Kaum Milenial Harus Segera Beli Rumah, Simak Tips nya Berikut Ini

0
foto : Istimewa

TIPS DAN TRIK – Hallo sahabat broker bertemu lagi dengan saya Rani yang mau sharing dan berbagi seputar dunia broker dan property.

Sahabat Broker tau ga sih kalau saat ini adalah era kaum milenial. Mengapa? Karena di usia inilah tingkat produktifitas, karier dan kesempatan sangat terbuka lebar. Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang kaum milenial, kita butuh juga mengetahui awal dari istilah milenial ini. Milenial yang juga dikenal sebagai generasi Y (Gen- Y) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen- X) tidak ada batasan waktu tapi para ahli sepakat rentang kelahiran millenial di mulai sejak tahun antara tahun 1980-1995.

Dari batasan usia diatas kisaran usia kaum milenial saat ini adalah 26-41 Tahun. Dari sini kita mengetahui usia ini tergolong usia yang paling produktif dibandingkan generasi sebelum dan setelahnya. Mengapa karena di usia inilah biasanya orang telah lulus kuliah dan mulai bekerja, diusia inilah orang sudah mulai meniti karier dan di usia inilah orang sudah mulai ada passion dan kejelasan karir.

Dan tidak sedikit diusia ini orang sudah memiliki jabatan dan jenjang karir yang bagus, pendapatan yang besar dan tabungan yang sudah mereka kumpulkan. Wah bisa dibilang generasi ini adalah generasi yang paling memiliki peluang dan kesempatan untuk punya rumah.

Tapi Sobat, ternyata data menunjukkan hal lain 61% kaum milenial belum memiliki rumah, dikutip dari riset yang pernah dilakukan oleh kompas dengan 300 responden kaum milenial yang tinggal di tujuh kota besar. Wah mengapa demikian? padahal bisa dibilang generasi milenial saat ini sudah memiliki kemampuan dari segi pekerjaan dan pendapatan. Ini semua karena karakteristik kaum milenial yang tidak terlepas dari Food, Fashion, dan Fun.

Kaum Milenial yang memiliki pendapatan yang besar sering menghabiskan tabungan mereka dengan shopping ke mall/online shop, membeli makanan yang disukai meskipun itu mahal di mall/online food, atau traveling keluar negeri dengan tabungan yang ada. Terlebih lagi saat ini banyak kaum milenial yang menyalahgunakan penggunaan kartu kredit dengan hal diatas. Akibatnya mereka tidak memiliki uang dan tabungan. Bahkan mereka memiliki kartu kredit yang digunakan untuk food,fashion dan Fun. Akibatnya tidak sedikit kaum milenial yang terkena kredit macet sehingga tidak dapat mengambil KPR, atau kalaupun bisa mengambil KPR uang penghasilannya tidak cukup untuk mencicil dikarenakan hutang dengan kartu kredit.

Selain itu, Trend terbaru Kaum milenial lebih memilih membeli mobil dahulu daripada rumah sehingga pendapatannya digunakan besar untuk menyicil mobil. Padahal setiap tahunnya harga mobil selalu menurun sebaliknya setiap tahunnya harga rumah semakin meningkat. Itulah faktor yang menyebabkan kaum milenial saat ini belum memiliki rumah. Untuk Itu berikut Tips agar Kaum Millenial bisa memiliki Rumah.

Pertama, dahulukan semua kebutuhan primer baik itu dari sandang, pangan dan papan. Balik lagi kaidahnya sandang dan pangannya tidak perlu mahal tapi mencukupi kebutuhan gizi sehari hari. Selalu diorientasikan pada kebutuhan bukan keinginan. Makan makanan yang enak biasanya mahal tapi tidak mencukupi kebutuhan gizi begitu pula fashion tidak harus mahal tapi disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Kedua, hindari cicilan apapun dan penggunaan kartu kredit mengapa karena kartu kredit menjadi peluang dan jalan kita untuk berhutang dan terkena kredit macet. Akibatnya akan mempengaruhi BI checking kita ke bank dan mengurangi pendapatan kita bila ditaksasi oleh bank.

Ketiga, mengumpulkan uang tabungan. Bila kita memiliki pendapatan ada baiknya kita memiliki target tabungan sehingga bila tabungan sudah terkumpul tentu akan meringankan kita dalam menyicil rumah. Tabungan tersebut bisa digunakan untuk membeli rumah secara cash atau untuk Down Payment (DP) Rumah. Down Payment (DP) yang besar akan mengurangi cicilan rumah.

Keempat, utamakan membeli rumah dahulu baru mobil mengapa? karena rumah adalah kebutuhan primer yang setiap tahunnya selalu naik sedangkan mobil adalah kebutuhan tersier yang setiap tahunnya selalu turun dimana untuk transportasi ini pula kita bisa menggunakan transportasi publik ataupun transportasi online untuk menggantinya. Setidaknya, mobil menjadi prioritas kedua setelah kita memiliki rumah.

Kelima, carilah referensi Developer yang terpercaya dan rumah yang disesuaikan dengan kemampuan kita untuk membayar cicilan dengan tetap mempertimbangkan prospektifitas lokasi yang ada. Demikian Sobat Properti sedikit Sharing Tips dan yang tak kalah pentingnya juga Kita sebagai generasi milenial harus memiliki niat dan target kapan kita harus memiliki rumah dengan begitu kita akan termotivasi untuk membuat rencana yang matang dan terukur dalam membeli rumah.


Sekian sharing dari Rani, Agent Properti Milenial.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 181

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link