Friday , January 22 2021
Home / Indeks Berita / Pastikan Kualitas Hunian, PPDPP Perkenalkan SiPetruk Kepada Bank Pelaksana

Pastikan Kualitas Hunian, PPDPP Perkenalkan SiPetruk Kepada Bank Pelaksana

rumah
PPDPP ditargetkan menyalurkan bantuan pembiayaan FLPP Rp16,62 Triliun pada tahun 2021

PEMBIAYAAN – Dalam Rapat Koordinasi Inovasi Teknologi Informasi PPDPP bersama dengan bank pelaksana penyalur KPR Sejahtera FLPP Tahun 2020, PPDPP memperkenalkan SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi) kepada Bank Pelaksana. Sistem ini diperuntukkan bagi para pengembang untuk memastikan kualitas hunian yang dibangun.

Direktur Operasi, Martanto Boedi Joewono, yang memberikan demonstrasi terhadap sistem ini menyampaikan bahwa SiPetruk merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh pada platform Google Playstore. Aplikasi ini terintegrasi  singel ID dengan Aplikasi SIKI (Sistem Infromasi Kontruksi Indonesia) Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) sehingga user dan password untuk login ke aplikasi Sipetruk sama dengan login ke Aplikasi SIKI.

BACA JUGA :   Terkoneksi Cipali dan Cisumdawu, Proyek Akses Bandara Kertajati Dipercepat

Secara teknis, aplikasi ini akan dilaksanakan oleh Manajemen Konstruksi (MK) yang telah terdaftar di LPJK dengan konsep kemitraan. MK akan mengunjungi lokasi perumahan sesuai notifikasi pengajuan pemantauan dari para pengembang perumahan yang telah terdaftar pada aplikasi SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang). MK kemudian akan memantau konstruksi dan mengisi data sesuai dengan menu yang disediakan oleh SiPetruk yang telah menggunakan Artificial Intelegency (AI). Apabila seluruh proses isian yang dipersyaratkan oleh SiPetruk telah terpenuhi dan sesuai, maka unit rumah tersebut siap menjadi objek agunan KPR

Martanto juga memastikan dalam pengambilan data di lapangan dapat dilakukan tanpa jaringan internet. “Jangkauan koneksi internet tidak menjadi masalah di lapangan, karena MK foto yang direkam di lokasi dapat diunggah ketika telah memperoleh sinyal” terang Martanto.

BACA JUGA :   FIABCI Indonesia Raih Prestasi Gemilang Di Andora

Lebih lanjut Martanto menuturkan, meskipun aplikasi ini cenderung dimanfaatkan bagi para pengembang perumahan, namun bank pelaksana juga dapat menerima manfaat dari aplikasi SiPetruk, yaitu dengan memperoleh kemudahan dokumen kelayakan karena telah diintegrasikan dengan sistem di bank pelaksana, karena akan diintegrasikan dengan sistem host to host di bank pelaksana.

Hingga per 25 November 2020, realisasi penyaluran FLPP tahun 2020 telah mencapai Rp10,61 triliun yang disalurkan ke 103.529 unit rumah, atau telah mencapai 101%. Sehingga total realisasi penyaluran FLPP dari tahun 2010 hingga 25 November 2020 adalah sebesar Rp54,98 triliun atau sebanyak 759.131 unit rumah.

Check Also

Pemerintah Perbaiki Rumah dan Bangunan Terdampak Gempa di Sulbar

UMUM – Presiden Joko Widodo menyatakan, untuk gedung-gedung pemerintahan yang rusak dan roboh akan dibangun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 175

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link