Home / Indeks Berita / Kuartal III Saat Pandemi, Investasi Perumahan & Perkantoran Jadi Tertinggi

Kuartal III Saat Pandemi, Investasi Perumahan & Perkantoran Jadi Tertinggi

jakarta
Kawasan perkantoran di Jakarta

NASIONAL – Investasi di bidang perumahan, perkantoran, konstruksi, serta pergudangan dan kawasan industri termasuk yang tertinggi sepanjang kuartal III tahun ini. Menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, investasi di bidang transportasi, gudang, dan telekomunikasi pada periode itu mencapai nilai Rp32,1 triliun.

Sementara itu, investasi sektor konstruksi pada kuartal III/2020 mencapai Rp23,2 triliun; sedangkan perumahan, kawasan industri dan perkantoran sebesar Rp21,3 triliun. Bahlil mengemukakan, secara keseluruhan realisasi investasi pada kuartal III/2020 tercatat sebesar Rp209 triliun,dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 295.387 orang.

BACA JUGA :   Siasati Anggaran, Pembangunan Rusun Dengan Skema KPBU Dijajaki

Sebelumnya, pengamat dan praktisi bisnis properti memang mengungkapkan bila bidang perumahan merupakan subsektor properti yang paling diandalkan pengembang untuk bertahan di tengah pandemi corona, yang menekan hampir semua lini bisnis. Commercial and Business Development Director AKR Land Alvin Andronicus menuturkan untuk segmen peminat pembelian rumah, hingga saat ini masih tinggi, khususnya di segmen end user dengan rentang harga di bawah Rp1 miliar.

“End user umumnya mencari harga yang masih murah, meski berada di kawasan yang baru akan dibangun dengan harapan di kemudian hari, didukung banyak fasilitas. Selain itu, yang penting harga rumah tersebut bisa diangsur dan uang mukanya,” tuturnya. Mendekati akhir 2020, kata Alvin, developer baru ataupun lama mulai berlomba menawarkan unit bangunan di kawasan baru.

BACA JUGA :   Mudahkan Kelola Apartemen, Realta Luncurkan BIMASAKTI as a Service

Kenaikan minat investasi properti ini juga bisa terjadi karena sentimen positif pasca pengembangan vaksin virus Corona. Dilansir dari National Geographics, sudah ada 8 jenis calon vaksin Covid-19 yang telah memasuki tahap III uji coba. Dalam prediksi beberapa ahli, diperkirakan vaksin dapat tersedia di tahun depan.

Anggota Komite Investasi BKPM Rizal Calvary Marimbo menyatakan 2014 hingga 2019, investasi properti tumbuh sebesar 176%. Saat ini, pertumbuhan investasi properti Indonesia teratas di ASEAN disusul Vietnam. Sebab itu, BKPM optimistis investasi properti akan mekar dan menanjak lagi ke depan. Apalagi pemerintah telah melakukan terobosan Inpres No 7/2019 tentang sentralisasi dan pelimpahan wewenang perizinan ke BKPM.

“Dulu, izin sangat lambat. Sebab izin-izin sektoral, investor berpetualang atau melalui berbagai kementerian. Investor sendirian. Sekarang dengan Inpres itu masuknya di BKPM keluar juga di BKPM,”  cetus Rizal. (Artha Tidar)

Check Also

Hasil Operasi Q1/2021, Pendapatan SCG Meningkat 26% Sebesar Rp 61 Triliun

BAHAN BANGUNAN – SCG melaporkan hasil operasinya untuk Q1/2021 dengan keuntungan yang meningkat dari Produk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 178

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link