunung dengan titik landas di The GMPA.

“Ada peluang dan pasar yang cukup potensial bagi bisnis heli taksi di Cilegon. Saat ini orang membutuhkan transportasi yang cepat untuk keperluan bisnis dan industri. Selain itu di sekitar Cilegon cukup banyak wisata pantai yang indah termasuk ada Gunung Krakatau. Jadi orang tidak perlu harus ke Bali untuk merasakan sensasi naik heli ekstrim karena di sini pantai-pantainya juga cukup indah,” tandas Iman.

Pengembangan Kawasan Grand Mangku Putra Arcade

Kawasan The GMPA seluas 4,5 hektar akan terus dikembangkan, disamping mempersiapkan fasilitas pusat kuliner, rekreasi dan helipad. Kolaborasi antara GMP dan Riyadh Group akan melakukan pengembangan lifestyle mall dan dua tower apartemen di kuartal I2023 dengan investasi diperkirakan sekitar Rp800 miliar.

Menurut Iman Ariyadi, pihaknya sudah melakukan restorasi ballroom dan hotel dengan 150 unit kamar yang akan diubah konsepnya menjadi kondotel untuk pekerja asing (ekspatriat). Ditargetkan grand opening ballroom dan kondotel dapat dilakukan pada November 2022 mendatang.

Grand Mangku Putra Arcade
Penyambutan tamu perdana di Grand Mangku Putra Arcade yang menggunakan HeliCity

Untuk unit kondotel akan dijual fully furnished dengan hak milik atas satuan rumah susun (strata-title) seharga Rp 1 miliaran hingga Rp 2 miliaran. Tipe kamar rata-rata seluas 30 meter persegi. PT Bally Internasional Hotel & Resort (BIHR) selaku manajemen kondotel tersebut menawarkan rental guarantee sebesar 8% per tahun selama 8 tahun kepada pemilik unit kondotel dari penyewaan.

“Kami dari GMP sebagai pemilik lahan mengapresiasi kerja keras PT Riyadh Group Indonesia yang hanya dalam waktu 2,5 bulan saja sejak MoU kerjasama pada akhir Januari lalu sudah mampu melakukan progress pengembangan kawasan secepat ini,” ujar Iman yang berharap pengembangan kawasan The Grand Mangku Putra Arcade mampu membuka lapangan kerja untuk 1.000 orang, dimana 80% adalah warga Kota Cilegon.

Untuk pengembang selanjutnya, di kuartal I-2023 akan segera dimulai pembangunan lifestyle mall dan convention hall untuk konser bertaraf internasional di kawasan The GMPA. Serta dua tower apartemen sewa di atas lahan 5.000 meter persegi.

Menurut Bally Sahputra, lifestyle mall dikembangkan di lahan seluas 2 hektar dengan konsep mal terbuka yang dilengkapi beragam kuliner, tempat bermain anak-anak, kebun binatang mini dan pusat hiburan keluarga lainnya. Sementara dua tower apartemen sewa terdiri dari 800 unit termasuk yang akan dikelola sebagai hotel bintang tiga.

“Total investasi untuk pengembangan lifestyle mall, convention hall dan dua tower apartemen sewa ini sekitar Rp800 miliar yang dibiayai secara bertahap mulai awal tahun depan,” ujar Bally yang merupakan Konsul Kehormatan Nepal dan Sekretaris Badan Pertimbangan Organisasi DPP Realestat Indonesia (REI) tersebut.

Hadirnya layanan helikopter dari Whitesky ini akan mempermudah tamu-tamu dari Grand Mangku Putra Hotel untuk menuju Cilegon atau kembali ke Jakarta. “Kami harapkan dapat memperkuat positioning The Grand Mangku Putra Arcade sebagai hotel yang memiliki Standard Service Quality yang tinggi dan selalu memberi nilai lebih kepada customer,” tandas Bally yang mulai memperkenalkan PT Bally Internasional Hotel & Convention Centre sebagai operator GMPA.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis, Sales & Marketing PT. Whitesky Avation, Ari Nurwanda mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama ini karena dengan dibukanya rute baru ini akan menambah akses transportasi bagi masyarakat Banten. “Kami berharap dapat berkontribusi mengembangkan sektor pariwisata dan bisnis di Cilegon sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Banten pada umumnya,” katanya.

Ari juga menjelaskan bahwa Whitesky Avation akan memberikan layanan taxi udara buatan Amerika Serikat dengan dua jenis helicity bertipe Bell 505 single engine kapasitas tiga penumpang dan Bell 429 double engine berkapasitas enam penumpang. Dan bagi pelanggan yang ingin menggunakan jasa transportasi udara ini akan dikenakan biaya sekitar 7.5 juta rupiah sekali terbang untuk satu helikopter dengan tiga penumpang.

Nasionalisme Ekonomi Baru

Sementara itu, Mantan Ketua DPD RI Irman Gusman yang hadir pada acara tersebut menilai kemitraan antara Pengusaha Bally Saputra dan Tubagus Iman Aryadi merupakan bentuk munculnya nasionalisme ekonomi baru di Indonesia.

“Saya melihat soft opening Restoran The New Natrabu di Cilegon bukan peristiwa biasa. Ini adalah era kebangkitan nasionalisme ekonomi baru yang dipicu oleh pengusaha pejuang Minang dengan kekuatan ekonomi di Banten,” ujar Irman Gusman.

Menurut dia , sejarah nasionalisme Indonesia antara daerah Sumbar dan Banten sudah terbentuk sejak masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dipimpin Mr Syafruddin Prawiranegara.

Mr Syafruddin, jelas Irman, adalah seorang tokoh nasional yang memiliki daerah campuran Minang dan Banten. Ayahnya adalah kelahiran Banten dan ibunya berasal dari daerah Minangkabau.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.