Monday , October 26 2020
Home / Breaking News / Hari Habitat Dunia 2020, Jokowi : Momentum Refleksi Tata Kelola Perkotaan

Hari Habitat Dunia 2020, Jokowi : Momentum Refleksi Tata Kelola Perkotaan

Jokowi
Presiden RI Joko Widodo

UMUM – Pada tahun ini Peringatan Puncak Hari Habitat Dunia (HHD) diselenggarakan pada 5-6 Oktober 2020 dengan tema “Housing For All: A Better Urban Future”. Peringatan Puncak HHD 2020 merupakan kolaborasi antara UN-Habitat dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Kota Surabaya.

Presiden Joko Widodo dalam sambutan virtual mengatakan sebuah kehormatan bagi rakyat Indonesia bahwa Kota Surabaya dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara The Global Observance of The World Habitat Day tahun 2020.

BACA JUGA :   Humas PUPR Raih Tiga Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2019

“Tema yang diangkat pada Hari Habitat Dunia 2020 ini sangat relevan dengan permasalahan yang dihadapi dunia saat ini. Rumah adalah kebutuhan dasar semua orang di seluruh dunia yang akan memperkuat keluarga sebagai pilar utama kekuatan bangsa serta benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan termasuk Pandemi COVID-19,” kata Presiden Jokowi.

Sejak 2015 Pemerintah Indonesia melaksanakan Program Sejuta Rumah di mana pada 2018 target pembangunan ini berhasil dilampaui dengan fokus pada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pemerintah juga  terus berusaha mengembangkan inovasi pembiayaan untuk meningkatkan akses rumah bagi masyarakat dalam fokus kelompok tersebut salah satunya melalui pelaksanaan Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Pemerintah juga memberikan perhatian pada peningkatan kualitas kawasan kumuh melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

BACA JUGA :   Hingga 17 September 2019, KPR FLPP Telah Disalurkan Rp 5,57 Triliun

Selain itu, seperti negara-negara lain di dunia yang saat ini tengah sibuk menangani pandemi COVID-19, Indonesia menjadikan pandemi ini sebagai sebuah pembelajaran untuk membangun perkotaan tangguh dan sehat di masa mendatang.

“Pandemi COVID-19 menjadi momentum refleksi untuk merancang kebijakan perencanaan dan pengelolaan perkotaan yang inklusif dan berkeadilan. Meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi bencana alam maupun bencana non alam. Termasuk ketangguhan terhadap wabah penyakit. Saya harap peringatan Hari Habitat Dunia 2020 ini dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi gagasan, bertukar pengetahuan, keahlian dan pengalaman, menjalin kerjasama dan memperkuat kolaborasi untuk meningkatkan ketahanan kota menghadapi pandemi,” tambah Presiden.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sangat mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk dapat berperan aktif mengikuti Peringatan Puncak HHD 2020 secara Internasional tersebut. “Saya sangat mendorong untuk setiap peserta atau pemangku kepentingan terkait juga dapat berkontribusi dalam Peringatan Hari Habitat Dunia dimana Indonesia mendapat kesempatan dan kehormatan menjadi tuan rumah pada 2020,” ujarnya.

BACA JUGA :   Ditinjau Panglima TNI dan Kapolri, Pollux Mall Paragon Terapkan New Normal

Direktur Eksekutif UN-Habitat Maimunah Mohd Sharif mengatakan HHD 2020 menawarkan kesempatan penting untuk merefleksikan dampak krisis COVID-19 dan bagaimana membentuk masa depan permukiman manusia dengan lebih tangguh. “Perumahan yang inklusif, terjangkau, dan memadai adalah inti dari transformasi kota dan komunitas kita dan menjadikannya tangguh. Kita harus menyadari bahwa menyediakan perumahan yang layak adalah tanggung jawab bersama, yang bergantung pada pemerintah pusat dan daerah, masyarakat sipil, bisnis, dan komunitas lokal yang bekerja sama,” kata Maimunah.

Pada Peringatan Puncak HHD 2020 dilaksanakan penyerahan penghargaan UN-Habitat Scroll of Honour Awards kepada lima delegasi pemenang baik secara langsung maupun virtual. Delegasi pemenang yang menerima penghargaan secara langsung di Kota Surabaya adalah ECOCASA dari Meksiko yang diterima oleh Jose David Alvarez Maldonado dan Kementerian Perumahan Kota Kolombia yang diterima oleh Duta Besar Kolombia untuk Indonesia Juan Camilo Valencia Gonzalez.

BACA JUGA :   Pasca Longsor, Jembatan Gantung Palopo-Toraja Siap Digunakan

ECOCASA adalah program yang menangani standar konstruksi hemat energi untuk perumahan, memfasilitasi akses inklusif ke mekanisme keuangan dan menciptakan rumah yang layak. Sementara Kementerian Perumahan Kota Kolombia mendapat penghargaan ini karena kepemimpinannya dalam pengembangan kebijakan perkotaan yang mempromosikan perumahan berkelanjutan dan kota-kota yang menempatkan perumahan sebagai pusatnya. Tiga pemenang lainnya yang menerima penghargaan secara virtual adalah Upcycle Africa dari Uganda, Subang Jaya Municipal Council dari Malaysia dan Community Impact Nepal, Kathmandu dari Nepal.

Perayaan Puncak Hari Habitat Dunia bertujuan sebagai momen untuk melakukan refleksi atas keadaan kota-kota dan tentang hak dasar semua orang atas tempat tinggal yang layak. Perayaan ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan dunia bahwa kita semua memiliki kekuatan dan tanggung jawab untuk membentuk masa depan kota-kota yang kita miliki.

BACA JUGA :   Program Kota Tanpa Kumuh Dukung Pengembangan Pariwisata di Malang

Hari Habitat Dunia ditetapkan pada tahun 1985 oleh Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui Resolusi 40/202, dan pertama kali dirayakan pada tahun 1986. Kota Surabaya dinyatakan terpilih sebagai tuan rumah HHD 2020 melalui surat dari Direktur Eksekutif UN Habitat pada tanggal 8 Januari 2020.

Check Also

Peminat Rumah DP Rp 0 Tinggi, DPRD : Bangunan Rampung, Kok Penghuni Sepi

PROPERTI – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta menyebut peminat hunian dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link