Wednesday , April 21 2021
Home / Breaking News / Karya Arsitek Lanskap Dibutuhkan Sektor Properti Di Masa Pandemi

Karya Arsitek Lanskap Dibutuhkan Sektor Properti Di Masa Pandemi

Seminar bertema Inspirasi Arsitektur Lanskap yang diikuti oleh ratusan peserta

PROPERTI – Berkegiatan di rumah, menjadi hal selalu diserukan untuk dilakukan sejak pandemi Covid-19 mewabah, Maret 2020 lalu. Oleh karena itu, rumah atau bangunan harus dibuat senyaman mungkin agar kegiatan di dalam rumah atau ruangan tetap produktif.

Tema ini mengemuka dalam seminar bertema inspirasi Arsitektur Lanskap dan Adaptasi pada kehidupan baru, Kamis (17/12). Dialog via zoom yang diselenggarakan oleh Majalah ASRINESIA (d/h Majalah ASRI) bersama KENARI DJAJA ini, didukung oleh asosiasi profesi Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia ( IALI ) dalam rangka menutup tahun 2020 yang hanya tinggal beberapa hari saja.

BACA JUGA :   REI Terlibat Aktif Dalam Pembuatan Regulasi

Meskipun mengaku dunia arsitektur lansekap merupakan hal yang baru bagi Kenari Djaja, Direktur PT. Kenari Djaja Prima Hendry Sjarifudin sangat mendukung seminar yang erat kaitannya dengan dunia arsitektur bangunan dan gedung. Karena, menurut Hendry, masalah ini sudah menjadi kebutuhan hidup manusia termasuk di Indonesia.

Seminar ini menggambarkan inspirasi Arsitek dan Perencana Lingkungan dalam membangun kreasi menyesuaikan terhadap tata ruang bangunan maupun ruang-ruang terbukanya, yang meliputi lanskap di sekitar bangunan, ruang hijau di perkotaan, lingkungan permukiman dan hunian serta ruang terbuka publik dalam mendukung rekayasa dan adaptasi perubahan perilaku baru.

BACA JUGA :   Bekerjasama Dengan Go Work, The Smith Tawarkan Ruang Kerja Fleksibel

Ketua Umum IALI, Dian Heri Sofian, ST. MT, mengapresiasi seminar tentang peran arsitek lanskap dalam berkontribusi bagi kebutuhan masyarakat dan lingkungannya di era pandemic. “Peran ini sangat penting menjadikan ruang terbuka hijau untuk memberi pengaruh sehat, menambah fungsi aktivitas baru, disamping aspek keindahan sebagai taman,” katanya.

Sementara itu, Ir. Nirwono Yoga, MLA, Arsitek Lanskap dan pengamat lingkungan yang banyak memberi masukan penting pada stake holder di perkotaan dan daerah mengatakan, potensi Arsitek Lanskap dalam mengolah ruang terbuka hijau bisa menghasilkan karya yang dominan dan memiliki daya tarik timbal balik terhadap lingkungan di sekitarnya. “Seyogyanya setiap wilayah memiliki kebijakan program penghijauan yang berkontribusi terhadap perencanaan tata ruang wilayah,” ujarnya.

Dalam seminar yang diikuti lebih dari 300 orang dari Sumatera hingga Papua ini, peserta mendapatkan informasi tentang manfaat Arsitektur Hijau yang ramah terhadap lingkungan sekitar. Seperti sosok bangunan berjudul Beyond Green Architecture dari praktisi arsitektur, Dr. Budi Faisal, MLA. MAUD, IAI, Ketua Program Magister Arsitektur Lanskap ITB.

BACA JUGA :   Cambio Lofts Alam Sutera Mulai Dibangun

Budi menyampaikan bagaimana adaptasi arsitektur lanskap terhadap arsitektur di sekitarnya yang meningkatkan sistem nilai keruangan sebagai sebuah konsepsi perwujudan rancangan arsitektur yang terbuka, komunikatif, ramah lingkungan dan sehat. “Tidak lengkap rasanya membicarakan arsitektur lanskap dan penataan taman pada lingkungan bangunan dan sekitarnya tanpa menyentuh material lansekap dan vegetasinya yang memiliki kekayaan karakteristik,” jelasnya.

Beberapa contoh karya desain taman yang memiliki pertimbangan konsep fungsi ekologis dan estetika juga disampaikan dalam topic Vegetasi memeluk massa bangunan dengan pengalaman karya dari Ahli pertamanan, Heri Gonku.

BACA JUGA :   Dekorasi Diminati di Tengah Pandemi, Transaksi di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat

Acara dipandu secara santai dan terarah oleh Ir. Quintarina Uniaty, MSA, Arsitek Lanskap dari Univesitas Trisakti. “Kami sejak awal sudah mengusung pentingnya kehadiran arsitektur lansekap dalam kehidupan manusia dan lingkungan yang semakin modern,” ujar  Sri Murdiningsih, CEO Majalah Asrinesia. Melalui seminar ini, ulasnya, membuktikan bahwa peran Arsitek Lansekap sangat dibutuhkan dalam membangun Indonesia yang ramah dengan alamnya sebagai tujuan wisatawan dunia.

Check Also

Ini Dia, Rumah Subsidi Berkualitas Dengan Konsep Syariah

APA KABAR – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera. Pembaca setia Majalah Property&Bank di mana saja berada. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 178

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link