Monday , September 21 2020
Home / Indeks Berita / Munas 2019 Besok Dimulai, Ketum REI Serukan Tetap Jaga Soliditas

Munas 2019 Besok Dimulai, Ketum REI Serukan Tetap Jaga Soliditas

Eman
Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata (eman).

BERITA PROPERTI – Pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Realestat Indonesia (REI) ke-16 akan digelar mulai tanggal 26 hingga 28 November 2019. Hajatan terbesar persatuan perusahaan REI itu mengambil tempat di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta dengan sejumlah agenda penting bagi kemajuan organisasi perusahaan realestat tertua dan terbesar itu di Indonesia itu.

Munas yang merupakan pemegang kekuasaan tertinggi organisasi yang diselenggarakan setiap tiga tahun itu, rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, pada Rabu (27/11). Munas memiliki wewenang menetapkan atau mengubah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), menetapkan program umum organisasi, menilai laporan pertanggungjawaban DPP, dan puncaknya memilih dan menetapkan Ketua Umum DPP REI periode berikutnya.

BACA JUGA :   Meski Masih Muncul Pro dan Kontra, BP Tapera Akan Segera Beroperasi

Ketua Panitia Penyelenggara Munas REI ke-16, Djoko Slamet Utomo mengatakan munas akan dihadiri oleh 1500 peserta yang terdiri dari 1200 anggota REI dari seluruh Indonesia dan 300 undangan dari stakeholder pembangunan perumahan baik dari kalangan pemerintah, perbankan, akademisi dan para mitra bisnis.

Dijelaskan Djoko yang biasa disapa DSU, di hari pertama, rangkaian kegiatan dimulai dengan tournament golf yang diikuti oleh 100 orang golfer, dilanjutkan dengan rapat konsultasi DPP dan DPD dan ditutup dengan welcome dinner. “Pembukaan munas akan diadakan pada hari kedua yang dijadwalkan dibuka secara resmi oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ungkap dia dalam keterangan tertulis

Acara kemudian dilanjutkan dengan seminar dengan topik “Menata Regulasi Pembangunan Perumahan yang Berkeadilan dan Berkelanjutan” yang menghadirkan pembicara antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil.

BACA JUGA :   Meliá Kuala Lumpur, Raih EarthCheck Platinum Certificate

Setelah sidang-sidang, di hari ketiga menjadi puncak kegiatan munas dengan agenda pemilihan ketua umum DPP REI periode 2019-2022 dan diakhiri dengan penutupan munas. “Panitia telah berupaya untuk menyusun dan mempersiapkan acara dengan sebaik-baiknya, memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik bagi seluruh peserta sehingga seluruh rangkaian acara Munas REI ke-16 dapat berlangsung dengan baik dan lancar,” ujar DSU.

Siapapun Yang Terpilih, Soliditas Tetap Dijaga
Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) DPP REI Soelaeman Soemawinata menjelaskan Munas REI ke-16 tahun 2019 mengangkat tema “Menata Kembali Regulasi dan Kebijakan yang Mendukung Program Pembangunan Perumahan Rakyat dan Bertumbuhnya Industri Properti”.  Dari tema tersebut REI mengharapkan pemerintah dapat menyusun dan menjamin adanya regulasi yang mendukung bertumbuhnya bisnis properti sehingga aktivitas industri properti dapat berjalan dengan lebih baik, tumbuh dengan positif dan memberikan dampak secara agrerat terhadap perekonomian nasional.

Selama tiga tahun terakhir, DPP REI sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menunaikan amanah seluruh anggota dan menjadikan REI sebagai organisasi yang berwibawa di depan seluruh stakeholder dan melayani semua kepentingan anggota, serta menjadikan organisasi sebagai barisan terdepan dalam mendukung pembangunan perumahan nasional sesuai slogan REI sebagai “Garda Terdepan dalam Membangun Rumah Rakyat”.

BACA JUGA :   JakOne Mobile Tawarkan Mudahnya Transaksi Infaq dan Sedekah Non Tunai

Dalam perjalanan tiga tahun, kata pria yang akrab disapa Eman ini, sudah banyak program dan prestasi yang telah dijalankan dan capai. Namun, sambung Eman, tentunya masih ada beberapa hal yang mungkin belum tuntas terlaksana, sehingga dia harapkan bersama-sama menjadikan Munas ini sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kualitas organisasi di masa mendatang.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota REI agar senantiasa menjaga soliditas organisasi. Seperti lazimnya dalam penyelenggaraan munas dan pemilihan ketua umum, tentu dinamika yang berlangsung terkadang memunculkan rivalitas antar pendukung calon ketua umum. Sejak berdiri tahun 1972, REI sudah menyelenggarakan munas sebanyak 15 kali, dan tidak pernah sekalipun REI terpecah, malah semakin solid dan membesar,” tegas Eman.

Dirinya berharap pada Munas REI ke-16 ini pun demikian. Rivalitas yang muncul, kata dia, biarlah menjadi bunga-bunga demokrasi dalam organisasi yang akan memperindah kesolidan REI. “Siapapun nanti yang akan terpilih menjadi ketua umum REI periode 2019-2022 marilah kita dukung bersama untuk mewujudkan REI yang solid dan bersatu,” pesan Eman.

Check Also

Pekerjaan konstruksi

Meski Belum Terakreditasi, Asosiasi Jasa Konstruksi Tidak Akan Dibekukan

NASIONAL –  Dengan terbitnya Keputusan Menteri PUPR Nomor 1410/KPTS/M/2020 tentang Asosiasi Badan Usaha Jasa Konstruksi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 173

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
cover majalah
close-link