Wednesday , August 12 2020
Home / Breaking News / Perum Perumnas Jadi Holding BUMN Sektor Perumahan dan Pengembangan Kawasan

Perum Perumnas Jadi Holding BUMN Sektor Perumahan dan Pengembangan Kawasan

Oni Febrianto
Oni Febriarto Raharjo duduki jabatan baru sebagai Wakil Direktur Utama Perum Perumnas

BERITA UTAMA – Di tengah situasi pandemik covid-19, perombakan direksi di jajaran BUMN dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, pada Rabu (06/05/2020). Kali ini pergantian menyentuh jajaran Direksi pada Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas).

Hal ini sesuai Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Wakil Pemerintah Sebagai Pemilik Modal Perusahaan Umum (Perum) Pembangunan Perumahan Nasional Nomor: SK-140/MBU/05/2020 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Umum (Perum) Pembangunan Perumahan Nasional.

BACA JUGA :   Bukukan Penjualan Fantastis Selama 3 Bulan, Crown Group Optimis Tumbuh Di 2020

Melalui Salinan Keputusan ini, Menteri BUMN Erick, Selaku Wakil Pemerintah Sebagai Pemilik Modal Perusahaan Umum (Perum) Pembangunan Perumahan Nasional mengukuhkan pemberhentian dengan hormat nama-nama tersebut dibawah ini sebagai anggota Direksi Perusahaan Umum (Perum) Pembangunan Perumahan Nasional:

  1. Bambang Tri Wibowo – sebagai Direktur Utama;
  2. Eko Yuliantoro – sebagai Direktur Keuangan dan SDM;
  3. Galih Prahananto – sebagai Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis,

Masing-masing diangkat berdasarkan Keputusan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-158/MBU/07/2016 tanggal 26 Juli 2016 dan Nomor SK-234/MBU/10/2017 tanggal 30 Oktober 2017, terhitung sejak 6 Mei 2020, dengan ucapan terima kasih atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatan tersebut.

Melalui penyerahan Salinan Keputusan ini pula, Menteri BUMN mengubah nomenklatur jabatan anggota Direksi Perusahaan Umum (Perum) Pembangunan Perumahan Nasional menjadi sebagai berikut:

BACA JUGA :   Gelar Event FAME, Sinar Mas Luncurkan Nuvasa Bay

  1. Direktur Keuangan dan SDM menjadi Wakil Direktur Utama dan Direktur Keuangan
  2. Direktur Pertanahan dan Hukum Direktur Hukum
  3. Direktur Pertanahan dan Hukum menjadi Direktur Hukum Perusahaan Umum (Perum) Pembangunan Perumahan Nasional, yang dialihtugaskan kepada Muchlis Abbas yang diangkat berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-234/MBU/10/2017 tanggal 30 Oktober 2017, dengan masa jabatan meneruskan sisa masa jabatannya sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN dimaksud.

Dalam Salinan Keputusan yang sama, Menteri BUMN mengangkat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai anggota Direksi Perusahaan Umum (Perum) Pembangunan Perumahan Nasional atau Perumnas:

  1. Budi Saddewa Soediro sebagai Direktur Utama;
  2. Oni Febriarto Rahardjo sebagai Wakil Direktur Utama;
  3. Muhammad Hanugroho sebagai Direktur Keuangan;

Pengangkatan Oni sebagai Wakil Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Pembangunan Perumahan Nasional, kini bakal menjalankan tugas ganda yakni di bidang Sumber Daya perusahaan Plat merah itu. Pada akhir Januari lalu, telah diputuskan Perumnas akan menjadi induk dari Holding BUMN Sektor Perumahan dan Pengembangan Kawasan.

BACA JUGA :   Meneg BUMN Tunjuk Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN

Perum Perumnas akan membawahi PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT PP Tbk (PTPP), PT Virama Karya, PT Amarta Karya, PT Indah Karya, dan PT Bina Karya. Meski Perum Perumnas menjadi induk holding, kewenangan tertinggi tetap ada di pemerintah.

Artinya Perum Perumnas tak berhak mengambil keputusan terkait pergantian dewan direksi di dalam perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam holding tersebut. Saat ini, pemilik saham dwiwarna alias saham istimewa seri A adalah pemerintah.

Oni sebelum ditunjuk menjadi Wadirut Perum Perumnas, adalah direktur Bank Tabungan Negara (BTN) yang diputuskan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 19 Mei 2015.

BACA JUGA :   Eksotisme Batik dalam Arsitektur Apartemen

Pria kelahiran Semarang, 1 Februari 1971 ini, meraih gelar Magister Manajemen dari Sekolah Tinggi Manajemen PPM pada 1996 dan pernah menjabat sebagai Small & Micro Lending Division Head BTN. Bankir Karir adalah profesi yang ia geluti sejak 1997, saat bergabung dengan bank yang fokus pada pembiayaan perumahan itu.

Lalu, medio September 2019, Sarjana Teknik Universitas Diponegoro ini, menjadi pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama BTN, mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Maryono. Dikalangan wartawan yang biasa melakukan liputan di Bank BTN, sudah sangat familiar dengan pria murah senyum ini.

Sementara, Budi Saddewa Soediro, saat ini dikenal sebagai Komisaris Adhi Commuter PropertI (ACP). PT Adhi Commuter Properti (ACP), adalah anak usaha BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Sebelum bergabung di Adhi Karya, hampir 30 tahun pria kelahiran Wonosobo 19 Februari 1961, berkarir di PT Wijaya Karya (WIKA).

BACA JUGA :   Hadir di IPEX 2018 Apartemen Cimanggis City Berikan Diskon Khusus

Jabatan terakhirnya adalah Direktur Utama PT WIKA Realty. Lulusan Teknik Sipil, Universitas Diponegoro tahun 1987 ini, dikenal sebagai salah satu inisiator di PT Adhi Karya yang mengusung proyek pengembangan kawasan hunian terintegrasi atau Transit Oriented Development (TOD). TOD kini menjadi tren hunian modern di kota besar.

Check Also

IKEA

IKEA Donasikan 17.500 Masker dan 250 Matras Untuk Jawa Barat

SEKITAR KITA – Perusahaan ritel yang menjual perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA mendonasikan 17.500 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link