Thursday , October 29 2020
Home / Indeks Berita / PPDPP Serukan Mencari Rumah Tanpa Keluar Rumah Lewat Lomba

PPDPP Serukan Mencari Rumah Tanpa Keluar Rumah Lewat Lomba

Mencari rumah sudah bisa dilakukan hanya melalui smartphone

UMUM – Di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini, pemerintah melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PPDPP PUPR) memastikan proses bisnis penyaluran rumah subsidi pada bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tetap dapat dilakukan kendati masyarakat harus berada di rumah.

Maka, untuk mendukung masyarakat memperoleh kemudahan mencari rumah tanpa keluar rumah dalam kondisi PSBB saat ini, PPDPP menggelar lomba video instagram untuk kategori umum, dan lomba karya tulis untuk kategori jurnalis dan citizen journalism dengan batas pengiriman hingga 14 Juni 2020.

BACA JUGA :   PUPR Jadikan Rusunawa Pusat Pembentukan Karakter Generasi Muda

Video maupun karya tulis yang diikutsertakan bertemakan “Mencari Rumah Tanpa Keluar Rumah dengan SiKasep” yang berhubungan dengan aplikasi Sikasep. Karya tulis yang diikutsertakan tersebut harus sudah pernah dimuat di media cetak, online, atau media sosial dengan sumber data dari web resmi ppdpp.id. Sedangkan untuk kategori lomba video, materi yang diikutsertakan dapat berupa documenter maupun fiksi, bisa dalam bentuk vlog atau live dengan karya maksimal 2 video.

PPDPP mengklaim, aplikasi SiKasep memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mencari rumah. Cukup dengan mengunduh dan memasang aplikasi SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) pada ponselnya, masyarakat sudah dapat menjelajah rumah subsidi yang tersebar di Indonesia, tinggal menentukan sesuai dengan domisilinya saat ini.

Menurut PPDPP, hingga 4 April 2020 terdapat 8.782 lokasi perumahan dari 5.987 pengembang yang berasal dari 19 asosiasi perumahan tercantum pada aplikasi SiKasep. Pada waktu yang sama, PPDPP juga mencatat saat ini tercatat masyarakat yang telah menggunakan aplikasi SiKasep mencapai 170.782 pengguna terdaftar sebagai calon debitur, yang diantaranya sejumlah 55.702 pengguna dinyatakan lolos subsidi checking dan 54.266 pengguna sedang dalam tahap verifikasi oleh bank pelaksana. Data tersebut tiap harinya terus bertambah seiring dengan tingginya antusiasme terhadap masyarakat dalam mencari rumah.

BACA JUGA :   Lampaui Ekspektasi, IPEX Virtual Perdana BTN Gaet Lebih Dari 2 Juta Pengunjung

Selain mencari rumah yang diinginkannya, masyarakat juga dapat memilih bank pelaksana sekaligus secara leluasa. Tahun ini pemerintah bekerjasama dan menyediakan 37 bank pelaksana terdiri dari 10 bank nasional dan 27 Bank Pembangunan Daerah (BPD), baik konvensional maupun syariah pada aplikasi SiKasep.

Per tanggal 4 Mei 2020 pemerintah mencatat penyaluran FLPP telah mencapai sebesar Rp.4,36 triliun untuk 43.282 unit rumah. Sehingga total penyaluran FLPP sejak tahun 2010 hingga per 4 Mei 2020 adalah sebesar Rp48,73 Triliun untuk 698.884 unit rumah.

Check Also

TRIN

Aturan Mulai Longgar, Triniti Land Optimis Proyek Di Batam Terserap Dengan Baik

DAERAH – Berbagai macam kebijakan Pemerintah yang memicu sentimen positif sektor properti mulai dirasakan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link