Friday , November 27 2020
Home / Breaking News / Kenali Kanker Payudara Sejak dini

Kenali Kanker Payudara Sejak dini

kanker2tsdlmBulan Oktober dinobatkan menjadi Bulan Kanker Payudara Sedunia. Oleh sebab itu, Mal Ciputra bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ), dan Cancer Information & Support Center (CISC) mengadakan kampanye “Happiness is Me, Pink Ribbon Campaign” sejak 15 sampai 26 Oktober 2014. Dalam kampanye ini banyak informasi yang perlu diketahui kaum hawa. Berikut ringkasan untuk mengenali kanker payudara sejak dini.

Sering kali kita tertukar antara definisi tumor dan kanker. Tumor adalah benjolan atau pembengkakan. Jadi, setiap benjolan yang abnormal pada tubuh bisa disebut tumor, tanpa membedakan apakah jinak atau ganas. Tetapi secara awam, tumor berarti pertumbuhan sel-sel yang bersifat jinak. Tumor tidak menyebar, tapi tumbuh di satu tempat dan terus membesar. Sedangkan kanker adalah pertumbuhan abnormal sel-sel yang bersifat ganas, invasif, merusak jaringan sekitar, menyebar, dan tumbuh dengan cepat.

Kanker payudara adalah keganasan pada sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran maupun lobulusnya) maupun komponen selain kelenjar seperti jaringan lemak, pembuluh darah, dan persarafan jaringan payudara. Beberapa tahun lalu, kanker payudara di Indonesia berada di urutan kedua tertinggi setelah kanker serviks. Sekarang kanker payudara menduduki urutan pertama kematian wanita di Indonesia.

Dari fakta tersebut, sangat penting bagi kita untuk mengetahui gejala-gejala kanker sejak dini. Beberapa gejalanya adalah adanya bagian tubuh yang pucat, memar atau pendarahan, dan nyeri tulang. Terlihat benjolan atau pembengkakan yang tidak nyeri dan tanpa demem atau adanya tanda-tanda infeksi lain, penurunan berat badan atau demam tanpa sebab yang jelas, batuk yang menetap atau sesak nafas, berkeringan di malam hari, perut yang membuncit, sakit kepala yang menetap, dan nyeri pada tangan dan kaki tanpa riwayat trauma atau infeksi.

Selain itu, perubahan-perubahan yang terjadi pada mata, seperti terlihatnya manik putih, juling, hilangnya penglihatan, dan memar atau bengkak di sekitar mata, bisa juga menjadi gejala kanker. Bila gejala-gejala tersebut ditemukan, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Jika divonis kanker, dokter akan memberikan beberapa cara pengobatan kanker payudara sesuai tingkat keganasannya. Di antaranya ada operasi, kemoterapi, terapi radiasi, terapi hormon, dan pengobatan biologis.

Cara mendeketsi kanker payudara yang mudah dan cepat adalah pertama berdiri menghadap cermin lalu angkat kedua tangan ke belakang kepala dan gerakkan kedepan dan belakang. Kemudian tekan sekeliling payudara dengan empat jari searah jarum jam. Metode menekan ada tiga, yaitu memutar, zigzag, dan kedalam-keluar. Lakukan deteksi ini setiap bulan, satu minggu setelah menstruasi.

Untuk mencegah kanker payudara, terdapat cara yang termudah dan terbaik. Yaitu makan buah dan sayur, batasi penggunaan plastik dan kaleng untuk menyimpan makanan, konsumsi vitamin D yang cukup, berhenti merokok, kurangi minum alkohol, kurangi memasak makanan yang telah diproses, rajin berolahraga, tidur cukup dan jangan stres, serta hindari penggunaan hormon tambahan.

Check Also

Superblok Baru di Surabaya, PWON Resmikan Pakuwon City Mall

Properti : Persaingan antar pusat perbelanjaan (mall) di Surabaya, Jawa Timur, makin sengit. Meski masih terjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link